Usir Stres dengan Jalan Kaki [Daniel Reche; pixabay.com]

Usir Stres dengan Jalan Kaki

Hai, Smart Ladies!

Di masa pandemi seperti saat ini, kita harus pandai mengelola stres. Stres bisa menurunkan daya tahan tubuh sehingga kita mudah terpapar penyakit. Jika dibiarkan terus berlanjut, stres dapat memicu naiknya tekanan darah, sakit kepala, penyakit jantung, dan diabetes. Jadi, tubuh kita harus selalu dalam keadaan prima supaya tidak terserang berbagai macam penyakit. Ketika mulai merasakan stres, kita harus segera meredakannya.

Salah satu cara yang mudah dan murah untuk meredakan stres ini adalah berjalan kaki. Ladies bisa melakukannya hanya dengan berjalan di sekitar perumahan atau taman. Dengan membiasakan berjalan kaki selama 30 menit 5 kali dalam seminggu, kita sudah dapat merasakan efeknya. Berjalan kaki selama 20-30 menit setiap hari di udara terbuka akan menurunkan hormon kortisol penyebab stres hingga 10 persen.

Ladies bisa memulai kebiasaan baik ini sejak sekarang. Dengan keinginan yang kuat dan konsisten, hasil positif akan kita dapatkan. Buang jauh-jauh rasa malas dan alasan tidak ada waktu, ya. Kalau tubuh sehat, kualitas hidup juga meningkat. Bagaimana caranya supaya jalan kaki terasa menyenangkan? Mari kita simak, Ladies!

  1. Pilih Pakaian dan Alas Kaki yang Nyaman

Saat berjalan kaki, biasanya kita mengeluarkan banyak keringat. Untuk itu, mengenakan baju yang menyerap keringat menjadi pilihan yang tepat. Gunakan pula sepatu yang alasnya tidak licin untuk menghindari cedera. Ada beberapa orang yang lebih suka berjalan kaki tanpa alas kaki. Namun, kita dianjurkan untuk menggunakannya. Hal ini untuk menghindari cedera apabila kaki kita tanpa sengaja menginjak benda berbahaya, misalnya paku yang berkarat, yang akan mengakibatkan tetanus.

  1. Mendengarkan Musik

Berjalan kaki sambil mendengarkan musik akan membuat olahraga ini terasa menyenangkan. Bahkan,  jika kita melakukannya sambil bersenandung mengikuti lagu yang sedang diputar,  rasa lelah akan terasa berkurang.

  1. Membawa Air Minum

Pada saat olahraga, tubuh akan mengeluarkan keringat dengan laju setengah sampai dua liter per jam. Tubuh setidaknya memerlukan 100-200 mililiter air putih setiap 15-20 menit sekali. Jadi, bawalah air minum agar tubuh kita tidak kekurangan cairan.

  1. Lakukan di Waktu Pagi atau Sore Hari

Dengan berjalan kaki mengelilingi kompleks perumahan atau taman di pagi hari, kita bisa menghirup udara segar yang penuh oksigen. Tanaman hijau yang dilihat sepanjang perjalanan akan membuat hati terasa tentram dan rileks. Sinar matahari yang hangat akan memberikan asupan vitamin D yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Ladies juga bisa melakukannya pada sore hari. Pada pukul 4 atau 5 sore, saat sinar matahari sudah tidak terlalu panas dan kondisi otot lebih fleksibel.

  1. Ajak Pasangan atau Teman

Berjalan kaki sambil bercanda atau mengobrol ringan tentu akan menambah semangat. Pada saat itu, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang berfungsi merilekskan tubuh serta mengurangi rasa cemas sehingga kita akan merasa senang.

Apakah Ladies sudah siap melakukannya? Hanya butuh waktu 30 menit per hari untuk meningkatkan kualitas hidup kita, lo.

About Diansah Komara

Diansah Komara

Check Also

6 Keunggulan Pembalut Yuspin: Pembalut Kain Kekinian Pilihan Tepat Wanita Cermat

Hello, Smart Ladies! Saat ini, makin banyak orang yang mulai menyadari pentingnya hidup sehat. Bagi …

One comment

  1. ENNI MOURAUX

    Bagus artikelnya, Mbak Dian. Saya juga suka jalan kaki, apalagi pas nguber diskon 🙂
    Semangat terus menulisnya, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *