Alat Rumah Tangga untuk Berolahraga/BeautyJournal-Socallia

Mari Manfaatkan Perabot Rumah Tangga untuk Berolahraga di Rumah Selama Masa Pandemi. Sofa pun Jadi, lo!

Halo Smart Ladies!

Sudahkah Ladies berolahraga hari ini? Hmm, bagi sebagian orang pertanyaan demikian mungkin agak kurang nyaman, ya?

Sembari ngedumel dalam hati, ihh, mana mungkin ibu rumah tangga (IRT) macam saya meluangkan waktu berolahraga ke pusat kebugaran, mana ada waktu, mana pandemi pula. Gitu, kan, hehe.

Kata siapa berolahraga itu kudu pergi ke pusat kebugaran yang notabenenya pusat kerumunan orang, apalagi dalam kondisi masa pandemi seperti sekarang ini. Berkerumun sangat berbahaya tentunya.

Untuk itu, Ladies cukup berolahraga di rumah saja. Malah melakukan olahraga di masa pandemi dari rumah, jadi tren tersendiri, lo!

Para influencer dan publik figur banyak mengunggah video mereka yang sedang berolahraga di rumah dengan alat seadanya ke laman sosial media pribadi.

Mau mengikuti tren baru ini?

Caranya mudah saja, cukup memanfaatkan perabot rumah tangga yang ada di sekitar rumah kita sebagai alatnya.

Botol minum sebagai alat olahraga

3 Alat Rumah Tangga untuk Berolahraga

Berikut ini setidaknya tiga macam perabot yang dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk berolahraga di rumah. Semua alat rumah tangga tersebut pasti Ladies punya, kok.

Sofa

Perabot ini dapat kita gunakan untuk melatih otot trisep, melakukan push-up yang ditinggikan, atau menahan beban lainnya.

Meski menjadi tempat yang paling nyaman untuk bersantai di rumah, sofa juga bisa digunakan untuk berolahraga. Selain tidak memakan tempat, kita bisa berolahraga dengan nyaman.

Kursi

Ayo, lakukan gerakan teknik jongkok yang benar saat melakukan squat dengan bantuan kursi.

Taruh kursi di belakang tubuh dan lakukan gerakan seolah-olah akan duduk dengan tangan lurus ke depan. Namun, saat turun, tubuh jangan sampai menyentuh kursi dan langsung berdiri. Sementara tangan lurus  menempel pada tubuh.

Botol Minum/Tumbler

Kegunaan botol minum/tumbler  di rumah bisa berguna sebagai pengganti dumble dan burble. Ladies bisa mengisi ulang dengan air biasa,  lalu gunakan sebagai alat olahraga angkat beban supaya otot lengan makin kuat dan tangguh.

Nah, mudah sekali bukan, mengalihfungsikan perabot rumah tangga menjadi sarana olahraga ringan di rumah dengan manfaat yang sama ketika kita pergi berolahraga di tempat gym.

Ladies, olahraga merupakan aktivitas yang bermanfaat untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh kita.

Kegiatan ini dapat juga menjadi hiburan bagi mereka yang melakukan olahraga bersama-sama.  Namun, pada masa pandemi, masyarakat yang biasanya berolahraga bersama di lapangan, untuk sementara dihentikan dahulu.

Jadi, solusinya, tetap berolahraga di rumah adalah cara terbaik untuk sehat dan tidak terpapar COVID-19.

Seringkali, berolahraga tidak lagi menjadi prioritas bagi para ibu rumah tangga. Padahal, jika Ladies melakukan olahraga di rumah dengan jumlah waktu yang sedikit, dan memanfaatkan perabot rumah tangga pun, membuat tubuh makin sehat dan bugar.

Dengan berolahraga, akan memperlancar peredaran darah sehingga dapat membantu memperbaiki metabolisme tubuh.

Bila metabolisme tubuh baik, pikiran akan rileks, dan ketegangan menurun. Ladies lebih bersemangat dan gembira menjalani rutinitas pekerjaan, pengasuhan anak, dan tetek bengek urusan rumah tangga. Setuju, ya?

Menyusun Jadwal Olahraga

Selain olahraga dengan menggunakan perabot yang ada di rumah, kita bisa mengatur waktu untuk kegiatan bakar lemak ini.

Mari kita susun daftar olahraga di rumah dengan bantuan alat rumah tangga.

Hari Senin, sit up dengan bantuan sofa sebagai pengganjal kaki supaya gerakan sit up bisa dilakukan sendiri.

Hari Selasa, senam aerobik mengikuti video aerobik selama 45 menit. Bisa kita tambahkan bantuan botol minuman, jika ada gerakan angkat beban dalam video tersebut.

Hari Kamis,  push up dan mengangkat dumbel seberat 1 kg selama 30 menit. Nah, gunakan kembali botol minum yang sudah diisi air sebagai alat bantunya.

Demikianlah pemanfaatan perabot rumah tangga yang bisa kita jadikan pengganti alat untuk berolahraga selama di rumah saja beserta contoh daftar jadwalnya.

Semoga makin banyak para perempuan, khususnya ibu rumah tangga yang teredukasi bahwa kegiatan olahraga sangat penting untuk kesehatan tubuh dan kesehatan mental.

 

 

 

About nova yulfia

nova yulfia
seorang ibu 4 anak yang menggemaskan penyuka dunia literasi

Check Also

Berjemur Aktivitas Ringan Yang Menyehatkan

Hai, Ladies! Bukan sebuah fenomena baru lagi, kalau sekarang sinar matahari menjadi sesuatu yang dirindukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *