Mata Sehat [pixabay.com]

Mau Penglihatan Jernih dan Mata Lebih Sehat? Yuk, Rutin Lakukan Gerakan Ini!

Halo, Smart Ladies. Mata merupakan indra penglihatan yang sangat penting karena selalu digunakan dalam setiap aktivitas kita. Membaca, bermain gawai, atau menonton TV adalah contoh kegiatan berat yang menggunakan mata. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata sangatlah penting agar semua aktivitas tidak terhambat.

Banyak cara dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan organ yang mengapit hidung ini. Mengonsumsi makanan yang bergizi dan menggunakan pelindung seperti kacamata adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata. Seperti halnya badan, mata pun perlu olahraga, lo. Ladies, berikut ini adalah beberapa gerakan olahraga untuk mata.

1.Berkedip Selama Dua Menit

Kedipkan mata terus-menerus selama dua menit. Lakukan gerakan ini secara rutin, ya, Ladies. Gerakan ini berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah di dalam mata.

2. Melirik ke Kanan dan ke Kiri

Arahkan bola mata kita ke kanan dan ke kiri secara perlahan dan bergantian. Gerakan ini berfungsi untuk menjaga bola mata dan area pupil tidak cepat lelah karena hanya menatap ke depan.

3. Memutar Pupil Mata

Caranya, putar pandangan keempat arah, misal ke kanan, ke kiri, ke atas, dan ke bawah. Lakukan gerakan ini berulang selama satu  menit. Buatlah gerakan berputar seperti membentuk angka delapan dengan bola mata.

4. Membuat Bentuk Geometris

Cobalah membuat bentuk-bentuk geometris dengan gerakan bola mata. Anggaplah dua pupil kita sebagai pensil, lalu gerakkan seperti sedang membuat bentuk-bentuk geometris, seperti segitiga, persegi, dan lingkaran. Lakukan gerakan ini secara terus menerus selama satu menit.

5. Menggerakan Bola Mata saat Terpejam

Dalam keadaan terpejam, gerakkan dua bola mata ke atas dan ke bawah dengan lambat. Ulangi gerakan ini hingga lima atau sepuluh kali.

6. Memijat Pelipis

Tekan pelipis menggunakan jari dan pijatlah selama dua detik dengan lembut. Lakukan empat hingga lima kali. Gerakan ini berfungsi untuk memperlancar aliran cairan intraokular.

7. Mengistirahatkan Mata

Tutup kedua mata selama tiga hingga lima detik, kemudian buka kembali. Lakukan hingga sebanyak tujuh kali. Gerakan ini akan melatih otot mata agar lebih rileks serta memperlancar sirkulasi darah di area mata.

8. Memejamkan Mata Sejenak

Pejamkan mata untuk beberapa waktu. Cukup tutup mata dan rileks. Saat terpejam, suasana gelap akan membuat sel fotoreseptor pada mata menjadi lebih kuat. Hal ini akan menjadikan penglihatan kedua mata kita lebih tajam, Ladies.

Menjaga kesehatan mata wajib dilakukan karena tak akan ada gantinya bila sudah rusak. Oleh karena itu, periksakan organ ini ke dokter mata secara rutin. Patuhi saran dokter untuk menggunakan kacamata agar beban mata tidak terlalu berat. Semoga mata kita tetap sehat dan jernih untuk melihat, ya, Ladies.

 

About

ncsuryani
a momwriterpreuner of two boys who loves to write and read

Check Also

gambar drg. Rahayu

Bermula dari Hobi, Simak Kisah Seorang Dokter Gigi yang Menjadi Penulis dan ‘Enterpreneur’

Halo, Smart Ladies ! Pernahkah saat Ladies kecil, merasa takut ketika Mama ajak pergi ke …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *