Kesehatan

Meletakkan Kasur di Lantai, Amankah untuk Kesehatan?

Halo, Smart Ladies!

Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda, tak terkecuali pada cara meletakkan kasur. Ada yang memilih meletakkan kasur di atas dipan, ada juga yang lebih senang meletakkannya di lantai. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan, ya, Ladies. Banyak yang memilih meletakkan kasur di lantai dengan berbagai alasan, seperti untuk menyiasati agar kamar tidak terlihat sempit atau karena terasa lebih sejuk.

Ada beberapa mitos yang menyatakan bahwa meletakkan kasur di atas lantai itu bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti terkena tuberkulosis. Benarkah demikian? Menurut penelitian, hal itu tidaklah benar karena tuberkulosis hanya dapat menular melalui udara. Jadi, jangan khawatir, kasur yang diletakkan di lantai tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan bila kita memperhatikan hal-hal berikut ini.

1. Kebersihan Kasur

Kasur yang diletakkan di lantai lebih mudah terkena debu daripada yang diletakkan di dipan. Debu yang terdapat pada kasur dapat menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan, seperti batuk, pilek, atau gangguan pernapasan lainnya.

Kita juga harus menjaga kebersihan kasur agar tidak lembab. Kasur yang lembab akan menyebabkan kuman mudah hinggap sehingga dapat mengakibatkan gangguan kulit seperti iritasi kulit dan sebagainya. Jagalah kebersihan kasur dengan membersihkannya dari debu-debu sebelum digunakan untuk tidur. Jika tidak dipakai, sebaiknya kasur digulung agar tidak cepat lembap.

2. Alas Kasur

Jika ingin meletakkan kasur di lantai, hendaknya kita memasang alas di bawahnya. Tujuannya adalah untuk mengurangi rasa dingin dari lantai sehingga kita tidak mudah masuk angin atau terkena gangguan kesehatan lainnya. Kita bisa menggunakan karpet untuk alas kasur, ya, Ladies.

3. Model Kasur

Kasur yang diletakkan di lantai perlu juga diperhatikan modelnya. Pilihlah kasur dengan model yang tidak terlalu empuk ataupun sebaliknya, yaitu terlalu keras. Kasur yang terlalu empuk ataupun keras akan menimbulkan rasa nyeri pada tubuh, terutama pinggang.

Meletakkan kasur di lantai memang bisa menghemat tempat sehingga kita mudah untuk mengatur kamar. Namun, tetap perhatikan 3 hal di atas, ya, Ladies agar kesehatan tetap terjaga. Tetap jaga kebersihannya agar terjaga juga kesehatan kita. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tags
Show More

Related Articles

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close