Mendulang Rupiah dari Tanaman Hias Monstera

Hai, Smart Ladies!

Bagi Ladies yang memiliki hobi bercocok tanam khususnya tanaman hias, ada peluang lo, untuk menambah pundi-pundi rupiah dari hobi menanam tanaman hias. Salah satunya dengan membudidayakan tanaman hias monstera. Yuk, mengenal lebih dekat tanaman unik ini!

Habitat Hidup Monstera

Tanaman hias yang dikenal dengan nama monstera deliciosa ini berasal dari hutan tropis Meksiko. Tanaman ini dapat hidup di tempat dengan suhu 23 -30 derajat celsius. Media tanam terbaiknya adalah menggunakan campuran tanah dan pasir dicampur kompos dengan perbandingan 1:1. Monstera juga bisa hidup di dalam air walaupun air bukan media tanam terbaik bagi monstera. Hal ini karena jika terlalu lama tumbuh di dalam air akar monstera makin lama akan membusuk. Habitat hidup monstera adalah ditempat yang teduh tapi cukup cahaya.

Perawatan dan Budidaya Monstera

Untuk Perawatan monstera tidak terlalu sulit. Bisa ditanam di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Tanaman monstera akan tumbuh dengan baik apabila ditempatkan di lokasi yang mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Namun, bukan berarti monstera bisa terkena sinar matahari langsung.  Bila ditanam di dalam ruangan sebaiknya diletakkan di dekat jendela agar tetap mendapatkan cahaya matahari.  Karena tanaman monstera berasal dari daerah tropis maka faktor kelembaban juga harus diperhatikan. Penyiraman dan pemupukan harus dilakukan dengan teratur. Untuk penggunaan pupuk sebaiknya gunakan pupuk yang tinggi nitrogen atau kompos. Untuk budidaya tanaman monstera biasa dilakukan dengan teknik vegetatif steak batang.

Rahasia Di Balik Keindahan Daun Monstera

Ada satu hal lagi yang Ladies perlu ketahui dari tanaman monstera ini. Dibalik bentuk daunnya yang indah, ternyata seluruh bagian tanaman monstera mengandung racun. Jika tanaman monstera ditaman di luar ruangan biasanya akan tumbuh buah. Buah tanaman monstera ini mengandung asam oksalat yang tinggi . Jika sampai tertelan pun daun monstera dapat mengakibatkan peradangan di mulut, pelepuhan tenggorokan, dan hilang suara. Jadi sebaiknya tanaman monstera dijauhkan dari jangkauan anak anak.

Nilai Jual Tanaman Monstera

Dengan berbagai keunikan yang dimiliki tanaman monstera, tak heran jika tanaman ini digemari berbagai kalangan. Daunnya yang cantik dengan warna hijau pekat, berbentuk bulat lebar dan terdapat  sobekan-sobekan alami, menjadi ciri khas tersendiri yang berbeda dengan tanaman hias lainnya.  Nilai lebih dari daun monstera adalah mampu menyejukkan ruangan dan mampu bertahan hingga berhari hari, sehingga banyak digunakan sebagai dekorasi dalam ruangan.  Tak ayal lagi, hal ini menjadikan daun monstera mempunyai nilai jual yang tinggi. Tak tanggung – tanggung, daun monstera dijual per lembar. Satu lembar daun monstera bisa dijual seharga 50 ribu hingga ratusan ribu. Semakin besar ukuran daun monstera semakin mahal harganya.

 

Nah, bagi Smart Ladies yang berminat untuk menjadikan tanaman hias sebagai bisnis, inilah saatnya untuk mulai membudidayakan tanaman monstera. Selain menyalurkan hobi bercocok tanam, Smart Ladies juga bisa mendapatkan keuntungan jika membudidayakan tanaman monstera.

 

 

Fitri Suswanti

Latest posts by Fitri Suswanti (see all)

Related posts

Leave a Comment