Masih Belum Berani Mengemudikan Mobil? Ikuti 7 Langkah Ini

  • Whatsapp
Gambar oleh oknesanofa dari Pixabay

Hai, Ladies!

Pernahkah mengalami keadaan mendesak harus pergi ke suatu tempat, tetapi tiba-tiba pengemudi ojek daring yang  sebelumnya telah dipesan membatalkan sepihak? Sementara itu, di garasi rumah Ladies terparkir manis mobil siap pakai. Rasanya ingin menangis, bukan? Padahal andaikan bisa mengemudi, Ladies tinggal membuka pintu garasi dan menyalakan mesin mobil untuk bisa langsung melesat menuju tempat tujuan. Mengapa Ladies tidak segera belajar mengemudi yang pastinya akan menunjang Ladies dalam berkegiatan di masa depan?

Ladies, berikut ini ada 7 langkah dalam berproses agar bisa mengemudi tanpa rasa takut:

1. Ganti Rasa Cemas dan Takut dengan Perasaan Bahagia bila Ladies Bisa Mengemudi

Langkah pertama ini sangat penting untuk dilakukan sebelum melangkah selanjutnya. Ladies harus mengganti kecemasan di hati dengan perasaan bahagia yang akan didapat apabila bisa mengemudi. Bayangkan kemudahan dan keuntungan mengemudikan mobil sendiri, yang jelas Ladies menjadi lebih mandiri dan hidup menjadi lebih mudah. Hindari pemikiran negatif seperti ketakutan akan kecelakaan karena kenyataannya pengemudi kendaraan lain juga tahu bagaimana harus menghindari kendaraan Ladies bila bersimpangan di jalan raya, yang penting Ladies harus berhati-hati dan berkonsentrasi selama mengemudi.

2. Berkenalan Lebih Dekat dengan Kendaraan Ladies

Mengapa Ladies tidak yakin untuk mengemudi? Karena Ladies belum mengenal kendaraan dengan baik. Mengenal dengan baik berarti mengetahui secara detail setiap bagian-bagiannya. Anggap ia adalah pasangan Ladies, yang mana Ladies tahu secara spesifik bagian tubuh apa saja yang dimilikinya.

Nah, sementara untuk mengenal bagian dalam mobil pertama-tama adalah dengan duduk nyaman di kursi pengemudi. Dalam kondisi mesin kendaraan mati, amatilah fitur-fitur dan sentuhlah instrumen-instrumen yang akan digunakan dalam menyetir hingga Ladies benar-benar hafal letak dan fungsi peralatan tersebut. Kemudian cucilah sendiri mobil Ladies. Tujuannya selain untuk menjaga kebersihan juga untuk mengenal secara langsung bagian-bagian luarnya. Amati dimensi serta panjang dan lebar sisi-sisi kendaraan sehingga bila nanti saat menyetir harus melewati sebuah  jalan dengan lebar tertentu, Ladies telah memiliki perkiraan.

3. Buatlah Fantasi Berulang Ladies sedang Mengemudikan Mobil

Setelah benar-benar hafal letak dan fungsi instrumen-instrumen kemudi, ambillah waktu senggang sejenak, tetapi rutin selama beberapa hari lagi untuk kembali duduk di belakang kemudi dalam kondisi mesin mobil masih dimatikan. Bayangkan Ladies sedang mengemudi di jalan raya. Atur kursi hingga mendapatkan posisi duduk yang sesuai, sentuh tongkat persneling, rasakan dan injak perlahan rem kopling dan gas (bila mobil  manual) atau  rem dan gas (mobil matic), lihat pemandangan pada spion kiri kanan dan tengah, pindahkan gagang lampu sen, dan lainnya. Jangan ragu untuk melakukannya berulang-ulang.

Jika sudah sangat familier dengan instrumen kemudi, cobalah untuk menstater/menyalakan mesin mobil dengan kondisi rem tangan masih aktif. Setelah mesin mobil menyala, buatlah kondisi diri senyaman mungkin, bisa dengan menyalakan AC atau Radio yang memutar lagu kesayangan. Kemudian peganglah setir, rasakan deru suara mesin mobil dan bayangkan Ladies sedang mengemudi di sebuah jalan raya. Latihlah hal ini berulangkali sampai tiada lagi rasa cemas melainkan perasaan bahagia karena bisa mengemudi.

4. Ikutlah Kursus Mengemudi

Tibalah waktu untuk mengemudi di jalan raya. Apalagi yang harus dikhawatirkan, toh Ladies sudah memiliki pengetahuan yang baik mengenai instrumen-instrumen kemudi. Saatnya kini untuk mengaplikasikannya. Bergabunglah pada sebuah kursus mengemudi. Sebisa mungkin ambil kursus dengan jadwal setiap hari. Hal ini akan sangat membantu untuk mengingat apa yang telah dilatih di hari sebelumnya. Mintalah seorang instruktur yang sabar dalam mendampingi Ladies mengemudi di jalan raya dan banyaklah bertanya mengenai hal-hal yang sekiranya belum jelas.  Membuat catatan pribadi juga cukup membantu.

5. Ujian Surat Ijin Mengemudi (SIM)

Lembaga kursus mengemudi biasanya dapat memfasilitasi dalam pengambilan Surat Ijin Mengemudi. Dengan memiliki Surat Ijin Mengemudi Ladies akan lebih percaya diri dan merasa aman saat memperlancar kemampuan mengemudi di jalan raya.

6. Carilah Pendamping di Awal Mengemudi

Setelah paket latihan dari kursus mengemudi selesai dan Ladies telah memiliki SIM, carilah seorang pendamping untuk menemani Ladies mengemudikan mobil milik sendiri. Hal ini sebaiknya dilakukan sesegera mungkin setelah jadwal kursus selesai. Pendamping tersebut hanya bersifat menemani dan tidak boleh memberikan komentar bagaimana cara mengemudi. Biarkan Ladies sendiri yang memegang kendali mobil dengan bekal pengetahuan dan latihan yang telah dimiliki. Hal tersebut akan membuat Ladies lebih percaya diri dan mudah dalam berkonsentrasi. Apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan selama Ladies mengemudi, minta pendamping untuk sigap menarik rem tangan bila diperlukan.

7. Mulailah dengan Rute Bepergian Harian Ladies

Bersama pendamping tersebut, mulailah mengemudi dengan rute harian yang biasa Ladies lalui, sebagai contoh rute ke sekolah untuk mengantar anak, dilanjutkan rute ke pasar untuk berbelanja, lalu pulang kembali ke rumah. Siang harinya masih dengan pendampingan kembali  menuju sekolah untuk menjemput anak, dilanjutkan dengan rute ke tempat les, dan rute lainnya. Carilah juga lahan kosong yang aman untuk bisa berlatih kemampuan parkir dan tanjakan. Lakukan kegiatan ini rutin setiap hari sampai Ladies bisa merasakan adanya kemajuan dan yakin bahwa bisa mengemudi sendiri tanpa perlu pendampingan. Jangan lupa untuk menambah jumlah rute setiap harinya, bila perlu menggunakan GPS.

Demikianlah 7 langkah yang bisa Ladies lakukan untuk mampu mengemudi tanpa rasa takut dan khawatir. Ketekunan dan kesabaran dalam berproses sangatlah berpengaruh pada keberhasilan. Dalam hal ini juga yang terpenting adalah selalu berdoa kepada Yang Maha Kuasa di setiap awal kegiatan supaya apa yang Ladies lakukan selalu dalam lindungan-Nya.

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *