Olahan Ketan Hitam yang Digemari Semua Usia. Nomor 4 dan 5 Paling Kekinian

Halo, Smart Ladies!

Bagi Ladies yang suka jajanan pasar, pasti mengenal bahan makanan yang satu ini, yaitu ketan hitam.  Ketan hitam adalah sejenis beras yang banyak tumbuh di Asia.

Menurut  alodoker.com , ketan hitam kaya zat besi, protein, karbohidrat, serat, vitamin e, Zinc, dan lainnya. Selain itu,  ketan hitam dipercaya mampu menjaga daya tahan tubuh dan mencegah kanker (sumber: kuliner.com).

Nah, berikut ini beberapa jenis olahan ketan hitam, nomor empat dan lima paling kekinian.

1. Onde-Onde

Onde-onde adalah sangat populer di Indonesia. Ciri khas kue ketan hitam yang satu  ini adalah di dalamnya diisi pasta kacang hijau yang telah dihaluskan. Saat ini, kita dapat menjumpai aneka rasa yang lezat seperti rasa taro, kacang merah, kelapa muda, cokelat, susu, green tea, coklat lumer, hingga aroma kopi.

2. Bubur Ketan Hitam

Bubur ketan hitam juga tidak kalah menarik dan lezat. Makanan ini dapat dijumpai di mana saja, termasuk tempat-tempat wisata. Harganya yang murah, membuat jajanan pasar ini ramai didatangi pembeli. Cara pembuatan bubur ketan hitam terbilang sangat sederhana. Cukup siapkan beras ketan hitam, lalu rendam sebentar  dan rebus dengan dengan gula merah dan daun pandan. Terakhir, tuang santan kelapa dan sajikan dalam keadaan hangat atau dingin.

3. Bolu Gulung

Sebagian orang terkadang bosan dengan jenis kue bolu berbahan terigu. Nah, ketan hitam dapat disajikan dalam bentuk kue bolu. Menariknya, warna hitam dari kue bolu ketan hitam ini menunculkan aroma harum yang memikat sehingga cocok disajikan untuk semua acara. Pembuatan bolu ketan hitam tidak berbeda dengan resep bolu lainnya, hanya bahan tepung yang diganti ketan hitam.

4. Moci

Kue moci berasal dari negara Jepang. Aroma moci yang harum dan rasanya yang lezat membuat kita ketagihan. Jika ingin membuat moci, cukup siapkan beras ketan hitam, gula, garam dan vanili.  Setelah itu aduk rata. Agar lebih menarik, tambahkan pewarna makanan. Setelah itu, isi adonan sesuai selera, lalu lumuri dengan tepung maizena yang telah disangrai. Terakhir, masak dengan api kecil.

5. Piza Ketan Hitam

Piza yang biasa kita kenal adalah makanan Eropa yang lezat. Namun, kita juga bisa membuat piza dari ketan hitam yang tak kalah menariknya. Bahan dasar piza, yaitu terigu, diganti tepung ketan hitam. Hasilnya, warna hitam yang tidak biasa dan terkesan unik menjadi daya tarik tersendiri. Saat ini, piza ketan hitam menjadi salah satu menu favorit anak-anak maupun orang dewasa.

Jika biasanya kita membuat dan menikmati jajanan pasar berasal dari tepung terigu dan sejenisnya, kali ini tidak ada salahnya mencoba olahan ketan hitam. Semoga lima jenis makanan terbuat dari ketan hitam di atas dapat menambah referensi resep Ladies. Selamat mencoba!

About mbok jun wati

mbok jun wati
Ibu dari 4 Ladies, Menyukai dunia menulis sejak SMU, saat ini terus belajar menerbitkan beberapa tulisan fiksi dan non fiksi (fb: juniawatisalamat, mbokwati18blogspot)

Check Also

Ketika Senyummu Tak Terhalang Lakban

  Peluh bercucuran dan debu jalanan menempel sempurna di wajah seorang perempuan yang terlihat kuyu. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *