Bisnis

Usaha Ladies Terhambat di Masa Pandemi? Coba 5 Trik ini!

Halo, Smart Ladies!
Di masa pandemi ini, sebagian besar sektor kehidupan mengalami penurunan, tak terkecuali bidang usaha. Banyak bisnis besar maupun kecil yang terpaksa gulung tikar karena terdampak pandemi. Tak sedikit karyawan di PHK atau dirumahkan tanpa menerima gaji. Jumlah penjualan berkurang sehingga memengaruhi pendapatan dan penghasilan, sedangkan biaya operasional tetap harus dianggarkan.
Ada 5 langkah yang bisa Ladies lakukan untuk menjaga kelangsungan bisnis pada masa pandemi ini. Berikut ulasannya.

1. Jaga Aliran Dana Tetap Sehat

Menjaga aliran dana yang keluar dan masuk sangat penting. Dalam hal piutang, bila tidak bisa menagih secara langsung ke konsumen, Ladies bisa memanfaatkan teknologi untuk mengabarkan jumlah tagihan. Pembayaran pun bisa dilakukan melalui transfer via bank atau fitur pembayaran daring lainnya.

2. Atur Ulang Anggaran Biaya

Untuk langkah awal, cek terlebih dahulu keuangan usaha Ladies. Tentukan target baru yang masuk akal dan memungkinkan untuk tercapai tanpa memaksakan diri. Kemudian, pilih dengan cermat bagian mana yang bisa dipangkas atau disederhanakan. Untuk bagian yang anggaran biayanya bisa dibuat seminimal mungkin, lakukan langkah efektif agar tidak banyak pengeluaran yang memberatkan keuangan.

3. Pantau Stok Barang dengan Cermat

Di masa pandemi, ada beberapa kebutuhan yang mendesak untuk dipenuhi. Nah, Ladies harus pandai dalam memilih stok barang yang sekiranya dibutuhkan banyak orang. Hindari memperbanyak stok barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Jangan lupa, perhatikan masa kedaluwarsa agar kualitas barang tetap terjamin. Selalu pantau stok melalui aplikasi bila tidak memungkinkan untuk melihat bukti fisiknya. Namun, wajib diperhatikan validitasnya.

4. Integrasikan Luring dan Daring

Selama masa pandemi, perkuat dan maksimalkan pemasaran melalui media daring atau marketplace. Tambah ilmu dan kemampuan dalam penggunaan aplikasi daring agar bisnis Ladies lebih banyak dikenal konsumen. Berikan beberapa kemudahan dalam pengiriman, pemesanan, dan pembayaran. Contohnya, jika sebelumnya Ladies hanya menggunakan dua atau tiga ekspedisi, tambahkan jenisnya agar konsumen memiliki alternatif lebih banyak. Selain itu, buat tawaran pemesanan dengan sistem bundling untuk memangkas ongkir.

5. Lakukan Inovasi

Selama masa pandemi, penggunaan media sosial dan gawai mengalami kenaikan. Ladies harus memanfaatkan tren ini untuk menggenjot penjualan. Berinovasilah dalam membuat promosi atau iklan yang menarik untuk diunggah di media sosial. Cobalah mempelajari ilmu baru untuk memaksimalkan penggunaan Instagram, Facebook, WhatsApp, dan media sosial lainnya. Pemanfaatan media sosial dengan maksimal sudah terbukti mampu menambah omzet penjualan. Untuk menarik konsumen, Ladies harus bisa membuat unggahan yang berbeda dari kompetitor dan mampu membuat orang melirik produk yang Ladies tawarkan.
Bagi sebagian pelaku usaha, masa pandemi ini merupakan masa yang sulit. Namun, jangan pernah menyerah dan mengalah dengan keadaan. Jika Ladies mau berusaha dan bekerja keras, pasti akan terbuka peluang. Tetap semangat, ya! Semoga bisnis Ladies mampu bertahan dan menghasilkan untung yang memuaskan.

0 Reviews

Write a Review

Tags
Show More

a momwriterpreuner of two boys who loves to write and read

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close