Manfaat Mendongeng untuk Anak

Halo, Smart Ladies!
Mendongeng dan membaca nyaring adalah dua kegiatan yang punya banyak manfaat bagi perkembangan anak-anak. Walaupun terlihat mirip, keduanya mempunyai perbedaan. Membaca nyaring berarti membacakan buku untuk anak dengan suara nyaring, sementara mendongeng adalah menceritakan kisah dengan cara yang menarik dan menyenangkan.
Mendongeng bisa dilakukan menggunakan alat bantu, seperti boneka tangan atau gambar. Pada kegiatan membaca nyaring, sebaiknya anak bisa ikut melihat tulisan di dalam buku, sementara ketika mendongeng, Ladies bisa bebas berimprovisasi. Akan tetapi, keduanya sama-sama harus dilakukan dengan berbagai macam suara, intonasi, dan pengucapan kata-kata yang jelas. Nah, inilah beberapa alasan mengapa Ladies perlu mendongeng untuk anak-anak.

1. Mengajarkan Nilai-Nilai Positif

Mendongeng bisa dimulai sejak anak-anak masih bayi. Melalui dongeng, Ladies bisa mengajarkan moral, perbuatan benar-salah, nilai-nilai dalam agama, dan sebagainya. Ladies bisa membuat dongeng sendiri sehingga ceritanya sesuai dengan usia dan keadaan anak. Sebagai contoh, jika ingin mengajarkan anak untuk mau berbagi dengan temannya, Ladies bisa membuat cerita yang menunjukkan manfaat dan rasa senang ketika kita berbagi dengan orang lain. Anak akan lebih mudah menerima nilai-nilai yang diajarkan melalui dongeng daripada hanya sekadar diberi tahu.

2. Menstimulasi dan Mengembangkan Imajinasi Anak

Kegiatan mendongeng bisa menstimulasi dan mengembangkan imajinasi anak. Mendongeng menggunakan properti seperti boneka atau gambar akan membuat anak mempelajari banyak hal baru. Anak juga dapat mengembangkan kemampuan mendengar dan mengingat kosakata baru. Pada saat mendongeng, Ladies bisa memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar ceritanya untuk melihat sejauh mana anak bisa memahaminya.
Mengajak anak untuk menebak apa yang akan terjadi selanjutnya juga baik untuk merangsang imajinasi mereka. Anak usia 6 tahun ke atas sudah bisa diajak mendongeng. Jika mereka mau, biarkan anak membuat cerita mereka dan menyiapkan alat peraganya sendiri. Anak akan mendapat pengalaman yang berbeda bila diberi kesempatan untuk mendongeng pada teman-teman atau adiknya.

3. Membantu Perkembangan Emosional Anak

Dongeng bisa membantu perkembangan emosional anak. Melalui dongeng, anak-anak bisa belajar mengenali jenis emosi yang mereka rasakan. Mendengarkan dongeng bisa membantu anak mengatasi rasa cemas akan permasalahan yang mereka hadapi, terutama bila dongeng tersebut relevan dengan kondisi mereka. Setelah selesai mendongeng, Ladies bisa berdiskusi dengan anak-anak untuk memberi kesempatan mengeluarkan pendapat dan perasaan mereka berkaitan dengan cerita yang baru didengar.

4. Mempererat Hubungan dengan Anak

Mendengarkan dongeng yang diceritakan orang tua akan memberi efek yang berbeda dibandingkan dengan mendengarkan dongeng dari gawai atau TV. Pada saat anak mendengarkan dongeng dari gawai, hanya akan menjadi komunikasi satu arah. Sebaliknya, ketika orang tua mendongeng untuk anak, akan terjadi komunikasi dua arah. Anak tidak akan merasakan kehangatan dari gawai dan TV.
Mendongeng merupakan kegiatan interaktif antara pendongeng dan pendengarnya. Jangan lupa melibatkan anak-anak dalam cerita ketika Ladies mendongeng, ya. Anak akan merasa sangat senang jika dilibatkan dalam kegiatan ini. Apa bila kegiatan ini rutin dilakukan, hubungan orang tua dengan anak-anak akan semakin erat. Pada akhirnya, mereka akan merasa nyaman bertukar cerita dengan orang tua.

5. Menciptakan Kenangan yang Menyenangkan Bagi Anak

Bayangkan bagaimana perasaan Ladies saat mendengar anak-anak bercerita kepada teman-temannya bahwa mereka sangat suka mendengarkan dongeng dari orang tua mereka. Pasti Ladies akan merasa senang, bukan? Apalagi jika anak-anak mengatakan hal itu ketika mereka sudah dewasa. Hal ini menujukkan bahwa kegiatan mendongeng yang dilakukan orang tua akan menjadi kenangan yang menyenangkan bagi anak. Anak akan selalu mengingatnya, bahkan setelah mereka dewasa nanti. Jadi, jangan sepelekan mendongeng, karena kegiatan ini banyak manfaatnya.
Nah, itulah beberapa manfaat mendongeng pada anak. Ayo, mulai mendongeng!

About Andriani

Andriani Sekar N

Check Also

Garden School, Belajar Menyenangkan dan Menyehatkan di Era Pandemi

Hi, Smart Ladies! Banyak hal di kehidupan berubah semenjak virus korona datang dalam waktu setahun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *