Rambut Lepek? Atasi dengan 7 Cara Ini!

Halo, Ladies!

Rambut adalah mahkota yang sangat memengaruhi penampilan seseorang. Jadi, tidak aneh jika kita selalu berusaha agar rambut tetap rapi dan indah, meski sedang beraktivitas. Sayangnya, sering juga tiba-tiba rambut kita menjadi lepek. Merusak penampilan, bukan?

Nah, jika Ladies juga sering mengalaminya, tujuh cara mengatasi rambut lepek berikut ini bisa dicoba.

1. Keramas dengan Air Hangat

Cara pertama yang bisa Ladies coba adalah mencuci rambut (keramas) dengan air hangat. Rambut akan cepat lepek jika kulit kepala terlalu berminyak. Siraman air hangat saat keramas bisa mengurangi produksi minyak yang berlebih pada kulit kepala.

2. Mengaplikasikan Dry Shampoo

Produk ini bisa digunakan sebagai pertolongan pertama saat Ladies tidak sempat keramas. Agar hasilnya maksimal, gunakan dry shampoo pada malam hari sebelum tidur dan diamkan semalaman. Pijat kulit kepala di pagi harinya, lalu sisirlah rambut. Karena pemakaiannya yang cukup mudah, dry shampoo cukup diminati dan mudah ditemukan di pasaran dalam banyak merek.

3. Menaburkan Bedak Bayi

Bedak bayi bisa digunakan jika kita tidak punya persediaan dry shampoo. Caranya, taburkan bedak bayi pada bagian kulit kepala, gosok perlahan, lalu usapkan secara merata ke seluruh bagian rambut. Meski cara ini bisa menyerap minyak dari kulit kepala dan rambut, bukan berarti Ladies tidak perlu keramas, lo!

4. Menggosokkan Lemon

Cara alami lain untuk mengatasi rambut lepek adalah menggunakan lemon. Caranya, potong tipis buah lemon, lalu gosokkan secara perlahan pada kulit kepala. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas sampai bersih. Jika Ladies melakukannya secara rutin dua kali seminggu, rambut tidak akan cepat lepek.

5. Menggunakan Sampo Pengontrol Sebum

Sebum adalah minyak yang berfungsi melindungi elemen rambut dan mengatur keseimbangan kelembapan. Sebum sebetulnya dibutuhkan untuk melindungi kulit kita, tetapi produksi sebum yang berlebihan akan menyebabkan kulit berminyak dan folikel rambut tersumbat. Minyak berlebih inilah yang bisa menyebabkan rambut kita lepek.

Untuk mengatasinya, pilihlah produk sampo dengan kandungan asam yang bisa mengontrol minyak di kulit kepala. Namun, jangan terlalu sering keramas, ya, karena kulit kepala akan menjadi kering.

6. Menggunakan Serum Rambut

Selain menggunakan sampo, Ladies perlu menggunakan produk serum rambut secara rutin. Serum rambut diciptakan khusus untuk menutrisi kulit kepala hingga ke akar rambut sehingga bisa mengatasi masalah rambut lepek dengan sempurna.

7. Menghindari Kebiasaan Buruk

Semua cara untuk mengatasi rambut lepek akan lebih efektif jika Ladies menghindari kebiasaan buruk yang merusak rambut, seperti mengikat rambut dalam keadaan basah, jarang menyisir rambut, atau jarang keramas. Kita juga perlu membiasakan diri mengeringkan rambut secara alami.

Wah, ternyata banyak cara yang bisa dicoba untuk mengatasi rambut lepek. Jika Ladies melakukannya secara benar, rambut akan kembali sehat dan indah. Selamat mencoba!

About Metha Birlia Chandra

Metha Birlia Chandra

Check Also

Tips Cantik dan Segar Saat Puasa

Hi, Ladies! Saat puasa kulit dan bibir kita terasa lebih kering. Kurangnya asupan makanan dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *