Yuk, Ajarkan 9 Sikap Sopan Santun Dasar Ini kepada Buah Hati Sejak Dini!

Yuk, Ajarkan 9 Sikap Sopan Santun Dasar Ini kepada Buah Hati Sejak Dini!

Sopan santun merupakan hal penting yang harus ditanamkan pada anak sejak dini, ya, Ladies. Terbiasa bersikap sopan akan membentuk karakter baik hingga si kecil dewasa. Di era milenial, sopan santun merupakan nilai yang mulai luntur.

Sopan santun dan cara berinteraksi merupakan cerminan karakter seseorang serta berpengaruh terhadap pergaulan.Tidak sulit menanamkan sikap sopan pada anak, asal kita sebagai orang tua terbiasa menunjukkan sikap yang sama. Ladies, berikut 9 sikap sopan santun dasar yang harus diajarkan kepada anak sejak dini.

1. 3 Kata Ajaib

Biasakan anak untuk mengucapkan kata “tolong”, “maaf”, dan “terima kasih”. Meski sederhana, kata-kata tersebut bisa memberikan dampak besar. Saat meminta sesuatu, ajarkan mengucap kata tolong. Saat meminta sesuatu, ajari anak untuk mengucapkan kata “tolong”. Ketika berbuat salah, biasakan anak untuk meminta maaf dan menyampaikan terima kasih bila sudah dibantu atau diberi sesuatu oleh orang lain.

2. Mengucapkan “Permisi”

Ajari si kecil untuk mengucapkan “permisi” melewati kerumunan, berjalan di depan orang lain, atau masuk rumah orang lain .Hal ini terkesan sederhana, tetapi penting untuk mengajari anak menghargai orang lain.

3. Tidak Menyela Pembicaraan

Saat sedang berbicara, kita pasti tidak suka bila ada yang menyela, bukan? Selain membuat orang lain illfeel, hal ini juga menunjukkan bahwa si penyela tidak memiliki etika, Ladies.

4. Meminta Izin Sebelum Menggunakan Barang Orang Lain

Biasakan si kecil meminta izin sebelum menggunakan benda atau barang milik orang lain, walau saudara sendiri. Pembiasaan ini akan memupuk sikap terbuka dan membuat anak tidak mudah mengambil yang bukan haknya serta menanamkan sikap anti korupsi.

5. Bertegur Sapa

Menyapa orang yang dikenal akan menumbuhkan sikap peduli, empati, dan rendah hati. Terbiasa menyapa orang lain membuat anak lebih peka. Saling bertegur sapa akan menciptakan lingkungan yang hangat dan harmonis.

6. Mengantre dan Menunggu Giliran

Ajari anak untuk terbiasa mengantre dan menunggu giliran dengan sabar. Sikap ini membuat suasana tertib dan terhindar dari kekacauan. Antre akan mempercepat proses karena membuat segalanya lebih efektif dan efisien.

7. Tutup Mulut saat Batuk dan Bersin

Saat ini, menutup mulut ketika batuk dan bersin menjadi sebuah kebiasaan yang sepele dan sering dilupakan, ya.
Padahal, batuk dan bersin dengan mulut terbuka di tempat umum akan menyebarkan ribuan virus maupun bakteri.
Biasakan anak untuk melakukannya menutup mulut saat batuk dan bersin adalah sebuah tindakan kecil untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat.

8. Membuang Sampah pada Tempatnya

Ladies, sampah yang berserakan membuat lingkungan kotor, kumuh, dan menyebabkan penyakit. Membiasakan anak membuang sampah pada tempatnya berarti mengajarkan buah hati untuk selalu menjaga lingkungan.

9. Menjaga Lisan

Ajarkan anak untuk menghargai dan tidak berkomentar negatif tentang fisik orang lain. Contohnya, mempermalukan atau mengejek kekurangan orang lain. Komentar negatif atau bullying berdampak buruk untuk orang lain dan diri sendiri.

Pembiasaan dan penanaman sopan santun pada anak sedini mungkin membuat mereka memiliki karakter dan akhlak yang baik. Ladies, yuk, ajarkan sopan santun kepada anak mulai sekarang!

ncsuryani
contributor
a momwriterpreuner of two boys who loves to write and read

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

45 − 37 =