Penangkaran Buaya di Teritip, Balikpapan : Salah Satu Tujuan Wisata di Borneo

Penangkaran Buaya di Teritip, Balikpapan : Salah Satu Tujuan Wisata di Borneo

Indonesia begitu kaya akan tempat wisata alamnya. Apa hal yang terlintas di benak Ladies kalau mengingat tentang pulau Borneo? Pasti pantainya, hutan atau sungainya, bukan? Ada banyak destinasi wisata di pulau Kalimantan, salah satunya di Teritip, Balikpapan, Kalimantan Timur.

 

1. Penangkaran Buaya, Teritip

Kota yang mempunyai bandara bernama Sepinggan dan terkenal bersih serta tertata rapi ini mempunyai pantai yang bersih dan hanya berjarak 20 menit saja dari bandara dengan ditempuh kendaraan. Selain wisata pantai dan kotanya, ada pula wisata penangkaran buaya di Teritip yang dapat kita tempuh dengan jarak sekitar 45 menit dari kota Balikpapan ini.

 

2. Tiket Masuk

Perjalanan menuju tempat wisata ini melewati pantai yang bias pula disinggahi untuk melihat sunrise. Ketika masuk ke lokasi wisata kita akan disambut oleh dua patung buaya besar yang lucu dengan kostum. Setelah membayar tiket seharga Rp20.000,00 untuk orang dewasa dan Rp10.000,00 per orang untung anak-anak serta Rp5.000,00 untuk kendaraan roda empat kita dapat langsung memarkir mobil di lokasi yang aman dan bersih di sini.

Banyak jajanan seperti es kelapa muda, pop ice, pentol yang dapat kita nikmati, jadi tak perlu khawatir jika belum membawa bekal makanan dan minuman, ya, Smart Ladies.  

 

3. Penangkaran di Dua Tempat

Terbagi menjadi dua tempat, wisata ini menawarkan cara melihat buaya yang berbeda, yaitu melihat langsung di kolam besar serta kandang dengan mengintip dari atas tembok yang tinggi ataupun lubang yang disediakan, atau melepas alas kaki di semacam pendopo dengan beberapa buaya di balik kandang kawat. Entah mengapa lebih dekat rasanya dengan hewan reptil yang suka mendengus ini.

Berbeda dengan melihat buaya di kebun binatang lainnya, rasanya seperti melihat langsung habitat asli hewan ini.

Mengintip buaya-buaya di kolam besar dari balik tembok yang lumayan tinggi ini seru juga, lo, Smart Ladies. Ada sekitar enam kandang buaya yang ditempati oleh sekitar satu hingga empat buaya dalam satu kandang.

Untuk kolam besarnya ada banyak buaya mungkin lebih dari dua puluh buaya di sana yang berenang, tidur, mendengus, dan membuka rahangnya. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan terlebih untuk anak-anak.

Jadi, Ladies, kalau ada waktu ke Balikpapan, selain berkunjung ke pantainya jangan lupa, ya, mampir untuk mengintip buaya-buaya ini di Teritip.

CutNadia Arvina
contributor

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

22 − 18 =