Kesehatan

Tips Menghilangkan Strecth Mark ketika Hamil dan Setelah Melahirkan

Smart Ladies, stretch mark merupakan salah satu risiko yang ditimbulkan oleh kehamilan. Tanda guratan pada kulit ini sering membuat tampilan terganggu serta mengurangi rasa percaya diri. Strecth mark biasanya muncul pada lapisan kulit yang tidak memiliki kolagen dalam jumlah banyak sehingga kulit menjadi sangat lentur. Saat perut membesar, jaringan kulit akan meregang. Akibatnya, lapisan kulit bagian tengah akan menipis. Hal ini mendorong lapisan kulit di bawahnya muncul ke permukaan dan menyebabkan stretch mark.

Namun, tak perlu khawatir, Ladies, ada beberapa cara untuk menyamarkan dan menghilangkan tanda ini agar perut kembali mulus.

1. Konsumsi Makanan yang Bernutrisi

Ketika hamil, selain mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi bagi janin dan kesehatan otaknya, ibu juga wajib mencukupi asupan nutrisi bagi kulitnya sendiri. Perbanyaklah makanan yang mengandung kolagen serta kaya vitamin E dan C. Nutrisi tersebut mudah didapat dari sayuran hijau segar dan buah. Jangan lupa, perbanyak juga asupan cairan, minimal dua liter perhari.

2. Atur Berat Badan

Banyak yang mengatakan, saat hamil, kita makan untuk dikonsumsi oleh dua orang. Hal itu tidak sepenuhnya benar, ya, Ladies. Asal makan dalam jumlah cukup, kaya akan protein, vitamin, dan zat yang bermanfaat lainnya, itu sudah sesuai. Tak perlu menambah porsinya, tetapi buatlah menu yang bervariasi serta perbanyak sayuran dan buah-buahan. Konsultasikan dengan dokter kandungan tentang berat badan ideal agar tidak ada masalah pada kehamilan.

3. Rajin Berolahraga

Saat hamil, olahraga masih bisa dilakukan, asal pilih yang aman dan sesuai. Setelah melahirkan, Ladies bisa memilih olahraga yang lebih berat untuk membakar sisa-sisa lemak di perut. Olahraga bermanfaat untuk mengurangi stretch mark yang kemungkinan muncul karena dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga kulit menjadi lebih elastis dan lentur.

4. Gunakan Cara Tradisional

Banyak resep dari orang tua kita terdahulu yang bermanfaat untuk mengurangi, bahkan menghilangkan stretch mark pada perut pascapersalinan. Salah satunya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa, lidah buaya, atau lulur khusus. Yang harus diingat, cara tradisional membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama karena berproses secara alami. Jadi, wajib bersabar, ya, Ladies.

5. Oleskan Gel atau Krim Penghilang Stretch Mark

Selain menggunakan cara tradisional, Ladies bisa mencoba cara yang lebih modern dengan mengoleskan gel atau krim penghilang stretch mark. Namun, pastikan kandungannya aman. Kandungan seperti ekstrak bawang dan asam hialuronat dipercaya mampu meningkatkan produksi kolagen kulit. Hanya saja, gel atau krim harus dioleskan saat warna stretch mark masih memerah. Bila sudah terlalu lama, cara ini tidak akan efektif.

Sebenarnya stretch mark dapat hilang dengan sendiri seiring waktu. Namun, Ladies memang harus bersabar. Bila kondisi stretch mark cukup parah dan mengganggu, mintalah bantuan dokter untuk mendapat penanganan yang tepat sekaligus aman. Memperhatikan penampilan setelah melahirkan memang penting, tetapi tetap prioritaskan kesehatan bayi dan Ladies sendiri, ya.

Photo by Racool_studio / Freepik

Show More

ncsuryani

a momwriterpreuner of two boys who loves to write and read

Related Articles

One Comment

  1. Terima kasih sudah berbagi tips nya, cara mengatasi dan mengghilangkan guratan sekitar perut pasca bersalin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close