Manfaat yang Diperoleh Ibu Hamil jika Minum Zamzam

Hai, Smart Ladies!

Siapa, sih, yang tidak mengenal zamzam? Mata airnya yang berada di Makkah, Arab Saudi, tidak pernah kering. Zamzam juga menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat Makkah dan sekitarnya. Sumur ini diyakini tidak terkontaminasi sejak ribuan tahun yang lalu sehingga zamzam juga aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Seperti ditulis dalam steemit.com, zamzam memiliki elemen yang sangat baik, alami, higienis, dan bermanfaat untuk kesehatan. Lalu, apa saja manfaat yang diperoleh ibu hamil jika minum zamzam? Yuk, simak ulasan berikut ini!

 

1. Mendapatkan Asupan Mineral Penting secara Alami

Secara ilmiah, zamzam dipercaya memiliki banyak kandungan mineral. Minum zamzam bisa menjadi cara alami untuk memasok berbagai mineral penting bagi ibu hamil dan janinnya. Kandungan kalsium dan magnesium dalam zamzam terbukti sangat bagus untuk kesehatan gigi dan tulang. Sementara itu, kandungan kalsiumnya diperlukan dalam pembentukan otak dan sel darah merah pada janin.

Selain itu, kalsium dan magnesium dalam zamzam bersifat menyembuhkan. Minum zamzam selama masa kehamilan dapat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh. Hal ini selaras dengan hadis berikut:
Rasulullah saw. bersabda, “Air zamzam itu berkhasiat sesuai dengan apa yang diniatkan. Jika engkau meminumnya dengan niat meminta kesembuhan, Allah akan menyembuhkanmu, dan jika engkau meminumnya dengan niat agar dahagamu hilang, Allah akan menghilangkan dahagamu. Ia adalah galian Jibril dan siraman Allah kepada Ismail.” (H.R Ibnu Abbas dan Al Hakim)

 

2. Mendapatkan Sugesti Positif

Sebagian orang percaya bahwa secara spiritual, ibu hamil memperoleh sugesti positif setelah minum zamzam. Ibu hamil bisa ikut merasakan kesabaran Siti Hajar saat berjuang untuk menemukan sumber air bagi Ismail. Sugesti positif ini sangat dibutuhkan untuk menjaga semangat dan mental ibu menjelang dan saat proses persalinan.

Secara psikologis, zamzam juga bisa membersihkan berbagai penyakit hati. Dengan demikian, ibu hamil bisa lebih tenang dalam mengelola emosi dan menyiapkan proses kehamilan yang sehat. Aura positifnya pun terpancar.

 

3. Proses Metabolisme dalam Tubuh Menjadi Lebih Optimal

Mury Kuswari, Pengurus Pakar Gizi Pangan Indonesia, seperti dikutip kumparan.com, menyebutkan beberapa manfaat zamzam bagi tubuh. Selain memiliki kandungan mineral yang tinggi, zamzam juga mudah diserap tubuh dan menjadi penyeimbang cairan tubuh. Minum zamzam selama kehamilan diyakini bisa mengoptimalkan proses metabolisme tubuh.

Kita tahu bahwa metabolisme tubuh yang lancar dapat mencegah terjadinya timbunan lemak. Proses ini akan berjalan optimal, jika ibu hamil bisa menjaga asupan cairan sehingga tidak mengalami dehidrasi. Karena metabolisme meningkat saat tidur, ibu hamil disarankan minum zamzam sebelum tidur atau sesudah bangun tidur.

Nah, Ladies, zamzam memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, agar tetap sehat dan tumbuh kembang janin lebih optimal, ibu hamil harus tetap melengkapinya dengan mengonsumsi makanan sehat.

About Metha Birlia Chandra

Metha Birlia Chandra

Check Also

gambar drg. Rahayu

Bermula dari Hobi, Simak Kisah Seorang Dokter Gigi yang Menjadi Penulis dan ‘Enterpreneur’

Halo, Smart Ladies ! Pernahkah saat Ladies kecil, merasa takut ketika Mama ajak pergi ke …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *