Suka Menonton Film Seri? Awas, Ladies Bisa Terkena Efek Buruk “Binge Watching”

Suka Menonton Film Seri? Awas, Ladies Bisa Terkena Efek Buruk “Binge Watching”

 

Hai, Smart Ladies!

Apakah Ladies temasuk orang yang hobi menonton serial televisi seperti drama Korea (drakor) atau sinetron dengan puluhan episode? Berapa lama waktu yang biasa dihabiskan untuk menonton film seri tersebut? Jika sering lupa diri menonton serial drama dari awal hingga akhir tanpa jeda, bisa jadi Ladies mengalami binge watching.

Di zaman yang semakin canggih ini, Ladies tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menantikan episode lanjutan dari film seri tersebut. Layanan streaming memungkinkan kita menyaksikan episode awal hingga akhir sekaligus sehingga tak sedikit orang yang kecanduan menonton.

Apakah Itu Binge Watching?

Saat menikmati serial drama yang kita suka, tulisan ‘”bersambung” di akhir episode menjadi hal yang sangat tidak menyenangkan. Namun, saat ini, cukup dengan berlangganan layanan streaming, Ladies dapat menonton ribuan drama seri kapan saja tanpa iklan dan batasan jumlah episode yang akan ditonton.
Layanan streaming ini membuat banyak orang tak sadar telah menghabiskan waktu berjam-jam demi sebuah tontonan.

Ketika menonton serial televisi yang kita sukai, otak akan melepaskan hormon dopamin. Hormon ini akan membuat perasaan menjadi nyaman dan bahagia yang berujung pada rasa puas.

Semakin sering menonton, kadar dopamin dalam tubuh akan semakin tinggi. Akibatnya, kita bisa kalap menonton sebuah film hingga beberapa seri layaknya orang yang ketagihan. Bila diabaikan, hal ini bisa menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan.

Oleh karena itu, Ladies sebaiknya mulai mengurangi kebiasaan ini. Berikut adalah beberapa efek negatif yang ditumbulkan oleh binge watching.

1. Kehidupan Sosial Terganggu

Orang yang sudah ketagihan menonton film seri secara maraton otomatis jarang berinteraksi dengan orang lain. Binge watching akan memengaruhi hubungan sosial dan membuat kita tidak peduli pada orang-orang di sekitar.

2. Berisiko Mengalami Obesitas

Menonton serial akan semakin seru jika ditemani camilan, seperti keripik kentang atau popcorn. Mengonsumsi makanan tinggi kalori sambil duduk berjam-jam tanpa mengeluarkan energi membuat lemak di tubuh semakin menumpuk. Inilah yang menyebabkan berat badan naik dan memicu obesitas.

3. Memicu Munculnya Penyakit Diabetes dan Jantung

Menonton televisi berjam-jam dapat meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung. Pola hidup minim gerak membuat proses pembakaran kalori dan karbohidrat dalam tubuh terhambat sehingga kadar gula dalam darah meningkat. Di samping itu, kolesterol yang menumpuk juga dapat memicu timbulnya penyakit jantung.

4. Kematian Dini

Pada orang dewasa, menghabiskan waktu lebih dari tiga jam per hari untuk menonton akan meningkatkan risiko terjadinya kematian dini. Pendapat ini didasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan terhadap 13 ribu partisipan dan hasilnya sudah dipublikasikan dalam Jurnal Asosiasi Jantung Amerika.

Tips bagi Penggemar Film Seri

Agar Ladies terhindar dari dampak negatif binge watching, simaklah beberapa tips berikut ini.
1. Batasi jumlah episode yang akan ditonton.
2. Seimbangkan kegiatan menonton dengan aktivitas lainnya, seperti berolahraga atau membaca.
3. Nyalakan lampu ketika menonton agar kesehatan mata juga terjaga.
4. Batasi durasi waktu menonton dan lakukan secara disiplin.
5. Pilihlah camilan sehat, misalnya buah-buahan.
6. Menonton film bersama keluarga agar interaksi dengan orang lain dapat terjaga.
7. Jika hanya dilakukan sesekali dengan durasi tertentu, menonton film seri memang tidak masalah. Namun, jika sering dilakukan dan terus-menerus, aktivitas ini sangat merugikan kesehatan fisik dan mental.

Setelah mengetahui efek buruk binge watching, semoga Ladies bisa lebih waspada dan membatasi diri. Jangan sampai hobi menonton yang menyenangkan ini merusak kesehatan di kemudian hari.

Dewi Jennafiya
contributor

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

65 + = 73