Minuman Khas Semarang yang Kaya Rempah dan Bikin Kangen. Ladies Harus Coba!

Semarang memiliki berbagai jenis makanan tradisional yang memanfaatkan beragam rempah untuk melengkapi cita rasa, salah satunya lumpia sebagai kuliner khas kota ini. Selain makanan, Semarang juga memiliki minuman tradisional dengan aroma khas rempah-rempah. Bila berkunjung ke ibu kota Jawa Tengah ini, Ladies wajib mencicipinya.
Berikut 3 jenis minuman asal Semarang yang menggunakan banyak rempah.

1. Jamu Jun

Penggunaan 12 jenis rempah membuat rasa jamu Jun sangat khas. Perbedaan jamu Jun dengan jamu secara umum adalah adanya penambahan tepung beras. Jamu jun juga dilengkapi dengan isian berbentuk bola-bola kecil yang terbuat dari campuran kelapa dan parutan jahe. Rempah yang digunakan antara lain jahe, kapulaga, cengkeh, lada, dan kayu manis. Rempah-rempah tersebut dicampur dengan larutan santan dan tepung beras, kemudian dimasak hingga mendidih dan mengental. Jamu Jun biasa disajikan menggunakan mangkuk.

2. Wedang Tahu

Wedang tahu atau kembang tahu merupakan minuman khas Semarang yang sederhana karena hanya terdiri dari kuah gula dan irisan tipis tahu sutra. Kuah gula dibuat dari campuran air, jahe, gula aren, serai, cengkeh, daun pandan, dan sedikit garam yang dimasak hingga mendidih. Sementara itu, tahu sutra atau kembang tahu berasal dari campuran agar-agar dan sari kedelai yang dimasak hingga berbentuk seperti puding. Saat akan disajikan, kembang tahu disisir tipis-tipis menggunakan sendok. Wedang tahu sangat nikmat bila diminum saat musim hujan, lo, Ladies.

3. Wedang Rempah Mbah Jo

Wedang rempah hasil racikan Mbah Jo sangat terkenal di Semarang. Warung kecilnya berlokasi di jalan sempit, di belakang kantor Gubernur Jawa Tengah. Letaknya yang tersembunyi tak menjadi halangan bagi penikmat wedang rempah untuk mengunjunginya. Wedang yang disajikan mbah Jo sangat khas. Wedang rempah ini memiliki lebih dari 20 jenis varian minuman yang memiliki khasiat berbeda.
Varian yang paling laris adalah jahe rempah. Minuman yang terdiri dari jahe, temulawak, sereh, kencur, kunyit kuning, kunyit putih, dan perasan jeruk nipis ini dibuat dengan cara sederhana. Seluruh rempah dicuci bersih kemudian dimemarkan dan diseduh dengan air panas. Tambahan sebongkah gula batu membuat rasa minuman ini lebih ramah di lidah. Penggunaan rempah yang melimpah membuat khasiat jahe rempah langsung terasa.
Rempah Indonesia memiliki banyak manfaat. Kekayaan inilah yang menyebabkan banyak negara berlomba untuk menguasai Nusantara sejak dahulu. Ada rencana mengunjungi Semarang dalam waktu dekat ini, Ladies? Jangan lupa mencicipi ketiga minuman tradisional ini, ya.

About

ncsuryani
a momwriterpreuner of two boys who loves to write and read

Check Also

Aneka Resep Kale sang ‘Superfood’. Coba Praktikkan, Yuk!

Hai, Smart Ladies! Siapa sangka sayuran hijau bisa begitu keren? Yaps, kale si hijau superfood …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *