Joeragan artikel

Tujuh Inspirasi dari Surah Al-Mudatsir untuk Membangkitkan Semangat Berbisnis

Hai, Smart Ladies.

Ternyata, dalam surah Al-Mudatsir terkandung inspirasi hebat untuk pengusaha muslim. Ini bukanlah sebuah tafsir, melainkan motivasi yang dapat menginspirasi, terutama bagi Ladies yang terjun di dunia marketing dan sedang terpuruk. Terkadang, kegagalan membuat kita takut untuk maju, merasa gagal, dan selalu diselimuti kekhawatiran.

Untuk itu, marilah kita cermati firman Allah Swt. yang tertuang dalam surah Al-Mudatsir. Di dalam surat tersebut terdapat kalimat “Wahai orang yang berselimut, bangun dan sampaikan peringatan”. Dari ayat tersebut, banyak hikmah dan inspirasi yang bisa dipetik, antara lain:

1. Bangkit

Ladies diminta untuk bangun dan meninggalkan “selimut”. Mulailah membuka pikiran dan membenahi mental kita agar lebih bersemangat dalam berusaha. Anggaplah kegagalan sebagai sukses yang tertunda.

2. Meningkatkan Gairah Kerja

Jangan malas melakukan presentasi dan promosi mengenalkan produk ke pasaran. Berikanlah kesempatan kepada konsumen untuk bisa mengenal serta me-review(italic) produk kita secara jelas. Kuasailah product knowledge atau tingkatkanlah pengetahuan kita tentang produk dengan baik. Mintalah testimoni jujur dari para pelanggan yang sudah merasakan khasiat atau manfaatnya secara nyata.

3. Utamakanlah Peran-Nya

Membeberkan keunggulan produk yang kita jual merupakan sebuah bagian dari ikhtiar atau usaha karena Islam mewajibkan umatnya untuk berusaha. Namun, keberhasilan dan kesuksesan usaha Ladies yang utama adalah berkat rahmat-Nya. Sukses dalam bisnis tak luput dari kehendak Allah semata.

4. Memperhatikan Performa

Untuk menarik perhatian konsumen, penampilan harus diperhatikan. Presentasi akan dilirik pelanggan jika Ladies tampil menarik. Tidak harus mahal, yang penting kondisi kita rapi dan bersih.

5. Meninggalkan Kebiasaan Buruk

Ayat dalam surah Al-Mudatsir mengajak Ladies untuk berhijrah meninggalkan perilaku serta lingkungan pergaulan yang buruk. Bergabunglah dengan komunitas yang baik dalam melakukan promosi. Bisa jadi, dengan berhijrah, Ladies juga dapat menginspirasi konsumen.

6. Mensyukuri Hasil Usaha

Bersyukurlah meskipun hasil usaha yang didapat belum sesuai harapan. Di awal usaha, Ladies jangan berharap mendapatkan keuntungan besar dahulu. Bekerjalah sepenuh hati dan berdoa. Kemudian, serahkanlah hasilnya kepada Allah Swt.

7. Bersabar

Setelah berikhtiar sepenuh kemampuan maka tugas Ladies selanjutnya adalah bersabar dan bertawakal. Keberhasilan sebuah bisnis tidak bisa didapat secara instan, melainkan membutuhkan proses yang tidak mudah. Percayalah, hasil tidak akan mengkhianati usaha. Allah Swt. selalu berada di sisi orang yang bersabar.

Nah, Ladies, semoga tujuh inspirasi di atas dapat menumbuhkan semangat untuk berusaha serta bangkit dari keterpurukan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Hubungi Kami