Terapkan 7 Kiat ini agar Anak Gemar Membaca

Halo, Smart Ladies!

Membaca merupakan jendela pengetahuan. Makin banyak buku yang kita baca, akan makin banyak pula pengetahuan yang didapat. Untuk itu, menumbuhkan minat baca pada anak sedari dini akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi kehidupannya di masa mendatang.

Membaca akan membantu membuka cakrawala berpikir anak, merangsang daya imajinasi, dan kreativitasnya, membangun kepribadian dirinya serta mengembangkan kemampuan berpikirnya secara sehat. Selain itu, membaca juga bisa menjadi sarana hiburan dan relaksasi pikiran.

Yuk, simak 7 kiat yang bisa Ladies terapkan agar anak gemar membaca!

1. Memberikan Keteladanan dalam Membaca

Apabila dalam sebuah keluarga ada perpustakaan mini yang sederhana, lalu setiap anggota keluarga, terutama orang tua, terbiasa membaca, secara tidak langsung akan memberikan nilai keteladanan kepada anak. Anak akan meniru dan mengikuti kebiasaan yang orang-orang lakukan di sekitarnya, termasuk ketika mereka berinteraksi dengan buku-buku.

2. Menyediakan Buku-Buku yang Anak-Anak Sukai  

Ladies bisa menyediakan buku-buku yang mengandung nilai-nilai pendidikan dan sesuai dengan tingkat kematangan akal anak. Ladies juga bisa memilih buku-buku dengan tampilan yang menarik, warna-warna, dan gambar-gambar yang menarik serta huruf-huruf yang jelas untuk dibaca.

3. Memotivasi Anak untuk Membuat Perpustakaan Sendiri

Ladies bisa mengajak anak pergi ke toko buku atau pameran buku, lalu biarkan anak memilih buku-buku atau majalah-majalah yang disukainya. Ladies tidak perlu memaksa anak untuk membeli buku atau majalah tertentu, tetapi Ladies bisa membantu memberikan arahan atau usulan kepada anak.

4. Membiasakan Membaca secara Bertahap

Ladies bisa memberikan bimbingan membaca kepada anak secara bertahap. Sebagai permulaan misalnya, memberikan buku yang bergambar saja. Selanjutnya, buku bergambar dengan satu kosakata, selanjutnya lagi buku bergambar dengan dua kosakata, selanjutnya lagi buku bergambar dengan satu baris tulisan, begitu seterusnya.

5. Menjaga Kebutuhan Anak dalam Membaca

Agar minat baca anak makin tumbuh dan berkembang, penting untuk menjaga kebutuhan atau keinginannya dalam membaca. Misalnya, anak yang suka membaca cerita-cerita dunia dan seluk beluk binatang, lama-lama akan menyukai kisah-kisah petualangan dan kepahlawanan. Ladies tidak perlu memaksa anak untuk membaca cerita atau topik yang memang tidak disukainya.

6. Menyediakan Tempat yang Kondusif untuk Membaca

Ladies bisa menyiapkan sudut ruang khusus untuk membaca dengan suasana yang nyaman dengan tetap memperhatikan pencahayaan dan sirkulasi udara.
Suasana yang sejuk akan menjadikan anak betah dan merasa relaks di ruang baca. Ladies juga bisa menambahkan hiasan dinding untuk mempercantik ruangan atau menyediakan kursi goyang khusus untuk membaca.

7. Luangkan Waktu untuk Membacakan Buku kepada Anak

Meski anak sudah bisa membaca, ternyata membacakan buku dengan topik atau cerita tertentu juga sangat efektif menumbuhkan kecintaan membaca pada diri anak.
Ladies bisa membacakan cerita tersebut dengan penuh apresiasif. Lalu, ajaklah anak berdialog dan berdiskusi tentang isi buku itu dengan memberikan beberapa pertanyaan. Ladies juga bisa meminta kepada anak untuk mendramakan atau memerankan kepribadian pahlawan dan tokoh dalam cerita tersebut.

Selamat mencoba, ya, Ladies. Semoga bermanfaat.

About Nila Noer Fajariyah

Nila Noer Fajariyah

Check Also

Garden School, Belajar Menyenangkan dan Menyehatkan di Era Pandemi

Hi, Smart Ladies! Banyak hal di kehidupan berubah semenjak virus korona datang dalam waktu setahun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *