Joeragan artikel

Sebelum Terlambat, Sempatkan Baca 7 Bahaya Bermain Ponsel Sebelum Tidur!

Hai, Ladies!


Bermain ponsel sebelum tidur merupakan kebiasaan yang sangat sulit dihilangkan bagi sebagian orang. Padahal, jika dilakukan terus-menerus, kebiasaan ini akan berefek buruk bagi kesehatan. Bagi Ladies yang sering melakukannya, sempatkan untuk membaca tujuh bahaya bermain ponsel sebelum tidur berikut ini! 


1. Otak menjadi Lelah


Bermain ponsel sebelum tidur sering membuat kita lupa waktu hingga melewati jam tidur. Akibatnya, waktu tidur akan berkurang. Hal ini akan mengakibatkan otak masih lelah saat melakukan aktivitas pada keesokan harinya. Aktivitas akan terganggu karena konsentrasi juga berkurang.


2. Mengganggu Kesehatan Mata 


Kebiasaan bermain ponsel sambil tiduran tentu tidak baik bagi kesehatan mata. Kebiasaan ini diduga dapat mendatangkan risiko terkena katarak. Di samping itu, mata akan mengalami kekeringan karena kekurangan cairan akibat produksi air mata yang sedikit.


3. Mengalami Kegemukan


Sebagian orang sering begadang karena terlalu asyik bermain ponsel. Mereka biasanya membarengi aktivitas tersebut dengan makan camilan agar tetap terjaga dan tidak mengantuk. Jika tidak terkontrol, kebiasaan ngemil ini bisa menyebabkan kegemukan.


4. Mengganggu Metabolisme Tubuh 


Proses metabolisme tubuh bekerja secara aktif ketika tidur. Jika kita terpapar radiasi ponsel dan kekurangan waktu tidur, proses metabolisme tubuh terhambat. Akibatnya, proses percernaan makanan atau dekoksifikasi racun dalam tubuh juga ikut terganggu.


5. Mempercepat Datangnya Alzheimer


Alzheimer adalah kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku akibat gangguan dalam yang terjadi perlahan-lahan. Alzheimer tidak menular dan biasanya menyerang seseorang yang lanjut usia. Namun, siapa pun yang terbiasa tidur di dekat ponsel perlu berhati-hati. Radiasi yang terpancar ponsel bisa mempercepat proses datangnya alzheimer.


6. Mengalami Stres


Terlalu sering bermain ponsel sambil tiduran dapat menciptakan rasa atau gangguan post-traumatic yaitu merasa tegang dan terus berjaga-jaga, meskipun ponsel jauh dari badan. Perasaan tegang ini terjadi karena waspada akan adanya panggilan yang masuk melalui ponsel.
Bila kondisi ini berlanjut, otomatis tubuh menjadi tidak rileks dan tidur pun menjadi tidak nyenyak dan lama-kelamaan pikiran akan stres.


7. Terpapar Radiasi Ponsel


Radiasi gelombang radio yang ada di ponsel dapat menyebar ke segala arah. Radiasi ini akan berdampak pada kesuburan pria, kesehatan janin, dan kerusakan tubuh pada anak.
Anak-anak adalah yang paling rentan terkena radiasi ponsel. Tengkorak mereka lebih tipis sehingga jaringan otak lebih mudah menyerap radiasi. Mulai sekarang, hindarkan anak-anak bermain ponsel dan jauhkan ponsel saat mereka tidur.

Ladies, beberapa bahaya di atas cukup menjadi alasan untuk tidak bermain ponsel saat waktu tidur tiba. Selagi masih ada waktu, kita bisa mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan ini, kok. Jika masih berat, lakukan perlahan-lahan. Jangan sampai menyesal, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Hubungi Kami