Tips Menyingkirkan Barang agar Rumah Selalu Rapi

Tips Menyingkirkan Barang agar Rumah Selalu Rapi

Hallo, Smart Ladies!

Apakah mungkin hunian bisa selalu rapi?  Menjadi PR yang lumayan besar dewasa ini mengingat budaya konsumtif  yang sangat peduli akan pendapat orang lain. Sebenarnya, kerapian bisa dicapai dengan mudah jika barang yang Ladies miliki tidak terlalu banyak. Setuju, kan, Ladies?

Lalu bagaimana dengan barang-barang yang sudah terlanjur banyak? Menyingkirkan begitu saja tentu tidak mudah, apalagi memiliki nilai history yang sentimental. Menurut Marie Kondo dalam bukunya The Life-Changing Magic of Tidying Up, pola menyingkirkan barang yang tidak perlu bisa dimulai dengan urutan sebagai berikut.

1. Baju

Ladies, karena selalu ingin tampil up to date sudah selayaknya memiliki banyak pilihan busana. Perempuan sering merasa tidak memiliki baju di dalam almari mereka. Memilah baju yang sering Ladies gunakan dengan yang nanti akan digunakan bisa terlihat dari tumpukan yang sudah ada. Ladies keluarkan semuanya, rasakan, mana yang menimbulkan kesenangan saat dikenakan. Yang lain? Karungin, sedekahkan atau jual prelove jika kondisinya masih bagus.

2. Buku

Mengingat program wajib belajar di negara ini, tentu saja Ladies memiliki tumpukan buku, entah itu buku sekolah, buku hobby atau pekerjaan. Buku-buku yang dirasa tidak membangkitkan gairah untuk membacanya lagi bisa segera disingkirkan. Karena itu membuat rumah penuh layaknya tempat sampah. Tugas mereka sudah selesai begitu kita merampungkan membaca.

3. Kertas

Dokumen-dokumen, struk belanja, kerajinan tangan terkadang tanpa disadari berkumpul walau sudah tidak berguna lagi. Tiket nonton pertama bersama pacar misalnya. Ini akan menambah harga perawatan. Selain membuat boros, benda tersebut tidak bisa digunakan kemudian. So, Ladies, jangan pernah ragu untuk segera menyingkirkan.

4. Pernak-pernik

Kenapa pernak-pernik diletakkan paling akhir? Karena sesuatu yang mempunyai nilai sentimental cukup tinggi biasanya membutuhkan waktu lama untuk memutuskan. Oleh-oleh dari Jepang misalnya, meskipun hanya foto bunga sakura, rasanya sayang sekali untuk dibuang. Benar, kan, Ladies? Padahal buka ponsel juga banyak gambar yang sama.

Setelah semuanya beres, pastikan disusun pada tempat yang seharusnya. Jangan berpikir untuk membeli barang serupa yang ending-nya akan sama, menumpuk barang.

Nah, Ladies, praktikkan empat langkah ini saat ingin merapikan rumah. Niscaya, kerapian akan lebih awet karena barang-barang kita tidak terlalu banyak, sehingga tidak makan tempat. Karena sejatinya, memiliki yang benar-benar kita gunakan itu lebih efisien daripada menimbun sesuatu yang entah kapan akan dipakai. Benar, kan, Ladies?

Retno Nofianti
contributor

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

41 + = 49