Aneka Resep

Pepes Peda Warisan Keluarga

Hai, Smart Ladeis!

Kita mengenal beragam jenis masakan sederhana. Sayangnya, penyebutan sederhana seakan mencerminkan sajian tersebut tidak menarik, apalagi mampu membangkitkan selera. Padahal resep-resep masakan sederhana yang kerap dipandang sebelah mata, justru memiliki cita rasa lezat dan mampu mengalahkan makanan berlabel di resto-resto ternama.

Salah satu bahan yang bisa Ladies pilih adalah ikan asin peda. Bahan makanan ini terbuat dari ikan laut cakalan atau disebut juga ikan kembung atau ikan mata belok karena matanya yang lebar.

Untuk membedakan jenis ikan asin peda yang bagus, kita harus cermat dan jeli. Ikan asin peda yang bagus adalah yang bertekstur lembut tapi tidak bonyok, berwarna kekuningan, lembap tapi tidak basah atau berair, dan aromanya masih segar.

Nah, Ladies, mari kita coba membuat hidangan pepes peda praktis yang mudah dan menggugah selera.

Pepes Peda Warisan Keluarga

Bahan:
Satu ekor ikan asin Peda ukuran sedang
Satu lembar daun talas muda ukuran sedang
Satu genggam pucuk singkong

Bumbu:
Tujuh buah cabe hijau, atau sesuai selera
Lima buah cabe rawit
Tiga siung bawang merah
Tiga siung bawang putih
Satu buah tomat hijau
Daun salam

Cara membuat:
1. Rendam ikan peda dalam air garam yang telah dicampur potongan-potongan koran. Air garam dan potongan koran berfungsi menetralisasi kadar garam yang tinggi pada ikan asin.

2. Tumbuk kasar semua bumbu, tomat potong tipis, lengkapi bumbu dengan garam, gula, penyedap rasa dan siram dengan minyak jelantah jika ada. Jika tidak ada, kita bisa gunakan minyak segar atau satu sendok margarin. Lalu, aduk dengan bumbu hingga rata.

3. Siapkan kukusan sembari menunggu minyak panas, kita siapkan daun talas.

4. Cuci bersih ikan peda dari rendaman, keluarkan isi dalam perut. Buka daun talas muda, letakkan pucuk daun singkong di atasnya, ratakan. Isi peda dengan sebagian bumbu. Letakkan peda, tutup dengan sisa bumbu, lapisi dengan pucuk ubi. Kemudian,  gulung dengan daun talas hingga isi tertutup rapat.

5. Masukkan peda ke dalam kukusan yang sudah mendidih, tunggu hingga matang lebih kurang dua puluh menit. Gunakan api sedang, angkat, dan dinginkan.

6. Panaskan kuali atau teflon dengan minyak sayur menggunakan api kecil. Kemudian,  goreng peda dengan sedikit minyak sehingga ketika matang, pepes peda dalam keadaan kering.

7. Balik perlahan, setelah daun talas berubah warna atau terlihat kering, angkat, dan pepes. Peda siap disajikan.

Saran penyajian :
Hidangkan “Pepes Peda” dengan nasi hangat dan minuman air jeruk panas. Bagi penderita darah tinggi yang tergiur untuk mencicipi sandingkan pepes peda dengan lalap mentimun. Pucuk singkong juga bisa divariasi dengan daun lain menurut selera. Selamat menikmati.

Tags
Show More

Endang Damiri

Endang Damiri, ibu rumah tangga dengan tiga orang anak bersuami Kasyono sebagai wiraswasta. Saat ini berdomisili di kota Palembang.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close