Tips Ciamik Hidup bersama Mertua dengan Akur dan Harmonis

Halo, Smart Ladies.


Menikah adalah dambaan setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan. Setiap perempuan yang sudah menikah ingin hidup bersama pasangan dengan bahagia sampai tua dan maut memisahkan.


Namun, adakalanya impian tak seindah kenyataan. Pilihan hidup bersama mertua terkadang mesti dilewati karena sesuatu hal. Misalnya, suami adalah anak laki-laki satu-satunya maka demi mengurus orang tua, terpaksa tetap tinggal dan hidup bersama. Berikut tips ciamik hidup bersama mertua dengan akur dan harmonis.


1. Memasak untuk Mertua

Konon, makanan adalah kunci agar rasa di hati saling melekat. Kepedulian menantu perempuan dengan membuatkan masakan akan membuat mertua makin sayang, apalagi jika yang dimasak adalah makanan kesukaan, tentu akan akan membuat mertua tak segan memberikan pujian. Memasak untuk mertua tidak harus dengan menu yang mewah atau mahal. Cukup membuat masakan yang disukai, mertua pasti senang. Ada baiknya, Ladies bertanya kepada mertua atau suami untuk mengetahui masakan yang disukai.


2. Menemani Mertua Mengobrol

Komunikasi adalah jembatan untuk mengetahui perasaan dan permasalahan yang dihadapi. Menemani mertua, walaupun hanya seminggu sekali, akan membuat komunikasi terjalin makin baik.
Masalah seserius apa pun yang mungkin terjadi akan cepat terselesaikan sehingga tidak berlarut-larut menjadi petaka yang lebih besar. Menemaninya sambil minum teh dan camilan akan lebih menghangatkan suasana.


3. Berkebun Bersama

Rata-rata para orang tua zaman dahulu menyukai kegiatan berkebun dan menanam bunga. Membelikan mertua pot dan bunga tentu membahagiakan dan membuatnya makin sayang kepada menantu.
Halaman yang tersisa bisa dimanfaatkan bersama untuk menanam bunga atau pohon buah lainnya. Memberikan kebebasan kepada mertua untuk melakukan kegiatan yang disukai untuk mengisi hari di masa tuanya akan membuat lebih bahagia.


4. Membantu Memberikan Kebutuhannya

Anak lelaki sampai kapan pun adalah milik ibunya, sekalipun telah menikah. Oleh karena itu, jangan melarang suami memberikan uang atau apa pun kepada mertua. Percayalah, uang yang diberikan suami kepada mertua tak akan membuatnya miskin atau bangkrut. Justru Allah akan memberikan pahala dan rezeki berlipat.
Biarkan suami meraih pahala dan surga melalui ibunya. Insyaallah jika ikhlas, Ladies juga akan mendapatkan pahala dan surga.


5. Ikut Menjaga Kebersihan Rumah

Terkadang memang ibu mertua lebih cerewet dari ibu kandung. Terlebih lagi jika Ladies sudah mempunyai anak, tak bisa dielakkan, rumah akan terlihat berantakan. Oleh karena itu, Ladies harus ikut membantu menata rumah agar rapi kembali.
Walaupun terkadang lelah mendera karena sibuk bekerja, sempatkan dua atau tiga hari sekali membereskan rumah. Jika ada kelebihan uang, pekerjakan asisten rumah tangga untuk membantu pekerjaan rumah.

Nah, Ladies, jangan takut lagi hidup bersama mertua, ya, Insyaallah pahala akan kita tuai dan surga balasannya. Aamin.

Yutaka Latifah

Provokator Kebaikan, inisiator Sedekah Nasi Rombongan Purbalingga, Penulis, Relawan, dan Abdi negara
Yutaka Latifah

Related posts

Leave a Comment