Modal Mulai Nol Rupiah, 7 Hobi ini Bisa Menghasilkan Uang [noname]

Modal Mulai Nol Rupiah, 7 Hobi ini Bisa Menghasilkan Uang

Hai, Smart Ladies!

Pandemi mengakibatkan banyak perubahan dalam beragam sisi kehidupan, terutama di bidang ekonomi. Mau diam saja, menyerah, mengeluh, atau bangkit? Itu sebuah pilihan. Daripada bergibah banyaknya tanggungan hidup yang belum terselesaikan gegara pandemi, kita bisa ulik beberapa hobi yang menghasilkan uang.

Wah, apa bisa? Ragu? Memang memulai sesuatu itu sulitnya uwow banget. Namun, sebelum mencoba,  bagaimana kita bisa mengetahuinya? Sesuaikan dengan kemampuan yang kita miliki, melakukan kegiatan sesuai hobi, dan sebelum memulai tentulah kita kencangkan doa.

Masih bingung? Kita lihat, yuk, paparan di bawah ini!

  1. Suka Bermedia Sosial

Terkesan menyebalkan, sok pamer, kayak tak ada kerjaan lainnya, gitu? Eits, tunggu dulu. Lihat sisi positifnya seperti apa. Kalau Ladies punya ribuan followers, bisa banget menjadi influencer. Dengan ribuan followers ini, tentu Ladies mudah menawarkan beragam produk, me-reviu-nya, dan ini bisa dibayar atau mendapatkan produk gratisan. Modalnya bisa dibilang nol rupiah dengan menggunakan ponsel cerdas. Kita bisa menggunakan wifi gratis bertebaran.

  1. Menulis

Mau menulis apa? Status, eh, ini bisa jadi menarik karena dari menulis status bisa saja dipinang penerbit. Ada? Banyak! Menulis bukan hanya menulis buku saja. Ada artikel, novel, blog dan masih banyak lagi. Dari hobi menulis, Ladies bisa kirimkan karya ke platform berita daring, aplikasi menulis yang menjamur akhir-akhir ini. Ada yang menghasilkan rupiah ataupun dolar. Wih, bikin kepo, ya. Modalnya berapa? Bisa dibilang nol rupiah karena kita punya ide dan keahlian menulis yang tak semua orang bisa. Andai sudah ada laptop lebih bagus lagi.

  1. Masak

Ladies, ada yang suka memasak? Aha, tak perlu masakan bergaya barat atau apalah. Apa pun itu dan benar-benar dikuasai, promosikan saja. Lewat apa? Status WA, dong. Dengan begitu teman-teman dekat atau sekitar rumah bisa langsung pesan kalau mereka berminat. Meminimalkan kerugian, promosikan saja sesuai masakan harian, dijamin tak buang modal. Modal kira-kira 50 ribuan. Tergantung bahan.

  1. Berkebun

Sekarang ini, jual beli tanaman lagi booming, lo. Dari harga murah hingga jutaan, ada saja yang mencari untuk jenis tanaman tertentu. Modalnya? Mulai dari 10 ribu. Di daerah pegunungan, tanaman yang sedang ngetren ini harganya murah meriah. Kadang 10 ribu bisa mendapatkan 3 tanaman mungil. Menarik sekali, kan?

  1. Melukis

Dari melukis, biasanya pandai mendesain. Desain kover, tas atau sepatu. Pengalaman pribadi, karena gemar posting lukisan ke media sosial, ada yang meminang untuk dijadikan desain tas. Modalnya, bisa dibilang mulai dari nol, ya. Media kertas dengan pensil, bolpen, atau spidol saja.

  1. Mengedit Video

Selain YouTube, tahukah Ladies bahwa ada beberapa platform media daring yang membutuhkan banyak video? Nah, dari kemampuan mengedit video ini bisa menghasilkan dolar atau rupiah.

  1. Menjahit

Ahai, punya keahlian menjahit ini sesuatu banget. Tak perlu menjahit yang ribet dulu. Untuk sekarang ini, kita bisa membuat masker dengan beragam model dan bahan yang aman saat kita gunakan.

Meski tidak instan, percayalah bahwa proses tak akan mengkhianati hasil. Hobi apa pun itu, bila kita lakukan dengan sepenuh hati, insyaallah akan ada hasilnya. Lagi pula, melakukan sesuatu berdasarkan rasa suka seperti ini, mau jatuh bangun, gagal lagi, kita punya 1001 alasan untuk bangkit  kembali. Gimana, siap menghasilkan uang dari hobi, Ladies?

About Wahyu Widyaningrum

Wahyu Widyaningrum
Perindu kabut yang suka nulis dan jalan

Check Also

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata

Halo, Ladies! Terkadang kita sering lupa untuk merawat kesehatan mata, padahal kita tahu bahwa mata …

One comment

  1. Setuju idenya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *