Sumber Gambar: OkeZone.com

Tips Cantik dan Segar Saat Puasa

Hi, Ladies!

Saat puasa kulit dan bibir kita terasa lebih kering. Kurangnya asupan makanan dan minuman selama berpuasa sangat memengaruhi kondisi kulit kita. Ditambah lagi, Ladies harus menyiapkan makan sahur, tentunya akan mengurangi jam tidur kita.

Namun, puasa hendaknya tidak menjadi halangan kita untuk tampil segar dan cantik. Jangan sampai saat lebaran, kulit kita justru makin kering dan kusam. Berikut adalah tips agar penampilan Ladies tetap segar dan cantik.

  1. Perhatikan Asupan Cairan Tubuh

Walaupun berpuasa, Ladies tetap harus memperhatikan asupan untuk tubuh kita. Usahakan untuk mencukupi kebutuhan cairan saat buka puasa maupun sahur. Agar kulit kita tetap terhidrasi, paling tidak harus meminum air putih minimal 8 gelas. Ladies dapat menggunakan pola 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas saat sahur.

  1. Perbanyak Makan Buah dan Sayuran

Kurangi makanan berminyak, seperti goreng-gorengan yang ketika berbuka puasa atau sahur. Perbanyak mengonsumsi buah-buahan segar guna memenuhi kebutuhan vitamin untuk kulit. Pilihlah buah-buahan yang banyak mengandung air agar dapat memberikan nutrisi untuk kulit. Buah yang mengandung banyak air juga akan memberikan cairan lebih yang dibutuhkan tubuh kita. Contoh buah yang bisa Ladies konsumsi adalah semangka, stroberi, atau tomat. Dengan menjaga asupan buah ketika puasa akan membuat kulit tetap cantik. Selain konsumsi buah, usahakan juga untuk minum susu ketika sahur dan waktu berbuka puasa.

  1. Tidur yang Cukup

Ketika berpuasa usahakan jangan begadang. Namun, cobalah untuk mengatur jadwal tidur yang teratur. Misalnya tidur lebih awal dari biasanya, mengingat Ladies harus bangun lebih awal untuk menyiapkan makan sahur. Tentu alangkah baiknya jika kita tidur setelah salat tarawih saat Ramadan. Usahakan Ladies tidur minimal 6 jam.

  1. Olahraga Ringan

Saat berpuasa, Ladies dapat tetap berolahraga untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar. Pilihlah olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang, misalnya berjalan, joging, dan bersepeda. Ladies dapat berolahraga 30-60 menit menjelang berbuka puasa atau sesuai dengan kemampuan tubuh kita. Jangan sampai setelah olahraga justru Ladies merasa pusing, lemas atau bahkan pingsan.

  1. Gunakan Pelembab Wajah dan Bibir

Bibir kering dan pecah-pecah serta kulit wajah kering merupakan masalah utama yang sering terjadi saat berpuasa. Hal ini disebabkan karena adanya pengurangan cairan yang dibutuhkan tubuh. Untuk mengatasi hal ini, selain minum secukupnya pada saat sahur dan berbuka puasa. Jangan lupa memakai pelembab wajah, pelembab bibir dan body lotion agar kulit tetap terjaga kelembabannya dan pastinya tidak kering. Setelah wudu ataupun mandi, gunakan kembali pelembab agar kulit tetap terjaga.

  1. Gunakan Sunscreen

Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen ketika beraktivitas di dalam dan di luar ruangan. Paparan sinar matahari dapat berdampak buruk pada wajah, seperti memerah dan flek hitam. Untuk itu, gunakan sunscreen atau tabir surya dengan kandungan SPF dan PA agar kulit terlindung dari paparan sinar matahari langsung.

Demikian tips agar tetap cantik dan segar saat berpuasa. Selamat menjalankan ibadah puasa, Ladies!

Marzy Krisbiyanto

(Ed. Haeriah Syamsuddin)

About Sumarsi

Sumarsi
Seorang guru sekolah dasar di Banjarnegara. Pada tahun 2018 mulai menulis buku pendidikan dan antologi cerpen.

Check Also

Inilah 5 Faktor Anak Merasa Sulit Mendampingi Orang Tua [Sabine van Erp from Pixabay]

Inilah 5 Faktor Anak Merasa Sulit Mendampingi Orang Tua

Hai, Smart Ladies! Ada pepatah yang mengatakan bahwa kasih ibu sepanjang masa, kasih anak sepanjang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *