Tips membuat dan mengelola kolam pelanggan Beatriz Jacob from Pixabay]

Tips Membuat dan Mengelola Kolam Pelanggan

Hai, Smart Ladies.

Buat Ladies yang berbisnis daring, branding diri dan kepercayaan konsumen adalah sebuah kebutuhan dasar. Dengan demikian, kita perlu membuat dan mengelola kolam pelanggan. Mengapa?

Branding merupakan salah satu cara agar orang mengenal diri kita seperti apa yang diinginkan. Misal, Ladies  adalah reseller buku-buku anak dirrect selling , maka yang bisa kita lakukan untuk menguatkan branding di media sosial dengan memperbanyak sharing tentang parenting , tips mengenalkan buku pada anak, cara memilih buku yang tepat sesuai usia anak, dan lain sebagainya. Dengan demikian, dapat dipastikan orang lain bila melihat kita, yang terbayang pertama kali adalah “buku”.

Sementara kepercayaan konsumen, mutlak kita butuhkan karena berbisnis di dunia maya tanpa pernah bertatap muka dengan pelanggan. Agar konsumen percaya kepada Ladies, gunakanlah nama dan foto asli pada profil di media sosial, sesekali kita bisa memposting foto keluarga di sela-sela foto produk. Dapat kita sertakan juga testimoni dari pelanggan , dan jangan lupa untuk saling silaturahmi di media sosial dengan memberikan “komentar” atau “like” pada postingan teman-teman di FB dan membalas status teman-teman di WhatsApp (WA).

Nah, bagaimana caranya agar kita bisa banjir orderan dari pelanggan; baik pelanggan baru, lama maupun calon pelanggan? Salah satunya dengan membuat kolam dan mengelola pelanggan di WA grup.

1. Membuat Kolam Pelanggan

Pertama-tama Ladies harus membuat konsep mau seperti apa kolam pelanggan yang akan dibuat. Sebisa mungkin perbanyak sharing dan giving di kolam tersebut. Misal, kita akan mengadakan kuliah WhatsApp (kulwap) dengan tema parenting . Hal pertama yang kita lakukan adalah menentukan tema kulwap parenting , mencari narasumber, membuat jadwal, dan mengundang para pelanggan untuk ikut kulwap tersebut melalui tautan yang kita bagikan. Kulwap bisa berbayar atau gratis, bisa satu bulan atau dua bulan sekali.

2. Menyapa Peserta

Sapalah para peserta di kolam Ladies setiap pagi, bisa dengan memberikan quotes, muhasabah diri, dan lain sebagainya. Kita juga bisa membuat jadwal harian di kolam pelanggan. Misal, hari Senin berbagi tentang materi bisnis, hari Selasa berbagi resep makanan, hari Rabu berbagi tips parenting , hari Kamis saatnya gelar lapak bagi para peserta kolam, hari Jumat berbagi tentang keistimewaan sedekah, dan lain sebagainya.

3. Kanvasing

Kanvasing tiap kolam pelanggan dengan menyapa melalui jalur pribadi, menanyakan kabar dan lain sebagainya. Intinya, kita membangun hubungan baik dengan peserta. Dari kanvasing tersebut, kita dapat mengetahui data pribadi yang berguna untuk data base kita dan lakukan kanvasing ini dengan hati yang tulus dan ikhlas.

4. Promo Produk

Di sela-sela jadwal harian atau kulwap yang kita berikan di kolam, bisa juga mengenalkan produk atau memberikan promo khusus berbatas.

5. Evaluasi

Lakukan evaluasi per bulan, apakah komunikasi di kolam tersebut cukup aktif atau banyak yang silent reader? Kita bisa memberikan kuis dangan doorprize berupa pulsa untuk meramaikan suasana di kolam pelanggan.
Perbanyak sharing dan giving kepada pelanggan. Buatlah mereka nyaman dan betah di kolam sehingga butuh akan materi yang kita berikan di kolam.

Dekati mereka secara personal dan Ladies akan menuai hasil yang memuaskan. Demikian tips membuat dan mengelola kolam pelanggan, selamat mencoba! 😊

About Wijayanti Liestiyoningtiyas

Wijayanti Liestiyoningtiyas
Saya adalah ibu rumah tangga yang produktif. Aktif sebagai duta wakaf buku siroh dan juga berbisnis melalui produk buku siroh dirrect selling terbitan Sygma Daya Insani.

Check Also

‘Frozen Food’ Sehat Tanpa Pengawet

Hai Ladies! Zaman sekarang sering disebut dengan zaman instan. Mengapa? Karena semua orang ingin serba …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *