Parenting

Si Kecil Susah Makan? Pakai 4 Jurus Ampuh Ini untuk Tingkatkan Nafsu Makannya

Hai, Smart Ladies!

Setiap ibu pasti bahagia ketika melihat buah hatinya makan lahap dan tidak pilih-pilih. Sayangnya, tak semua anak demikian. Bagi sebagian anak, makan adalah momok. Menghadapi anak yang susah makan memang bisa membuat kita hilang kesabaran dan frustasi, ya. Ladies pasti bingung memikirkan perkembangan anak dan khawatir buah hati kelaparan atau tidak mendapat asupan gizi yang cukup.

Nah, Ladies, ada berbagai penyebab anak susah makan. Salah satunya karena masalah pola pemberian makanan yang kurang tepat. Berikut adalah beberapa tips sederhana yang ampuh untuk menghadapi anak susah makan tanpa membuat kita naik darah.

 

1. Jangan Paksa Anak

Jangan sekali pun kita memaksa anak untuk makan, apalagi sampai marah-marah. Karena hal itu bisa membuat selera makan anak semakin hilang. Rayu si kecil dengan lembut dan beri tawaran padanya mau makan di mana. Sebagai contoh, makan sambil melihat kartun favoritnya atau di teras agar bisa melihat tanaman di taman. Langkah tersebut lebih tepat dilakukan. Pemaksaan hanya akan membuat anak merasa trauma dan takut.

2. Atur Menu Makanannya

Cobalah Ladies memasak makanan kesukaan si kecil dan variasikan. Buat jadwal menu untuk anak dalam seminggu. Dengan begitu, nafsu makan si kecil pun akan meningkat. Berikan juga nama yang unik untuk setiap masakan agar si kecil penasaran dan semangat melahapnya. Pastikan Ladies memilih bahan-bahan yang aman dan segar, ya.

3. Beri Kesempatan Anak untuk Memilih

Tidak ada salahnya memberi kesempatan kepada anak untuk memilih makanan kesukaannya. Anggap saja itu reward karena si kecil sudah bersedia makan menu sehat yang kita buatkan.

4. Upayakan Makan Bersama

Momen makan bersama bisa menciptakan suasana yang hangat. Hal ini akan membuat nafsu makan si kecil meningkat dan anak jauh lebih gembira karena berkumpul dan makan bersama orang tuanya.

Nah, Smart Ladies, itulah beberapa jurus sederhana yang ampuh untuk menghadapi anak susah makan. Semoga, selera makan si kecil meningkat dan tidak ada lagi drama sulit makan, ya. Selamat mencoba!

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close