Parenting

Si Kecil Rewel? Ini Cara Mengatasinya

Halo, Smart Ladies!

Hampir semua ibu pernah mengalami masalah dengan bayi yang rewel. Si kecil yang semula terlihat lucu dan menggemaskan bisa tiba-tiba berubah menjadi makhluk yang membingungkan dan menguras kesabaran. Jika berlangsung lama, perilaku rewel ini bisa berefek negatif bagi ibu dan si kecil.

Sejak lahir, bayi sudah memiliki perasaan dan pikiran. Dengan kedua potensi ini, dia mulai belajar mengenali lingkungan baru di luar rahim yang mungkin membuatnya tidak nyaman. Oleh karena tak mampu mengungkapkan perasaannya, dia hanya menangis dan bersikap manja.

Beberapa hal berikut ini bisa Ladies lakukan saat bayi rewel agar tidak berdampak buruk.

1. Kenali Penyebabnya

Ladies harus mengenali karakter dan kebiasaan bayi sejak lahir, seperti saat ia lapar, ingin digendong, atau ingin tidur. Mengenali perasaan dan keinginan si buah hati menjadi kemampuan penting yang tak bisa dilalaikan oleh sosok ibu.

Dalam proses pengasuhan, ada banyak hal yang menyebabkan si kecil merasa tidak nyaman. Oleh karena keterbatasan bayi mengungkapkan keinginannya, Ladies harus mengenali kebiasaan dan memahami apa yang diinginkannya. Dengan cara ini, kita bisa mengetahui penyebab kerewelan si kecil.

2. Tenangkan Hati dan Pikiran

Ladies, bayi bisa merasakan apa yang dipikirkan dan dirasakan ibunya. Ketika kita sedang memikirkan banyak hal atau memiliki perasaan negatif, si kecil juga bisa merasakannya.

Frekuensi negatif dapat mudah diterima oleh makhluk yang masih suci seperti bayi. Untuk itu, penting bagi Ladies menjaga hati dan pikiran tetap tenang ketika bersama buah hati. Dengan hati dan pikiran yang tenang, kita akan lebih mudah menenangkan si kecil yang sedang rewel.

3. Pancarkan Aura Pemberi Ketenangan

Saat si kecil rewel, biasanya suasana hatinya sedang tidak menentu. Pertumbuhan gigi atau perkembangan kognitif dan psikomotorik bisa memicu rasa tidak nyaman pada bayi. Hal ini disebabkan terjadi hal baru dalam diri, tetapi dia belum tahu cara mengendalikannya. Saat memasuki lingkungan baru, si kecil sangat mungkin merasa takut kepada orang-orang baru yang belum dikenalinya. Rasa takut inilah yang menyebabkan dia menjadi rewel.

Dalam kondisi hati yang tak menentu, bayi membutuhkan ketenangan sebagai penawar. Untuk itu, yakinkan bahwa diri kita bisa memberikan ketenangan baginya. Aura ketenangan dapat terpancar dari sikap dan ucapan. Cobalah untuk memeluk, mengelus, berkata lembut, dan mengatakan bahwa Ladies ada bersamanya. Meskipun si kecil belum memahami perkataan ibunya, aura ketenangan yang dipancarkan mudah ditangkap olehnya. Aura inilah yang membuatnya merasa nyaman dan menghentikan kerewelannya.

Ladies, setiap bayi lahir dengan karakter dan kemampuan berbeda-beda. Jangan lelah untuk selalu memantau tumbuh kembangnya, ya. Semoga artikel ini bermanfaat!

0 Reviews

Write a Review

Tags
Show More

Irma Cantika

Ibu muda yang sedang belajar menjadikan rumah (keluarga) sebagai surga.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close