Rohmah Rahmawati, Pesona Ibu Rumah Tangga yang Multitalenta Dalam Goresan Tinta [koleksi Rohmah Rahmawati]

Pesona Ibu Rumah Tangga yang Multitalenta Dalam Goresan Tinta

Hai, Ladies!

Peran seorang perempuan sebagai ibu rumah tangga sering kali dipandang sebelah mata, padahal merupakan pekerjaan mulia. Islam menempatkan derajat ibu di tempat yang tinggi sebagai pendidik dan penentu masa depan anak dalam keluarga. Ibu lebih banyak menghabiskan waktunya bersama anak-anak daripada ayah. Sisi lain ibu dituntut selalu siaga, memiliki pengetahuan yang luas, dan keterampilan  yang banyak untuk melakukan banyak hal, memberikan cinta tanpa batas dan imbalan.

Selain itu, ibu juga harus menanamkan nilai ketauhidan, adab, akhlak yang baik, dan menjadi teladan bagi anak-anaknya. Seorang ibu harus mencari bentuk dan metode yang paling tepat untuk anaknya, mengikuti perkembangan belajar anak, memantau sejauh mana pemahaman dan penerapan ilmu yang telah disampaikan kepada anak.

Anak-anak cenderung mencari sosok yang menjadi pusat perhatian. Selanjutnya,  mereka berproses menjadi pemeran utama dalam cerita kehidupannya. Mereka sangat membutuhkan figur untuk dijadikan contoh atau panutan sampai menemukan jati dirinya. Orang tua tentu dapat menjadi figur yang bertanggung jawab penuh atas pertumbuhan dan perkembangan fisik, serta mental anak.

Oleh karena itu, kebutuhan anak untuk mendapatkan kasih sayang dari kedua orang tuanya, mempunyai teman bicara yang baik, memperoleh rasa aman, dihargai, dan diberi kepercayaan harus terpenuhi. Demikian sebaliknya, bila tidak terpenuhi maka pertumbuhan anak dapat terganggu sehingga anak tidak percaya diri atau bahkan muncul perangai yang buruk.

Hal tersebut yang melatarbelakangi Rohmah Rahmawati akhirnya memutuskan untuk berhenti bekerja dan fokus  sebagai ibu rumah tangga  sejak menikah, ikut suami tinggal di luar negeri, hingga mendapat momongan. Pengalaman sebelum menikah, ia pernah menjadi guru SDIT, tutor privat selama 10 tahun, dan guru bahasa Inggris di sebuah yayasan pendidikan saat tinggal di Phnom Phen, Kamboja. Beliau memilih mempersiapkan dan membekali dirinya, baik lahir maupun batin menjadi seorang ibu dengan nilai-nilai kebaikan sejak masih gadis.

Ternyata seorang ibu rumah tangga memiliki peran dan fungsi yang penting dalam membentuk watak dan kepribadian anak untuk masa depan anaknya kelak. Pribadi anak yang berkualitas, baik fisik maupun mental terbentuk dari proses belajar anak dalam keluarga yang panjang. Ibu yang salihah, menjalankan ibadah mahdah, rajin menjalankan syariat hukum sesuai dengan aturan agama Islam akan memberi dampak positif pada keimanan dan  ketakwaan anaknya sehingga anaknya tumbuh menjadi pribadi yang cerdas, berkarakter, taat beribadah, dan berbudi pekerti yang luhur.

Rohmah panggilan akrabnya mulai tertarik menekuni dunia literasi, bergabung dengan kelas menulis WrC. Saat terbit buku antologi pertama berjudul Dekapan Cinta Penguat Jiwa tentu ada rasa bahagia yang tak dapat terucap dengan kata. Tekadnya yang kuat untuk belajar menulis, salah satunya menulis artikel bersama Joeragan Artikel. Saat ini, ia telah menghasilkan lebih dari 10 karya antologi dan mulai aktif di dunia artikel.

Banyak orang yang masih beranggapan bahwa profesi penulis tidak keren atau hanya menghasilkan sedikit uang. Menurut Rohmah, menjadi seorang penulis membuka wawasan baru karena harus banyak membaca dan terus update informasi. Pertimbangan lain, dirinya dapat menuangkan ide, menyampaikan gagasan, perasaan, pikiran, kenangan, dan atau berbagi hal yang bisa menginspirasi orang lain dengan menulis serta membuat perasaannya lebih lega.

Kegiatan menulis dapat dilakukan dari rumah, tetapi konsekuensinya ibu rumah tangga harus pandai membagi waktu antara kegiatan keluarga dengan aktivitas menulis. Rohmah yang multitalenta ini harus mengumpulkan semangat ekstra di sela kesibukannya menulis. Impiannya ingin mendalami ilmu marketing untuk bisa menjual buku yang dihasilkan, terlebih lagi jika terbit di penerbit indi. Keyakinannya dengan menulis dapat meninggalkan pesan kebaikan dan memperpanjang umur  karena saat kita meninggal tulisan kita masih tetap hidup.

Bagaimana, Ladies, ingin berkenalan lebih dekat dengan beliau tanpa risau? Berikut ini nomor Mbak Rohmah Rahmawati +15157185474 yang bisa Ladies hubungi untuk mengikat tali silaturahmi.

About Dewi Purwaningrum

Dewi Purwaningrum
Ibu seorang putra, lahir 45 tahun yang lalu di Jakarta. Meniti jejak awal mulai belajar menulis dengan @joeragan artikel agar lebih peka, dapat berbagi dan bermanfaat bagi sesama.

Check Also

Meraih Bahagia dengan Memahami Skala Prioritas

Halo, Smart Ladies! Menjadi ibu rumah tangga adalah sebuah anugerah. Dalam posisi ini, seorang perempuan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *