Aneka Resep

Tips agar Brownies Panggang Berkerak dan Mengkilat pada Permukaan

Hai, Smart Ladies!

Brownies adalah kue cokelat yang menjadi favorit banyak orang. Resep pembuatannya banyak kita temukan  di media online. Namun, dari sekian banyak resep yang tersedia, jarang yang menjelaskan bagaimana bisa menghasilkan brownies panggang yang nampak cantik mengkilat di permukaan kuenya.  Nah, berikut tips yang bisa Ladies coba agar brownies panggang Ladies hasilnya mengkilat atau shiny.

1. Pilih Resep yang Tersedia di Internet

Pilih salah satu resep pembuatan brownies yang tersedia di internet atau di media sosial ataupun di buku resep. Kebanyakan resep yang tersedia bisa dipraktikkan dan hasilnya baik. Jadi, jangan ragu untuk memilih salah satu dari resep yang tersedia.

2. Gunakan Cokelat Masak yang Berkualitas

Ladies bisa memilih jenis dark compound chocolate. Biasanya, kategori jenis ini tercantum pada kemasannya. Jangan gunakan cokelat yang sudah dicampur dengan kacang/almond atau bahan lainnya.

3. Lelehkan Cokelat dengan Cara Mengetim

Jangan melelehkan cokelat dengan memasak di atas api langsung ya Ladies, karena sifat cokelat mudah gosong dan jika gosong akan hilang aroma cokelatnya

Tempatkan cokelat pada wadah stainless dan tim pada air mendidih. Hindarkan agar cokelat tidak terkena air sedikitpun. Setelah cokelat meleleh, masukkan minyak sayur sesuai takaran, dan terakhir margarin atau butter, lalu aduk rata.

4. Campurkan Lelehan Cokelat dalam Keadaan Hangat

Jangan campurkan lelehan cokelat ketika masih dalam keadaan panas karena akan membuat adonan layu dan berubah warna menjadi cokelat kusam (tidak tampak berminyak), tetapi campurkan lelehan cokelat hangat agar bisa tercampur baik dengan adonan dan terlihat kandungan minyaknya.

5. Gunakan Gula Pasir

Ladies, gunakanlah gula pasir bukan gula halus. Penggunaan gula pasir dimaksudkan agar terjadi kristalisasi pada proses pemasakan dan akan muncul pada permukaan sehingga bisa muncul shiny crust atau mengkilat. Bisa juga gula pasir diblender terlebih dahulu agar mudah larut dalam adonan.

6. Pastikan Gula Pasir Benar-benar Larut dalam Kocokan Telur

Justru permukaan brownies akan menjadi kusam jika gula tidak larut sempurna dalam adonan. Jadi, pastikan Ladies mengocoknya hingga benar-benar larut, ya.

7. Jangan Panggang Kue dengan Api yang Kurang atau Terlalu Panas

Panggang kue dengan panas api 170 hingga 190 derajat celcius, api atas bawah pada oven. Jangan terlalu panas ataupun kurang panas. Jika keduanya terjadi  akan menghambat proses kristalisasi gula hingga shiny crust tidak akan muncul.

8. Gunakan Alas Loyang ketika Memanggang

Jangan lupa gunakan alas loyang ketika memanggang, lebih-lebih jika bahan loyangnya tipis.

Nah, Smart Ladies, itulah tips agar brownies panggang Ladies nampak cantik. Selamat mencoba!

Tags
Show More

Kinorika Dewi

Ibu dari dua anak laki-laki dan Eyang Uti dari tiga cucu laki-laki

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close