Makan Bersama Keluarga [pixabay.com]
Family Eating Meal Together In Kitchen

Ternyata, Makan Bersama Keluarga itu Penting, Lo!

Halo, Smart Ladies!

Apakah Ladies sudah membiasakan untuk makan bersama dengan keluarga di rumah?
Kebiasaan makan bersama ini sering dipandang sepele dan tidak jarang orang mengabaikannya. Seperti kita tahu, yang namanya kebiasaan baik, tidak mudah diterapkan bila tidak dilakukan pembiasaan sejak dini, lo. Yang terbaik,  jika dimulai sejak anak-anak masih kecil, saat masih berdua dengan pasangan, atau belum banyak aktivitas di luar rumah.

Namun semakin bertambah usia anak, biasanya kebiasaan ini akan sedikit berubah karena semakin banyaknya aktivitas anak di luar rumah. Tidak apa-apa bila kegiatan ini tidak bisa dilakukan tiga kali  dalam sehari karena kesibukan masing-masing anggota keluarga. Namun, setidaknya tetap melakukannya  minimal satu kali dalam sehari.

Ladies, makan bersama keluarga, ternyata sangat banyak manfaatnya. Berikut ini manfaat makan bersama di antaranya:

1. Merekatkan Hubungan Keluarga

Mengobrol dalam suasana santai dan informal pada saat makan bersama, dapat merekatkan hubungan kekeluargaan. Ladies bisa menunjukkan gambaran sebuah pernikahan yang bahagia sehingga baik untuk kesehatan jiwa anak-anak.

2. Makan Bersama Itu Menyehatkan

Dengan makan bersama, jam makan menjadi lebih teratur sehingga lebih menyehatkan. Selain, menu-menu yang disajikan kebanyakan menu hasil masakan rumah yang lebih sehat dan terjamin kebersihannya, keluarga juga merasa dicintai karena dapat menikmati masakan yang dimasak oleh ibu dengan sepenuh cinta.

3. Merupakan Waktu yang Paling Tepat untuk Belajar Keterampilan Sosial

Obrolan saat makan bersama adalah saat yang tepat untuk anak belajar mengekspresikan diri melalui kosakata yang sudah dikuasai. Dengan cara ini, anak merasa didengar dan dihargai pendapatnya.

Anak akan secara otomatis belajar sopan santun saat kita mengajarinya etiket makan yang baik. Seperti,  tidak berbicara saat mulut penuh, tidak tergesa-gesa saat berbicara, serta tidak sesuka hati memotong pembicaraan orang lain. Anak bisa mengerti bahwa berdebat itu diperbolehkan, tetapi tidak dibenarkan bila menggunakan kata-kata kasar dan hinaan.

Inilah beberapa manfaat yang bisa diperoleh saat makan bersama keluarga, di samping tentu masih banyak manfaat baik lainnya.

Bagi Ladies yang belum membiasakan hal ini di rumah, mungkin sudah apatis dan merasa agak sulit untuk mulai membiasakan hal ini saat anak-anak sudah beranjak besar. Namun, sulit bukan berarti tidak mungkin, bukan?

Masih lebih baik terlambat memulai, daripada tidak memulai sama sekali. Yuk, Ladies, mulai biasakan makan bersama keluarga sejak sekarang!

About Yekti Sulistyorini

Yekti Sulistyorini
Tulisanmu adalah karya yang akan terus ada meskipun engkau telah tiada. Maka teruslah menulis selagi masih ada di dunia.

Check Also

Marzy Krisbiyanto, Guru Inspiratif (Foto: Koleksi pribadi Marzy K)

Marzy Krisbiyanto, Guru yang Menambah Cuan Menjadi Editor

Hai, Smart Ladies! Punya guru idola saat sekolah? Bisa, lo, dijadikan kisah yang mengesankan. Terlebih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *