Henti Jantung (Liputan6.com)

Viral! Mengenai Henti Jantung, Penyebab Kematian Mendadak pada Anak Nurul Arifin

Hai Smart Ladies,

Henti jantung yang dialami oleh anak pasangan artis tanah air, Nurul Arifin dan Mayong Suryo Laksono sempat viral beberapa waktu belakangan ini.

Dalam sebuah wawancara, Mayong sempat mengatakan bahwa ada jeda waktu sekitar 30 menitan sebelum tim dokter menyatakan sang putri meninggal dunia. Namun, waktu tersebut nyatanya tidak mampu menyelamatkan nyawa sang putri, Maura Magnalia Madyaratry. Henti jantung, demikian para dokter mengatakan penyebab kematian Nurul arifin tersebut.

Mengenal Henti Jantung

Henti jantung atau lebih dikenal dalam dunia medis sebagai Sudden Cardiac Arrest (SCA) adalah kondisi jantung yang berhenti bekerja dan berkontraksi sehingga tidak ada aliran darah yang cukup untuk menghidupi otot jantung dan organ vital lain.

Dr. Ivan Noersyid, Sp.JP dari RS Primaya Bekasi Timur menjelaskan bahwa pada dasarnya jantung dilengkapi dengan sistem listrik yang berfungsi untuk membangkitkan rangsangan penyebab timbulnya kontraksi otot jantung.

Henti jantung dapat terjadi dalam kondisi jantung tidak bekerja, tetapi masih terdapat aliran listrik. Hal tersebut dapat terjadi karena gangguan irama atau beberapa faktor lain. Jadi, kontraksi jantung hanya bergetar, tetapi jantung tidak memompa aliran darah.

Namun Ladies, jangan terlalu khawatir, tidak semua pasien yang mengalami henti jantung akan meninggal dunia. Oleh karena henti jantung ini harus melalui beberapa proses. Tahapan henti jantung dimulai dari kematian otot-otot, yang mana setiap 4 (empat) menit bagian-bagian otot jantung di dalam tubuh akan mengalami kematian.

Makin lama penanganan seseorang yang mengalami henti jantung, dampak yang timbul makin banyak otot jantung yang mengalami kematian. Seperti yang putri Nurul Arifin alami, waktu penanganan sedikit terlambat.

Ketika seseorang yang mengalami henti jantung, bisa dibuktikan dengan tidak terabanya nadi karotis, lalu dokter melakukan pengecekan irama jantung melalui Elektokardiogram (EKG).

Nah, di sini ada dua kondisi irama jantung yang terlihat dari hasil EKG, yaitu kondisi irama asistol berupa garis datar atau dengan kata lain irama jantungnya datar (tidak berirama) dan irama pulseless electrical activity (PEA). Selain itu, terdapat kondisi irama seperti garis rumput alias ventrikular takikardi atau fibrilasi.

Langkah Pencegahan Henti Jantung

Ladies, sebelum kita atau anggota keluarga terkena henti jantung maka ada baiknya kita lihat bagaimana langkah pencegahannya. Jika Ladies memiliki riwayat keluarga yang meninggal mendadak di usia muda atau riwayat sering pingsan, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter jantung. Hal tersebut bertujuan  untuk mencari kemungkinan adanya gangguan irama atau struktur jantung yang dapat menyebabkan henti jantung di masa mendatang. Ini merupakan cara pencegahan paling mendasar, yaa.

Langkah Penanganan Pertama Saat Adanya Henti Jantung

Untuk pasien dengan kondisi irama jantung asistol atau PEA, maka tim media akan melakukan tindakan resusitasi jantung paru, yaitu tindakan pertolongan pertama pada orang yang mengalami henti napas karena sebab-sebab tertentu.

Tindakan sebagai pertolongan pertama adalah melakukan kompresi dinding dada alias pemompaan jantung dari dinding luar dada, pemberian napas, baik melalui alat bantuan pernapasan, pemberian cairan, atau obat.

Jika dokter menemukan riwayat penyakit pasien yang menyebabkan henti jantung, pasien tersebut akan diberi pengobatan definitif (utama) yang berbeda, tergantung pada riwayat penyakit.

Jika diagnosis pasien henti jantung mengalami serangan jantung, ia masih dapat dibantu melalui kateterisasi jantung. Jika pasien mengalami kekurangan cairan, dokter akan memberikan cairan agar jantung pasien bisa bekerja. Tenaga medis akan mengevaluasi semua penyebab henti jantung untuk diberikan tindakan medis dengan tepat.

Mayong melanjutkan bahwa kemungkinan kondisi sang putri memang sudah drop karena kurang istirahat setelah mempersiapkan wisuda yang akan dilaksanakan pada Maret mendatang di Sydney University.

Dalam dunia kesehatan, dilansir dati situs Mayo Clinic menyebutkan bahwa henti jantung mendadak adalah hilangnya fungsi jantung, pernapasan, dan kesadaran secara tiba-tiba

Penyebab Henti Jantung

Genetik dan Keturunan

Dokter spesialis jantung Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Habibie Arifianto, dr., SpJP (K)., M.Kes., mengatakan bahwa penyebab kasus henti jantung yang dialami Maura, biasanya faktor genetik atau keturunan.

Menurutnya, kasus henti jantung yang terbanyak adalah gangguan aktivitas listrik jantung. Ini bisa mengakibatkan gangguan irama fatal yang membuat seseorang pingsan hingga berujung kepada kematian. Dokter Habibie menjelaskan, saat pasukan oksigen terhenti maka nutrisi ke otak, organ tubuh lainnya, hingga ke otot jantung juga akan berhenti. Kondisi ini bisa berakibat fatal.

Kondisi Jantung yang Membesar dan Gagal Jantung

Faktor risiko jantung yang membesar dan gagal jantung terjadi karena seseorang pernah mengalami serangan jantung mendadak sebelumnya.  Ia memiliki riwayat keluarga dengan serangan jantung mendadak, riwayat kelainan jantung bawaan, atau kelainan pembuluh darah. Selain itu, pasien memiliki riwayat sinkop (pingsan dengan penyebab yang tidak diketahui). Sementara gagal jantung, yaitu suatu kondisi yang mana daya pemompaan jantung lebih lemah dari biasanya.

Mengkonsumsi Obat-obatan yang “Pro-Aritmia”

Hal ini dapat meningkatkan risiko aritmia yang mengancam jiwa. Seperti penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Penanganan Darurat Saat Terlihat Gejala Henti Jantung

Jika ada kejadian seseorang mengalami gejala henti jantung, jangan panik Ladies, lakukan penanganan pertama terlebih dulu seperti pijat jantung luar. Penanganan ini merupakan salah satu cara yang memungkinkan untuk mengembalikan sirkulasi darah hingga korban sadar kembali.
Nurul Arifin menuturkan pada banyak media bahwa faktor kelelahan salah satu pemicu terjadinya henti jantung pada sang putri. Disebutkan juga karena Maura kurang istirahat, pola hidup yang kurang sehat sehingga tubuhnya drop membuat kondisi henti jantung makin sulit untuk segera ditolong.

Nah, dengan artikel singkat ini semoga Ladies dan keluarga dapat lebih mengenal apa dan bagaimana henti jantung yang bisa membawa pada kematian tersebut. Namun, semoga kita semua terhindar dari kejadian yang tidak kita inginkan.

 

About nova yulfia

nova yulfia
seorang ibu 4 anak yang menggemaskan penyuka dunia literasi

Check Also

Berjemur Aktivitas Ringan Yang Menyehatkan

Hai, Ladies! Bukan sebuah fenomena baru lagi, kalau sekarang sinar matahari menjadi sesuatu yang dirindukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *