Membahagiakan Diri Sendiri agar Terhindar dari Stres

Membahagiakan Diri Sendiri agar Terhindar dari Stres

Hai, Smart Ladies.

Zaman serba canggih, paparan media sosial, kebutuhan hidup yang semakin meningkat, membuat orang mudah stres, terutama banyak dialami para perempuan. Kondisi ini berujung kepada rasa tidak nyaman atau insecure dan tidak bahagia. Artinya, kebahagiaan dapat dipengaruhi oleh faktor luar. Bagaimana cara Ladies menyikapinya jika rasa itu datang menghampiri?

Ada beberapa tips yang bisa Ladies lakukan agar tetap bahagia tanpa terpengaruh faktor luar.

1. Fokus pada Tujuan Hidup

Ladies dapat menentukan tujuan hidup sendiri, seperti menjadi ibu rumah tangga, pendidik, karyawati, atau pengusaha. Setelah semua itu tercapai, kita bisa fokus pada tujuan sehingga tidak akan ada waktu yang terbuang.

2. Buat Skala Prioritas

Kita dapat membuat skala prioritas pertama, misalnya keluarga. Banyak hal yang harus dilakukan dalam mengurus keluarga di antaranya mengurus rumah tangga, sekolah anak, dan lain-lain. Mengurus keluarga saja, cukup membuat kita sibuk tidak sempat melirik kanan kiri. Untuk itu, mensyukuri keberadaan keluarga adalah salah satu hal yang membahagiakan.

3. Gunakan Media Sosial Seperlunya

Jika media sosial merupakan sarana berbisnis bagi Ladies, gunakan sesuai tujuan. Namun, yang sering memicu kecemburuan sosial adalah media yang memang digunakan untuk bersosialita. Sebaiknya, Ladies hindari berlama-lama memperhatikan beranda orang-orang yang sekiranya akan membuat kita tidak bahagia.

4. Hargai Diri Sendiri

Ladies, perempuan adalah makhluk yang paling mampu membuat orang lain merasa aman, nyaman, dan bahagia. Sayangnya, justru mereka yang sering tidak berdaya untuk membahagiakan diri sendiri. Pekerjaan kantor dan rumah selesai adalah salah satu tolak ukur bahwa Ladies berharga. Benar, ‘kan? Beri hadiah pada diri Ladies, bisa dengan sebatang cokelat, satu atau beberapa sekop es krim, atau sebuah buku.

5. Jangan Membandingan dengan Orang Lain

Ibarat menggarami lautan, suatu pekerjaan yang sia-sia dan tidak ada habisnya adalah ingin mengetahui kehidupan orang, begitu juga sebaliknya. Sebaiknya, Ladies menerima dan mensyukuri apa yang telah dicapai dengan menutup mata pada kemewahan dan popularitas orang lain.

Ladies, menjadi manusia berharga adalah dengan menghargai orang lain. Tidak perlu mendiskreditkan orang dan diri sendiri. Berbahagialah dengan selalu mensyukuri hidup karena kita layak mendapatkannya.

asih prihatini
contributor

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

81 + = 83