Pesan Moral dalam Film Iqro: My Universe

Pesan Moral dalam Film Iqro: My Universe

Halo, Smart Ladies!

Iqro: My Universe merupakan salah satu judul film terbaru di tanah air. Film ini dibintangi oleh Maudy Kusnaedi yang berperan sebagai Ibu Tsurayya, Cok Simbara sebagai Opa Aqilla yang merupakan seorang profesor dan astronom, Aisha Nurra Datau sebagai Aqilla, dan beberapa artis lainnya. Selain itu, ada juga bintang tamu Harris J, penyanyi Inggris yang sedang naik daun.

Saat ini, film Iqro: My Universe sedang diputar di beberapa kota di Indonesia semenjak 11 Juli 2019. Film yang diproduksi oleh Yayasan Pembina Masjid Salman ITB ini mengandung banyak pesan moral. Berikut beberapa pesan moral dalam film Iqro My Universe.


1. Rasulullah saw. adalah Astronom Pertama

Saat peristiwa Isramikraj terjadi, Nabi Muhammad sebagai Rasul Allah yang akan diberi sebuah wasiat diberangkatkan dari bumi menuju langit ke tujuh oleh Allah Swt. Perjalanan ini ditempuh hanya dalam waktu semalam. Beliaulah manusia pertama yang berhasil menembus langit ke tujuh dan memberi petunjuk bahwa manusia bisa melakukan perjalanan ke luar angkasa, termasuk ke planet lain atau ke langit.


2. Perjalanan Menggapai Cita-Cita Tidak Mudah

Aqilla adalah seorang gadis yang bercita-cita menjadi astronot dan mendapat tantangan dari Ibu Tsuraya untuk bisa mewujudkan cita-citanya tersebut. Aqilla kemudian ingin membuat vlog bersama Ibu Tsuraya. Namun, beliau meminta beberapa syarat sebelum mengizinkan Aqilla membuat video tersebut.


Ibu Tsuraya ingin Aqilla tahu bahwa tidaklah mudah menjadi seorang astronot. Diperlukan perjuangan dan banyak hal yang harus dipelajari untuk mewujudkannya. Aqilla pun digembleng agar tidak mudah menyerah dan mau terus berusaha.


3. Selalu Ada Keajaiban dari Allah Swt.

Setiap kali terjadi musibah, selalu ada keajaiban yang ingin ditunjukkan Allah Swt. Demikian pula dengan Aqilla, gawainya terjatuh ke dalam air karena polah adiknya yang tidak sengaja. Aqilla merasa sangat sedih dan putus asa. Hilang sudah harapannya untuk ikut lomba karena video yang telah dibuatnya berada dalam gawai tersebut.

 

Keajaiban Allah ditunjukkan dalam film ini yaitu Ibu Tsuraya ternyata telah mengunggah video tersebut karena beliau melihat sampai akhir pendaftaran, video Aqilla belum terunggah di laman perlombaan. Ternyata, di balik setiap musibah selalu ada jalan keluar, bahkan terkadang dari arah yang tidak disangka-sangka. Oleh karena itu, berprasangka baiklah. Yakinlah, bahwa Allah selalu ada untuk semua makhluk-Nya.


Nah, Ladies, itulah beberapa pesan moral yang bisa diambil dari film Iqro My Universe. Mari kita dukung dan sukseskan film Indonesia, dan jangan lupa ajak anak-anak untuk menonton film yang menambah wawasan dan ilmu pengetahuan agar mereka semakin kaya ilmu. Semoga bermanfaat.

 

Sumber gambar : republika.co.id

Yutaka Latifah

Provokator Kebaikan, inisiator Sedekah Nasi Rombongan Purbalingga, Penulis, Relawan, dan Abdi negara
Yutaka Latifah
Yutaka Latifah
contributor
Provokator Kebaikan, inisiator Sedekah Nasi Rombongan Purbalingga, Penulis, Relawan, dan Abdi negara

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

71 + = 78