Kesehatan

Tips Mencegah Penyakit Kulit Akibat Kegemukan

Halo, Smart Ladies!

Kurangnya aktivitas di luar rumah memunculkan beberapa masalah, salah satunya kenaikan berat badan. Kecenderungan ini terjadi akibat kesulitan mengendalikan nafsu makan karena setiap hari menghadapi beragam makanan yang tersedia. Bagi ibu rumah tangga, hal ini juga dipengaruhi oleh kebiasaan menghabiskan sisa makanan anak.

Apabila kenaikan berat badan tidak terkendali, Ladies akan mengalami kegemukan yang dapat mengundang penyakit. Tidak hanya penyakit bagian dalam,  tetapi juga pada bagian luar tubuh, seperti kulit.

Nah, Ladies, berikut 5 cara untuk mencegah penyakit kulit akibat kegemukan!

  1. Menghindari Pakaian Ketat

Sudah fitrah perempuan untuk selalu ingin tampil cantik. Berbagai macam cara dilakukan agar dapat tampil maksimal, baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Sebagian perempuan memilih pakaian ketat agar merasa lebih percaya diri dengan memperlihatkan lekuk tubuhnya. Namun, memakai pakaian ketat tidak baik untuk kesehatan karena mengundang lebih banyak keringat. Hal ini akan lebih bermasalah bila perempuan tersebut memiliki berat badan berlebih. Keringat dapat menimbulkan tumbuhnya jamur dan membuat kulit terasa gatal. Selain itu, pakaian ketat juga meningkatan intensitas gesekan pada kulit sehingga membuat kulit mudah lecet.

  1. Mengeringkan Organ Intim Setelah Buang Air

Organ intim yang berada dalam kondisi kelembapan tinggi memicu tumbuhnya mikroorganisme patogen yang menyebabkan gatal. Kelembaban dapat terjadi akibat memakai celana dalam yang basah setelah buang air. Perempuan gemuk lebih rentan mengalami hal ini. Agar organ intim selalu sehat, rajinlah mengeringkannya handuk kering setelah buang air, ya, Ladies.

  1. Sering Mengganti Pakaian

Saat melakukan aktivitas yang sama, orang gemuk relatif lebih cepat berkeringat dibandingkan dengan yang memiliki berat badan normal. Keringat berlebih dapat menimbulkan aroma tidak sedap akibat tumbuhnya mikroorganisme yang mengundang penyakit. Agar terhindar dari penyakit tersebut, seringlah mengganti pakaian, terutama celana dalam. Hal ini untuk mencegah terjadinya iritasi kulit.

  1. Bersihkan Lipatan Kulit

Peningkatan berat badan dapat membentuk gelambir pada tubuh. Kulit yang kencang menjadi berlipat. Tanpa disadari, lipatan kulit sering kali menjadi bagian yang terlewat untuk dibersihkan pada saat mandi. Sisa sabun yang tertinggal dan menumpuk di sana. Hal ini dapat menyebabkan gatal dan iritasi, lo! Jadi, jangan lupa membersihkan area lipatan pada saat mandi.

  1. Hindari Penggunaan Obat Berlebihan

Obat harus digunakan dengan dosis yang tepat agar tidak menyebabkan disfungsi pada organ tubuh. Beberapa obat yang dikonsumsi berlebihan akan membuat imunitas tubuh menjadi lemah, contohnya obat yang mengandung kortikosteroid. Imunitas tubuh yang lemah memudahkan timbulnya penyakit. Tidak hanya penyakit pada tubuh bagian dalam, tetapi juga penyakit kulit.  Efek penggunaan obat secara berlebihan akan lebih membahayakan bagi orang yang gemuk. Rajinlah berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui efek samping obat yang dikonsumsi.

Nah, Ladies, demikian 5 cara untuk menghindari penyakit kulit akibat kegemukan. Semoga bermanfaat!

0 Reviews

Write a Review

Tags
Show More

Ani Handayani

Penulis adalah ibu rumah tangga yang sedang belajar dan aktif dalam penulisan artikel dan fiksi. Sekarang tinggal di sebuah pedesaan di kabupaten Sleman DIY

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close