Mondok? Siapa Takut!

Mondok? Siapa Takut!

Hai, Smart Ladies.

Pondok pesantren adalah sebuah sekolah asrama yang dibuat untuk belajar ilmu agama secara khusus. Di sana mereka akan belajar agama secara intens sehingga akan memahaminya lebih mendalam dan ilmu pengetahuan umum juga akan diajarkan. Maka dari itu, pondok pesantren disebut sebagai sekolah plus. Belajar di pondok juga akan membuat anak lebih disiplin dan mandiri.

Banyak keuntungan yang akan kita peroleh dari menyekolahkan anak di pesantren. Berikut adalah beberapa contohnya:

1. Mengenalkan Ilmu Agama pada Anak

Sebagaimana kita ketahui, dewasa ini pergaulan anak-anak semakin sulit dikontrol. Semakin berkembangnya teknologi, kemauan belajar anak semakin menurun, terutama belajar agama. Sebagai orang tua, tentu kita ingin mereka bisa mendapat pendidikan agama yang baik. Memasukkan anak ke pondok berarti menjaga pergaulan mereka dari hal-hal yang kurang baik.

2. Mengajarkan Kedisplinan

Pondok pesantren juga tempat yang tepat untuk mengajarkan dan membiasakan anak tentang disiplin. Di sana akan diberikan jadwal kegiatan dari bangun tidur sampai tidur lagi sehingga tidak ada waktu yang terbuang percuma. Anak yang tidak mengikuti peraturan pondok akan dikenakan hukuman yang mendidik, seperti harus hafal Al-Qur’an atau Hadis. Dididik untuk disiplin dalam setiap hal seperti mengantri makan, mandi, setoran hafalan, dan lain-lain. Tanpa di sadari itu juga melatih kesabaran anak sehingga anak terbiasa sabar dalam melakukan sesuatu.

3. Mengajarkan Kemandirian

Sebagai orang tua tentunya kita ingin anak kita tumbuh menjadi anak mandiri karena suatu saat mau tidak mau mereka akan berpisah dengan kita. Bekal kemandirian sangat penting untuk anak. Dengan memondokkannya, maka anak akan belajar mandiri. Di sana anak kita akan belajar mengatur keperluannya sendiri, mengatur keuangannya, dan juga pakaiannya. Dengan begitu, mereka sudah siap ketika suatu saat harus terpisah jarak dengan orang tuanya.

4. Sebagai Pondasi untuk Menghadapi Kehidupan

Kehidupan yang akan datang seperti apa kita tidak tahu karena itu rahasia Allah. Kewajiban kita sebagai orang tua adalah memberi bekal yang terbaik untuk mereka. Siap atau tidak anak kita kelak akan menapaki kehidupan yang serba modern. Siapa yang tidak siap akan terbawa arus pergaulan yang tidak baik. Untuk itu sangatlah penting anak mengenal agama sejak dini, sebagai pondasi dalam menghadapi kehidupan yang akan datang. Karena rumah yang kokoh, terbangun karena pondasi yang kuat.

5. Anak Aset Dunia Akhirat

Seringkali kita mendengar bahwa salah satu penyebab orang tua masuk syurga adalah doa anak yang salih. Lalu, akankah mereka menjadi anak yang salih? Sedangkan kita sebagai orang tua tidak mengenalkan ilmu agama pada mereka. Kita tidak bisa mendidik mereka karena keterbatasan, maka pondok pesantren adalah solusinya. Karena anak adalah aset kita dunia akhirat, memberikan yang terbaik adalah kewajiban kita. Kejarlah akhiratmu maka dunia akan mengikutimu. Jadi, mementingkan kebaikan akhirat, insyaallah kebaikan dunia akan mengikuti, itu janji Allah.

Sebagai orang tua, marilah kita memikirkan langkah terbaik untuk anak-anak. Mulailah dengan membicarakan tentang asyiknya mondok, berdiskusi tentang pondok pesantren saat berkumpul bersama. Sering membisikkan kebaikan mondok, katakan bahwa mondok itu keren, loh! Dengan begitu anak akan berimajinasi dan berfikir yang baik-baik walau belum melihat pondoknya. Mondok? Siapa takut!

Enung Tyalanuna

Latest posts by Enung Tyalanuna (see all)

Enung Tyalanuna
contributor

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − 10 =