Sam Poo Kong, Salah Satu Objek Wisata Budaya Eksotis di Semarang

Sam Poo Kong, Salah Satu Objek Wisata Budaya Eksotis di Semarang

Halo, Smart Ladies.

 

Apakah Ladies suka traveling? Hampir semua orang menyukai traveling alias jalan-jalan.

Jalan-jalan ke Semarang, terasa belum lengkap apabila tempat-tempat wisatanya yang indah, belum kita kunjungi. Salah satu tempat yang cukup eksotis adalah Kelenteng Sam Poo Kong. Kalau Ladies mau mengunjungi lokasi ini, ada 7 hal tentang Sam Poo Kong yang perlu diketahui.

 

1. Lokasi Sam Poo Kong


Sam Poo Kong terletak di Jl. Simongan No. 129, Bongsari, Semarang. Kawasan ini berjarak sekitar 3,7 kilometer dari Simpang Lima dan 2,8 kilometer dari Tugu Muda.

Kalau sedang tidak naik kendaraan pribadi, kita bisa memakai jasa ojek online untuk memudahkan perjalanan menuju Kelenteng Sam Poo Kong.

 

2. Jam Operasional dan Harga Tiket


Kelenteng ini dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 21.00. Di akhir pekan, tiket seharga Rp10.000,00 untuk dewasa dan Rp8.000,00 untuk anak-anak, kita bisa memasuki kawasan wisata ini.

Ladies dapat mengeksplor lebih jauh ke dalam kuil di area sembahyang dengan membayar tiket seharga Rp28.000,00 per orang untuk dewasa dan Rp15.000,00 untuk anak-anak. Selain akhir pekan, harga tiket masuk biasanya lebih murah.

 

3. Sejarah Singkat Sam Poo Kong


Kelenteng Sam Poo Kong atau Gedung Batu adalah sebuah Kuil Tionghoa. Konon, tempat ini menjadi persinggahan Laksamana Cheng Ho, seorang penjelajah Tiongkok yang beragama Islam.

Laksamana Cheng Ho juga diyakini sebagai panglima perang utusan Tiongkok keturunan Persia yang ikut menyebarkan ajaran-ajaran Islam di Semarang.

Bangunan utama dari kelenteng ini adalah sebuah gua batu yang dipercaya sebagai tempat awal mendarat dan markas Laksamana Cheng Ho serta anak buahnya saat pertama kali berkunjung ke Pulau Jawa. Di dalamnya terdapat patung Sam Poo Tay Djien atau Laksamana Cheng Ho.

Di lokasi ini juga, bisa dijumpai altar dan makam orang-orang kepercayaan Laksamana Cheng Ho saat di Jawa dan sering dikunjungi peziarah.

 

4. Spot Foto yang Keren


Selain menyaksikan bangunan-bangunan indah berpilar besar dan bernuansa Tionghoa, kita bisa menikmati asyiknya berfoto dengan latar belakang patung-patung serta kemegahan kelenteng.

 

5. Perayaan dan Pertunjukan di Sam Poo Kong


Pada saat perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh, kita bisa menyaksikan pertunjukan Barongsai dan naga Liong dengan atraksi-atraksi yang seru. Atraksi Barongsai ini juga ditampilkan setiap akhir pekan di Kelenteng Sam Poo Kong, bergantian dengan pertunjukan musik secara langsung sebagai hiburan masyarakat.

 

6. Sewa Kostum Tionghoa


Di lokasi kelenteng, kita bisa menyewa kostum Tionghoa dengan harga sekitar Rp100.000,00. Ladies juga bisa menggunakan jasa fotografer untuk mengabadikan momen istimewa saat mengenakan kostum unik ini.

 

7. Kios Suvenir dan Tempat Makan


Ada beberapa kios di area kelenteng menyediakan berbagai suvenir yang identik dengan budaya Tionghoa dan kita bisa berbelanja di sana. Di bagian depan pintu masuk kelenteng, ada beberapa tempat makan sederhana yang bisa dikunjungi untuk mencicipi sajian khas Semarang.

 

Jadi Ladies, tunggu apa lagi? Ayo, berkunjung ke Kelenteng Sam Poo Kong.

Ayu Ningtyas
contributor

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

29 − 23 =