Joeragan artikel

Ternyata Inilah Akar Permasalahan Anak Malas Belajar, Orang Tua Wajib Tahu!

 

Anak malas belajar adalah tantangan tersendiri bagi para orang tua. Melihat anak enggan mengerjakan PR (Pekerjaan Rumah) membuat kita khawatir dengan aktivitasnya di sekolah.

Setiap anak, unik dan memiliki cara tersendiri dalam belajar. Mengenali gaya belajar anak bisa membantunya mengerti pelajaran dengan baik. Orang tua harus peka dalam melihat gaya belajar yang sesuai untuk anak.

Gaya belajar anak secara garis besar terbagi menjadi 4 jenis, yaitu visual, auditori, membaca dan menulis, serta kinestetik. Keempat cara belajar ini berbeda satu sama lain dan membentuk ciri khas pada anak.

1. Gaya Visual

Anak dengan gaya belajar visual akan lebih mudah mengerti pelajaran dengan menggunakan gambar ilustrasi dan diagram. Orang tua bisa menyediakan media belajar berupa gambar atau video.

2. Gaya Auditori

Anak yang belajar dengan auditori lebih mudah menangkap informasi melalui suara. Oleh karenanya, anak dengan belajar auditori dapat dengan cepat mengingat pelajaran dari guru yang sedang berbicara.

 

3. Gaya Kinestetik

Gaya belajar dengan melibatkan gaya gerak. Hal yang berkaitan, seperti olahraga, menari, memainkan musik. Gaya belajar ini efektif untuk anak yang mempunyai gerak dan gambaran imajinasi berdasarkan gerakan.

 

4. Gaya Analitik

Anak dalam belajar analitik mempunyai kemampuan dalam memandang sesuatu cenderung di telaah terlebih dahulu secara terperinci, spesifik, dan teratur.
Ciri-ciri gaya belajar seperti ini, fokus ke salah satu tugas, tidak akan berpindah ke tugas yang lain, jika tugasnya belum selesai.

Ladies, dari paparan di atas, sebagai orang tua harus lebih selektif dalam memilih metode yang cocok untuk anak, Agar si anak tidak kehilangan arah dalam menentukan pilihan dalam proses belajar.

Salam sukses orang tua dan Anak

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Hubungi Kami