Kesehatan

Waspada, Kenali Kondisi Tubuh sebelum Berolahraga

Halo, Smart Ladies!

Berolahraga secara rutin sangat penting untuk menjaga tubuh kita selalu sehat dan bugar, serta untuk menjaga imunitas tubuh. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, kita memerlukan imunitas tubuh yang selalu prima. Namun, beberapa kali kita mendapat kabar tentang orang yang meninggal setelah atau saat berolahraga.

Ada pula kejadian peserta lomba lari maraton yang meninggal pada saat lomba. Pemain tenis meninggal sesaat setelah selesai latihan tenis. Malahan baru beberapa hari yang lalu, di Serang, Banten, seorang pesepeda  tiba-tiba terjatuh dan meninggal di jalan saat bersepeda. Hal ini cukup memprihatinkan dan bisa jadi menyurutkan niat orang yang ingin berolahraga.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Ada beberapa kemungkinan penyebabnya. Penyebab yang paling sering terjadi adalah serangan jantung. Padahal sejatinya, olahraga sangat baik untuk mencegah penyakit jantung, tetapi yang perlu diperhatikan adalah kondisi jantung setiap orang berbeda-beda.

Mengutip dari DetikHealth, menurut spesialis jantung dr. Vito A. Damay, SpJP(K), M.Kes., FIHA, FICA., dari RS Siloam Karawaci, yang luput dari perhatian masyarakat adalah check up atau pemeriksaan ke dokter. Biasanya, orang-orang memforsir dirinya untuk berolahraga berat, padahal bisa saja pada kondisi tertentu mampu memicu serangan jantung. Walaupun nyawa memang di tangan Yang Maha Kuasa, tetapi tentunya kita tetap harus berhati-hati dan berupaya agar hal tersebut tidak terjadi.

Ladies, mari kita simak hal-hal penting yang harus kita ketahui terkait kondisi kesehatan sebelum memulai berolahraga untuk meminimalisasi risiko kejadian.

  1. Pastikan Ladies dalam Kondisi Sehat

Pastikan kondisi tubuh kita dalam keadaan tidak pusing, tidak demam, batuk, diare ataupun kondisi gangguan kesehatan lainnya. Jika kondisi tubuh sedang tidak fit, saat itulah tubuh memerlukan istirahat bukan untuk berolahraga.

  1. Lakukan General Check Up secara Teratur

Seiring usia yang makin bertambah, Ladies harus lebih rajin melakukan general check up. Hal ini perlu Ladies lakukan agar selalu tahu kondisi terkini kesehatan kita sehingga bisa menyesuaikan porsi latihan olahraga.

  1. Berolahragalah dengan Nyaman

Gunakan pakaian olahraga yang nyaman dan menyerap keringat. Hindari terlalu memaksakan diri untuk berolahraga terlampau keras. Sangat penting untuk mengenali tanda-tanda kelelahan yang dialami tubuh kita seperti, rasa lemas tiba-tiba, pusing,  sesak napas.

Jika mengalami hal itu saat berolahraga, segera hentikan aktivitas dan beristirahatlah sejenak.  Minum air putih atau minuman isotonik juga bisa membantu untuk memulihkan kondisi tubuh.

Nah, Ladies, itulah beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum berolahraga agar latihan yang kita lakukan bisa memberi manfaat maksimal pada kesehatan dan bukan malah membahayakan.

Selamat berolahraga, Ladies.

Tags
Show More

Dina Ananti

A mother, book lover, outdoor activities enthusiast

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close