Tips Makan Optimal, Sampah Minimal

Tips Makan Optimal, Sampah Minimal

Smart Ladies, malam adalah waktu yang efektif untuk merencanakan agenda esok hari. Nah, salah satu hal yang wajib dipikirkan adalah menu harian. Kira-kira besok mau masak apa, ya? Ladies yang suka praktis biasanya akan membeli makanan siap santap di warung atau restoran. Sedangkan Ladies yang hobi memasak umumnya memilih untuk membeli bahan segar guna diolah menjadi masakan lezat.

Baik membeli maupun masak sendiri tentunya tetap menghasilkan sampah. Smart Ladies dapat menjadi bagian dari mereka yang peduli lingkungan, lo. Caranya adalah dengan mengendalikan sampah dari makanan yang kita beli atau yang dimasak sendiri. Banyak hal bermanfaat bisa kita perbuat. Bukan sekadar makan lantas buang. Yuk, intip aksi yang bisa Smart Ladies lakukan untuk turut andil mengurangi sampah.

1. Jenis Makanan

Tentukan jenis makanan yang akan kita santap esok hari. Gunanya untuk memenuhi kebutuhan minimal tubuh kita. Beli dan belanja makanan atau bahan makanan yang benar-benar kita butuhkan dan siap kita makan dan olah segera. Membeli makanan yang tepat jenisnya akan menunjang kesehatan dan mengendalikan keinginan untuk menyantap segala jenis makanan yang mungkin saja akan bersisa dan berakhir menjadi sampah.

2. Wadah

Setelah menentukan jenis makanan, pastikan kita akan membeli atau memasak sendiri. Membeli makanan sah saja, namun usahakan membawa wadah sendiri. Ini akan mengurangi penggunaan kertas, plastik, atau styrofoam pembungkus makanan. Bagi yang memasak, bawa wadah belanja dari rumah untuk menghindari penggunaan bungkus kertas atau plastik. Siapkan wadah-wadah kecil untuk masing-masing bahan jika diperlukan. Selain meminimalkan sampah, membawa wadah sendiri saat belanja membantu mengurangi biaya tambahan warung makan atau resto dalam menyediakan bungkus makanan.

3. Porsi

Selain mengurangi biaya tambahan, wadah juga bermanfaat mengukur porsi makanan yang akan kita beli cukup sesuai dengan kebutuhan dan tidak menghasilkan sisa. Jika pun bersisa, Smart Ladies bisa tetap menyimpannya di wadah, menyantap kembali, dan menghabiskan setelah jeda beberapa waktu.

 

Oh, ya, ini juga berlaku dengan kebutuhan kita yang lain, ya. Mau belanja minuman atau belanja baju sekalipun, semuanya menantikan peran kita dalam mengendalikan sampah dan menjadi bagian dari kelompok peduli lingkungan. Jadi, sudahkah kita merencanakan makan apa esok hari? Cobalah bawa wadah sendiri dan mengisinya sesuai kebutuhan. Makan tetap jalan, uang aman, dan sampah bisa kita kendalikan. Asyik, kan, Smart Ladies?

Roesmiedi Dian

Latest posts by Roesmiedi Dian (see all)

Dian Ekawati Roesmiedi
contributor

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 69 = 78