[koleksi Dea Septianasari E]

Tiga Hal ini, Nih, yang Bikin Daster Cepat Sobek

Hai, Smart Ladies!

Patah hati enggak, sih, daster yang baru beberapa bulan dipakai sudah sobek di mana-mana? Sebagai baju kesayangan di rumah, daster memang tidak ada tandingannya. Ukurannya yang longgar dan terbuat dari kain yang adem membuat para emak betah berdasteran seharian. Ya mencuci baju, masak, cuci piring, beres-beres rumah, mengantar anak sekolah, ke pasar, sampai menemani pak suami baca koran juga berdaster.

Nah, sayangnya hal klasik yang sering terjadi pada daster kesayangan kita adalah sobek. Biasanya di bagian ketiak. Beberapa juga di bagian kantong, jahitan pinggir bagian bawah, bahkan di bagian yang tidak berjahit pun bisa sobek.

Sobeknya daster adalah keniscayaan yang pasti akan terjadi. Namun, beberapa faktor berikut memicu lebih cepat daster kesayangan kita sobek. Yuk, kita ulas satu per satu penyebabnya.

  1. Jenis Kain

Faktor pertama adalah jenis kain. Gramasi atau ketebalan kain menjadi salah penyebab daster mudah sobek. Katakanlah sama-sama berbahan rayon, maka yang lebih rapat gramasinya tidak akan mudah aus dan bagian jahitan juga akan bertahan lebih lama. Pun berlaku untuk daster dengan material bahan lainnya, seperti katun maupun kaos.

  1. Cara Mencuci

Kedua adalah cara mencuci. Perendaman yang terlalu lama dengan detergen, terutama yang mengandung klorin akan membuat kain cepat aus. Proses pencucian menggunakan mesin cuci juga membuat daster rawan sobek, terlebih jika berbahan tipis. Jadi sebaiknya dicuci menggunakan tangan. Ketika pun memakai mesin cuci, berhati-hati saat mengambilnya ya Ladies.

  1. Sering Basah

Faktor ketiga adalah daster yang sering basah. Pada dasarnya lebih daster sering digunakan untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Nah, aktifitas seperti ini kan biasanya sering membuat daster basah, dan polanya basah kering alias kering dengan sendirinya. Hal ini membuat kain daster menjadi cepat aus. Ditambah kebiasaan buruk sebagian dari kita yang suka menggunakan daster sebagai lap tangan. Kadang tanpa disadari misalnya setelah cuci piring kita mengusap tangan ke daster. Bagian yang sering kita gunakan untuk mengusap itulah biasanya yang cepat aus.

Ketiga faktor tersebut sebenarnya berasal dari kita sendiri, ya Ladies. Sobeknya daster adalah sesuatu yang akan terjadi, tidak perduli apakah ia berharga 30 ribuan atau 100 ribuan. Baik tidaknya kualitas daster setelah sampai ke tangan kita adalah kualitas kita merawat dan memperlakukannya. Love your daster, love yourself.

 

About Dea Septianasari Ekawati

Dea Septianasari Ekawati
A Wife, A Mother, A Learner, Batik Enthusiast, Bakoel Daster. Life is too short to waste on nothing

Check Also

Tips Mudah Membedakan Mutiara Asli dan Palsu

Halo Smart Ladies, pernah salah menilai kualitas perhiasan mutiara yang dibeli? Atau pernah tertipu membeli …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *