Pasar Bawah, Tempat Seru untuk Berburu Oleh-oleh khas Pekanbaru

Pasar Bawah, Tempat Seru untuk Berburu Oleh-oleh khas Pekanbaru

Halo, Smart Ladies!

Berlibur atau berwisata sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Rata-rata, mereka sudah merencanakan liburan jauh hari sebelum waktu libur tiba. Destinasi-destinasi baru bermunculan di pelosok negeri, menawarkan keunikan dan keindahan tempat wisata masing-masing. Berbagai macam fasilitas untuk memudahkan wisatawan melakukan perjalanan, mencari hotel, kulineran atau mobil rental banyak bermunculan.

Tak ketinggalan dengan kota Pekanbaru. Saat ini, Pekanbaru terus berbenah agar wisatawan yang datang ke kota Pekanbaru merasa nyaman dan betah berwisata. Pekanbaru dengan ciri khas Melayu Riau, menawarkan berbagai destinasi khas Melayu. Contohnya Istana Siak Sri Indrapura, Pasar Bawah, Candi Muara Takus, Museum Sang Nila Utama, Wisata Bono di Sungai Kampar, dan lainnya. Namun, tempat yang tak kalah seru untuk dikunjungi adalah Pasar Bawah. Apa saja keseruannya? Kita simak, yuk!

Pasar Bawah Destinasi Oleh-Oleh

Pasar Bawah merupakan pasar tertua di Pekanbaru, dinamakan Pasar Bawah karena pasar ini terletak di bagian bawah (dekat pinggiran Sungai Siak) yang konturnya rendah. Pasar ini adalah destinasi wisata belanja dan oleh-oleh yang terkenal lengkap dan unik. Pasar dibuka pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 sore. Di sini Ladies bisa berbelanja berbagai jenis oleh-oleh, baik makanan, aneka pakaian, oleh-oleh khas Pekanbaru seperti jajanan tradisional, berbagai macam cinderamata, kaos, dan perlengkapan rumah tangga.

Keseruan di Lantai Basement

Di lantai basement dijualberbagai macam keripik khas Melayu dan Minang, seperti aneka macam kerupuk, sambal kering, kacang, sanjai. Ada juga kaos khas Pekanbaru, berbagai macam gorden berwarna-warni yang langsung jadi ataupun sesuai pesanan. Di bagian yang lain dari basement, Ladies akan menjumpai pasar basah yang menjual berbagai macam rempah-rempah, bumbu dapur, ikan asin, ikan salai, beraneka macam kerupuk mentah.

Berburu Produk Fashion dan Jajan Tradisional di Lantai Satu

Di lantai satu Ladies akan menjumpai berbagai macam produk fashion wanita, baik tas, dompet, sepatu, baju-baju, perhiasan, baju khas melayu, dan beraneka tenun songket. Perhiasan terdiri dari beraneka bros, gelang, kalung dan pernik-pernik lainnya yang cantik, unik dan elegan. Terdapat juga beraneka macam cinderamata khas pekanbaru juga banyak tersedia, seperti gantungan kunci, miniatur, tempat pena, piring berukir, tempat tisu, kaos khas Pekanbaru, dan lain-lain.
Tidak hanya itu Ladies, di lantai satu tersedia juga jajanan tradisional dan kekinian. Ada jajanan khas Riau seperti dodol durian, lempok durian, bolu kemojo. Ada juga jajanan yang berasal dari negeri seberang, yaitu beraneka ragam cokelat serta kue-kue keladi dari Malaysia dan Singapura. Wah, semuanya enak dan menggugah selera. Pasti Ladies makin penasaran kan ingin berwisata ke Pasar Bawah Pekanbaru?
Bagi Ladies yang suka mempercantik rumahnya, tersedia berbagai macam keramik dan guci antik, aneka peralatan pecah belah, aneka sprei dan bantal shabby, aneka taplak yang cantik, karpet dan keset, hiasan dinding, aneka bunga plastik berwarna-warni. Seru, kan?

Keseruan di Lantai Dua dan Tiga

Di lantai 2, dijual berbagai macam fashion untuk pria, mulai dari sepatu, tas, ikat pinggang, jeans, kemeja dan lainnya. Terdapat juga pakaian wanita, seperti gaun pesta, baju sehari-hari sampai pakaian dalam. Di lantai 2 ini juga tersedia kaos khas Pekanbaru dan perlengkapan umrah dan haji.

Sementara di lantai 3, terdapat toko pakaian bekas. Kadang ditemukan barang bermerek yang dijual dengan harga miring. Di lantai ini juga terdapat musala untuk beribadah bagi yang muslim.

Nah, Ladies. Setelah puas mengitari Pasar Bawah, jangan lupa kunjungi juga toko-toko yang terdapat di sekitar Pasar Bawah. Di toko-toko tersebut menjual fashion dan peralatan rumah tangga seperti karpet, sprei, pecah belah, peralatan memasak, peralatan medis, peralatan kamar mandi, elektronik bekas, ban bekas, mebel, dan lain-lain. Ladies boleh menawar agar mendapatkan harga yang miring, ya.

Bagaimana Ladies? Seru ′kan berwisata ke Pasar Bawah? Nah, jika Ladies berkunjung ke Pekanbaru, jangan lupa untuk mampir ke Pasar Bawah, ya.

 

Sumber gambar utama : klikriau.com

RIKA Nur Hidayati
contributor

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 3