Resensi Buku : “Career Succes Without a Real Job”

Pedoman bagi Orang yang Terlalu Cerdas

untuk Menjadi Karyawan Biasa

 

Judul                      :    Career Succes Without a Real Job

Penulis                   :    Ernie J. Zelinski

Jenis                       :    Nonfiksi

Tebal buku             :    331 halaman

Penerbit                  :    PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia – Jakarta

Tahun terbit           :    2011

ISBN                        :    978-602-00-1553-8

Harga Buku            :    Rp. 85.000,00

 

Hai, Smart Ladies!

Pada saat ini, kita semua dituntut untuk kreatif dalam segala hal. Berbagai macam aktivitas dan pekerjaan kita lakukan untuk bertahan di dalam situasi yang sulit ini.

Penulis mengajak Smart Ladies untuk membaca buku motivasi berisi pengalaman bagaimana menjadi seorang yang sukses dan memiliki penghasilan dengan pekerjaan yang tidak terikat dalam korporasi.

Resensi

Dalam buku ini, Ernie J. Zelinski menyampaikan bahwa ada pekerjaan yang dapat membuat Ladies  bebas untuk mengatur waktu bekerja dan mendapat kenyamanan hidup di waktu yang sama. Menjadi pegawai? Bukan, bukan itu jawabannya. Dalam buku Career Succes Without a Real Job kita akan memahami bahwa ada pekerjaan nonkonvensional yang dapat menjadi pilihan kita. Apabila Ladies tidak ingin terikat dengan waktu, bos, rekan sekerja, ataupun rutinitas yang membosankan, Ladies  cocok untuk memilih cara ini. Ada 10 alasan utama seseorang untuk memilih pekerjaan nonkonvensional. (hlm. 8)

Kesuksesan sering kali kita artikan secara konvensional memiliki pekerjaan yang baik, memberikan penghasilan yang sangat baik, atau status sosial yang tinggi. Namun, kesuksesan yang dimaksud bagi pekerja nonkonvensional adalah memiliki pekerjaan yang memuaskan, bermanfaat secara pribadi maupun finansial. Pekerjaan yang disukai dan tidak hanya menguntungkan secara finansial, tetapi juga kesuksesan karier dengan cara kita sendiri. (hlm. 19)

Pekerjaan yang menjadi pilihan seharusnya hal yang mendatangkan kebahagiaan. Untuk itu, pada awalnya kita harus mengetahui apa tujuan hidup, mengetahui kelebihan dan kelemahan yang dimiliki, memiliki komitmen dan ketekunan yang kuat dalam melakukannya. Komitmen yang kuat juga diperlukan untuk menuju kesuksesan. Komitmen di sini adalah melakukan apa saja untuk mencapai sesuatu yang pantas untuk dicapai tanpa peduli halangan apa pun yang akan dihadapi. (hlm. 135)

Melakukan hal yang kita cintai dan mendapatkan keuntungan finansial adalah kebahagiaan. Teruslah mencari pekerjaan yang Ladies cintai, sekeras apa pun kehidupan Ladies. Pada akhirnya, apabila telah kita temukan pekerjaan itu, Ladies akan merasakan kesuksesan jangka panjang dan berbahagia dalam melakukannya.

Berhenti bermimpi dan mulailah memilih ingin menjadi apa dalam kehidupan ini. Dengan memiliki tujuan hidup dan tujuan utama bekerja, seseorang akan makin mudah dalam melakukan pekerjaannya dan hidupnya pun menjadi terarah. Tidak hanya secara finansial, maka semangat untuk mengejar impiannya menjadi makin besar. Sebesar apa pun pekerjaan yang Anda tangani tidak akan menjadi suatu beban atau rintangan, tetapi akan menjadikannya kesempatan untuk menambah ilmu dan pengalaman.

Salah satunya adalah dengan menjadi seorang penulis. Penulis merupakan salah satu pekerjaan nonkonvensional. Namun, menulis membutuhkan komitmen dan ketekunan untuk benar-benar menghasilkan kesuksesan. Wajibkan setiap hari untuk menulis apa saja. Luangkan waktu selama lima belas menit untuk menulis. Hal tersebut akan melatih Anda untuk menghasilkan tulisan yang bagus. Sereceh apa pun tuangkan dalam bentukan tulisan. Menulis adalah cara terbaik mengekspresikan diri Anda kepada dunia dan menghasilkan uang darinya pada saat bersamaan. (hlm.103)

Tidak ada kesuksesan tanpa kegagalan. Lakukan saja. Seperti yang dikatakan Johann Wolfgang von Goethe “Apakah Anda berpikir dapat melakukannya atau yakin dapat melakukannya, mulailah. Di dalam tindakan terkandung sihir, rahmat, dan kekuatan.” (hlm. 145).

Makin Anda cepat bertindak maka makin baik. Tindakan menghasilkan momentum. Dengan menjadi petualang, Anda akan menghasilkan sesuatu. Mungkin Anda tidak sampai tujuan, tetapi tempat Anda akan sama baiknya atau bahkan lebih baik. Banyak orang dengan kecerdasan dan bakat yang tidak hebat dapat sukses, kalau mereka bisa maka Anda pun bisa. (hlm. 153)

Selain itu, untuk sukses, Anda dapat mengasah ide kreatif dan imaginatif yang dimiliki. Usaha yang berani dan kreatif akan menghilangkan rasa takut dan memberi keberuntungan kepada Anda. (hlm. 165)

Tidak ada kata terlambat untuk mewujudkan impian yang Anda miliki sejak dahulu. Menerima tantangan dan berkomitmen kuat akan membantu Anda untuk mewujudkan impian itu seberapa besar dan sakitnya Anda untuk meraihnya.

Kelebihan

Buku karangan Erni J. Zelinski ini memberikan gambaran bagi Ladies yang ingin berkarier sesuai dengan passion Anda yang mana hidup adalah pilihan. Pekerjaan yang Anda pilih adalah salah satu pilihan hidup yang berhak Anda tentukan. Pekerjaan yang berkaitan dengan kreatifitas, imajinasi, dan minat dan terlihat “santai” bagi khalayak umum, tetapi menjanjikan penghasilan yang lumayan besar dan tidak kalah dengan pekerja “normal”. Pekerjaan yang tidak hanya menghasilkan secara materi, tetapi membawa kebahagiaan lahir dan batin.

Buku ini tidak hanya menceritakan tentang bagaimana caranya memiliki pekerjaan yang tidak terikat dalam korporasi, tetapi  mengajarkan kepada pembaca untuk menjadi diri sendiri. Meraih kebahagiaannya dengan memilih pekerjaan yang sesuai dengan bakatnya dan menjadi ahli di bidangnya. Masing-masing orang tentu tahu apa yang membuatnya bahagia dan apa yang harus diperjuangkan untuk meraih kebahagiaan dalam hidup.

Kelemahan

Buku Career Succes Without a Real Job ini banyak menampilkan latar belakang cerita dari berbagai macam orang yang telah memilih untuk bekerja di luar korporasi. Namun, karena cerita ini diadaptasi dari pengalaman orang luar negeri yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda dengan masyarakat Indonesia, maka terkadang penyampaian cerita agak sulit untuk dipahami. Akan tetapi, pemahaman akan kita dapat setelah membaca buku ini berulang kali.

Rekomendasi

Career Succes Without a Real Job karangan Ernie J. Zelinski merupakan buku motivasi bagi orang yang berketetapan untuk berkarier di luar bidang korporasi. Saat ini ekonomi kreatif yang mulai digalakkan oleh Presiden Joko Widodo membuka peluang bagi banyak orang untuk berkreasi di bidang kreasi. Daya imajinasi, kreativitas, dan semangat pantang menyerah membuka peluang untuk mengembangkan diri. Penulis, pekerja seni, fotografer, perupa, desain grafis, sutradara, dan masih banyak lagi profesi nonkorporasi yang digeluti sebagai profesi secara profesional. Jadi, apa pun minat dan bakat Anda, jangan ragu untuk menjadikannya sebagai pilihan hidup. Sebab hidup adalah pilihan.

About dian hardiana hendrawan

dian hardiana hendrawan
Hai, nama saya Dian Hendrawan. Saya seorang writer, blogger dan editor. No WA : 081217178223 Email : [email protected] FB : Dian Hardiana Hendrawan

Check Also

Yuk, Ikuti 5 Langkah ini untuk Meraih Impian

Hai, Smart Ladies! Setiap orang pasti memiliki impian. Siapa, sih, yang tidak ingin hidup berhasil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *