Si Kecil Tidak Tertarik Mewarnai? Ini Tips Menghadapinya!

Hai, Smart Ladies!
Rasa senang, ya, melihat si kecil pintar menggambar dan mewarnai berbagai bentuk. Sayangnya, tidak semua anak suka melakukannya. Untuk sebagian anak, pensil warna dan buku mewarnai bukanlah hal yang menarik. Biasanya, benda tersebut hanya akan dipegang selama beberapa menit saja, kemudian ditinggal dan pindah ke permainan lain. Apakah itu berarti minat dan bakat si kecil bukan pada mewarnai? Ternyata, belum bisa langsung disimpulkan seperti itu karena masa kanak-kanak adalah masa untuk mencoba segala sesuatu yang menarik hati. Semua hal baru akan selalu menggugah rasa penasarannya. Nah, jika Ladies ingin si kecil tertarik pada aktivitas mewarnai, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Tetap Tawarkan Aktivitas Menggambar atau Mewarnai

Meskipun si kecil tidak tertarik, bahkan menolak, jangan bosan untuk tetap mengajaknya menggambar atau mewarnai bersama, ya, Ladies. Boleh jadi saat ini si kecil memang lebih berminat pada mainan lain. Namun, tidak menutup kemungkinan lama-kelamaan, ketertarikannya pada mewarnai akan muncul. Terlebih lagi jika si kecil sering melihat teman-teman atau orang-orang di dekatnya melakukan aktivitas tersebut.

2. Selipkan Kegiatan Mewarnai ke Dalam Aktivitas Bermain

Trik ini bisa dilakukan dengan memadukan beberapa aktivitas bermain, misalnya ketika bermain perahu kertas, terlebih dahulu ajak anak mewarnai perahu dengan warna favoritnya. Contoh lainnya adalah membuat boneka kertas. Ladies bisa meminta si kecil menggambar mata, hidung dan mulut, atau mewarnai bajunya.
Namun, Ladies sebaiknya memilihkan objek gambar yang mudah sehingga dapat diselesaikan dalam waktu singkat. Hal ini, bertujuan agar anak tidak cepat merasa bosan. Proses ini yang disebut dengan pembiasaan.

3. Tidak Memaksakan Kehendak

Terkadang, rasanya memang lebih menyenangkan melihat anak-anak duduk manis menggambar atau mewarnai, apalagi ketika sedang berada di luar rumah, misalnya sambil menunggu pesanan di tempat makan. Kita jadi bisa ikut duduk tenang. Namun, tidak semua anak nyaman melakukan hal itu. Kita pun tidak bisa memaksa si kecil melakukannya hanya agar ia duduk diam di kursinya dan tidak berjalan-jalan ke luar. Akhirnya, si kecil akan merasa jenuh sehingga menjadi rewel.

Ladies, setiap anak dilahirkan dengan sifat, karakter, bakat, dan keunikan masing-masing. Memperkenalkan berbagai aktivitas sejak dini sangat baik untuk memperkaya pengalaman. Tentu saja, hal tersebut harus dilakukannya tanpa pemaksaan yang justru akan membuat anak merasa terbebani melakukannya. Ladies dapat terus menyodorkan pensil, buku gambar, krayon atau pun pensil warna kepada anak. Lama kelamaan, anak akan tertarik. Meski tidak berbakat, setiap orang pada dasarnya bisa menggambar, minimal bentuk yang sederhana.

Related posts

Leave a Comment