Pembelajaran Jarak Jauh [Kelas Pintar]

Stres Mendampingi PJJ Anak? Inilah 6 Tipsnya Bagi Ibu Pekerja

Hai, Smart Ladies!

Kita semua tahu bahwa dunia sedang dilanda dengan pandemi Covid-19. Sementara di Indonesia pandemi ini telah berlangsung sejak bulan Maret 2020, hampir satu tahun. Kita tidak tahu, entah sampai kapan ini semua akan berakhir.

Pandemi yang terjadi pun meluluhlantakkan semua sendi kehidupan, bahkan menjadikan semua lini kehidupan berubah ritmenya. Dalam bidang pendidikan, PJJ, daring dan BDR, ataupun SFH telah menjadi pembahasan harian kita, dan ini pula telah terjadi sejak bulan Maret tahun lalu, praktis selama satu setengah semester lalu anak-anak kita belajar dari rumah. Pun semester ini PJJ juga akan tetap berlangsung.

Ya, banyak tantangan. Tak sering semua menjadi bosan, apalagi bila Ladies adalah seorang ibu pekerja. Acapkali sisa-sisa tenaga lepas bekerja meninggalkan kelelahan. Yang terjadi adalah pendampingan PJJ bagi anak-anak SD ini hanya membuat emosi Ladies bertambah meluap saja.

Supaya pendampingan PJJ dapat berjalan lancar dengan emosi tetap stabil dan terkendali. Berikut ini 6 tips yang dapat Ladies coba:

  1. Tugas PJJ Anak Supaya Tidak Dibawa ke Tempat Kerja

Tidak membawa tugas anak ke tempat kerja untuk menghindari stres bagi Ladies. Abaikan untuk sementara kewajiban PJJ ketika Ladies berada di tempat kerja. Supaya kerja menjadi lebih asyik, sesuai target, Ladies lupakan sementara tugas-tugas sekolah anak, dan tinggalkan ia di rumah.

  1. Atur Mode ‘Mute’ Untuk Grup Sekolah Anak

Mengapa ini penting? Agar Ladies dapat bekerja dengan nyaman tidak terganggu dengan nada dering yang masuk secara masif di gawai Ladies. Nada dering yang sering masuk di grup PJJ sekolah anak acap kali menjadikan Ladies merasakan stres tingkat tinggi.

  1. Minta Bantuan Anak yang Lebih Besar

Bila Ladies memiliki anak yang lebih besar, ia dapat kita berdayakan untuk membantu menggantikan peran Ladies dalam mendampingi PJJ adiknya. Ajari anak yang lebih besar untuk bertanggung jawab terhadap adiknya. Pasti ini akan membantu Ladies hingga semua tugas-tugas di rumah berjalan dengan baik.

  1. Jalin Komunikasi dengan Wali Kelas

Komunikasi dengan wali kelas menjadi salah satu tips penting. Atur komunikasi dengan baik antara Ladies dengan wali kelas anak. Bila ada tugas yang belum dapat dikumpulkan tepat waktu, mohon kepada wali kelas memakluminya. Infokan bahwa Ladies juga memiliki kewajiban di tempat kerja sehingga sedikit banyak mengganggu pendampingan PJJ anak di rumah. Pastinya, wali kelas akan memahami ini dan membantu Ladies mengatasi masalah-masalah dalam pendampingan PJJ.

  1. Jalin Komunikasi dengan Wali Murid Lain

Tak ada salahnya Ladies menghubungi walimurid dari teman ananda. Bertanya hal-hal yang tidak diketahui, atau hal-hal yang terlewat bukan sesuatu yang aib. Jangan merasa ‘jaim’ untuk urusan satu ini. Kondisi pandemi mengajarkan semuanya menjadi orang yang lebih sabar.

  1. Merasa Puas dengan Capaian Ananda

Tentu PJJ yang berjalan banyak tantangannya. Selain ia adalah salah satu langkah terpaksa, mau tidak mau, semua harus melakukannya. Baik ananda ataupun Ladies, juga semua guru di sekolah tidak suka kondisi ini. Inginnya semua berjalan normal, ananda pergi belajar ke sekolah bertemu dengan guru, menyelesaikan tugas dengan baik. Namun, kondisi ideal seperti ini tidak dapat berjalan dalam di tengah wabah ini sehingga apa pun capaian ananda, perlu Ladies apresiasi. Tak perlu kecewa bila ternyata nilai ananda belum sampai tahap sempurna. Syukuri apa yang ada, niscaya energi positif dapat merasuki jiwa.

Nah, semoga 6 tips di atas dapat membantu Ladies dalam pendampingan ananda selama masa PJJ berlangsung. Tidak lupa, mari berdoa bersama semoga Tuhan segera mengangkat pandemi ini dari bumi tercinta.

 

About Lathifah Munawaroh

Lathifah Munawaroh

Check Also

Inilah 5 Manfaat Mengoleksi Lagu Anak-Anak

Hai, Smart Ladies!   Apa yang Ladies bayangkan ketika bicara tentang lagu anak-anak? Aha! Pasti …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *