Perkuat Imunitas, Inilah 3 Obat Herbal yang Patut Ladies Coba [Jacquelino Macou from Pixabay]

Perkuat Imunitas, inilah 3 Obat Herbal yang Patut Ladies Coba

Halo, Smart Ladies!

Kasus Covid-19 makin hari, makin meresahkan. Berita yang beredar di televisi maupun di media sosial membuat hati makin tidak tenang, ya, Ladies! Berbagai langkah preventif diambil pemerintah demi menekan angka korban Covid-19.

Pasca melonjaknya angka kenaikan kasus harian Covid-19 dan kemunculan varian baru pada libur Lebaran lalu, pemerintah secara tegas membuat keputusan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat di Jawa dan Bali pada tanggal 03 hingga 20 Juli 2021 yang rencananya kini telah diperpanjang karena dinilai belum berdampak signifikan.

Namun, kita harus tetap tenang, Ladies. Kelola stres dengan baik, rasa takut dan panik yang berlebihan dapat menurunkan imunitas tubuh kita, lo. Sebaliknya, rasa senang dan tenang akan meningkatkan imunitas tubuh kita. Senang, tenang, tetapi tetap waspada dan berhati-hati. Salah satunya dengan selalu menerapkan 5M: mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Selain menerapkan 5M, penting untuk kita menjaga asupan nutrisi dengan makanan yang baik juga halal agar badan selalu sehat, olahraga teratur, dan cukup istirahat. Selain itu, Kita juga dapat mengonsumsi obat herbal untuk perkuat imunitas tubuh di masa pandemi ini.

Berikut tiga obat herbal yang dapat Ladies coba untuk perkuat imunitas tubuh.

1. Habbatusauda

Habbatusauda yang dalam bahasa latin disebut Nigella sativa atau dikenal juga dengan nama jintan hitam, sudah lama digunakan secara luas sebagai obat herbal. Sebelum dimanfaatkan untuk obat, biasanya habbatussauda melalui proses ekstraksi menjadi minyak terlebih dahulu. 

Komponen istimewa dari minyak ini adalah thymoquinone, senyawa yang memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan sifat terapeutik lainnya yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel dan penyakit kronis.

Selain itu, habbatussauda juga memiliki manfaat diuretik, anti peradangan, analgesik, memperkuat kekebalan tubuh dan baik untuk kesehatan organ ginjal, lambung, serta hati. 

Habbatusauda memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Dalam sebuah hadis Rasulullah saw., “Sesungguhnya pada habbatussauda terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali kematian. (HR. Al-Bukhari). 

Dilihat dari sisi medis, faktanya beberapa studi memang membuktikan manfaat habbatussauda untuk kesehatan. Terkandung vitamin, asam amino, saponin, minyak atsiri, protein, asam limonelat, kalsium, natrium, kalium, dan masih banyak lagi zat bermanfaat lainnya. Habbatusauda memiliki kandungan nutrisi yang lengkap sehingga Ladies dapat manfaatkan untuk pengobatan maupun pencegahan berbagai penyakit.

2. Madu

Ladies bisa mencoba konsumsi madu untuk perkuat imunitas tubuh di masa pandemi. Madu murni memiliki beragam nutrisi yang ada di dalamnya, seperti gula, karbohidrat, vitamin c, vitamin B kompleks, asam amino, zat besi, zinc, dan kalium. Selain itu, cairan yang dihasilkan lebah dari nektar bunga ini kaya akan antioksidan, flavonoid, dan polifenol. 

Dengan beragam nutrisi yang terkandung, madu bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, membantu Ladies agar tidur lebih nyenyak, menangkal radikal bebas, dan meredakan batuk. Selain itu, madu dapat mempercepat penyembuhan luka, menjaga kesehatan sistem pencernaan, sumber antioksidan, dan masih banyak manfaat madu yang lainnya untuk Ladies agar lebih sehat.

3. Kurma

Kesehatan tubuh kita adalah apa yang kita makan. Salah satu asupan makanan yang baik untuk tubuh adalah kurma. Kurma bisa Ladies konsumsi secara langsung maupun lewat air rendaman kurma atau disebut air nabeez. Buah kurma kaya dengan nutrisi, mengandung protein, gula sehat, serat, vitamin A, C, D, E, K, B kompleks, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, dan sodium. Kandungan nutrisi yang lengkap menjadikan kurma sangat baik dikonsumsi untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. 

Nah, itu dia manfaat tiga obat herbal yang dapat Ladies konsumsi untuk memperkuat imunitas di masa pandemi. Semoga Ladies dan keluarga senantiasa diberikan kesehatan. Semoga pandemi segera berlalu. Semangat dan sehat selalu, Ladies!

About Nova Rachmania

Nova Rachmania
Menulis, menuang yang terekam dalam memori atau mengabadikan yang dilihat atau menjelaskan yang dirasakan..

Check Also

Ketika Senyummu Tak Terhalang Lakban

  Peluh bercucuran dan debu jalanan menempel sempurna di wajah seorang perempuan yang terlihat kuyu. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *