Manfaat Hewan Peliharaan bagi Anak

  • Whatsapp
Manfaat Hewan Peliharaan bagi Anak [bijibersemi.com]

Hai, Ladies!

Ladies, memelihara hewan memang sesuatu yang lazim dan telah lama manusia lakukan. Kucing, misalnya, telah dipelihara manusia sejak zaman Kerajaan Mesir.

Bacaan Lainnya

Kita pun melihat banyak contoh kedekatan hubungan antara manusia dengan hewan peliharaannya. Selain itu, memiliki hewan peliharaan ternyata sangat baik untuk kesehatan mental kita. Beberapa jenis hewan bahkan dapat membantu manusia melakukan pekerjaan sehari-hari. Anjing dapat diandalkan untuk membantu orang yang tunanetra dalam melakukan perjalanan. Di beberapa daerah, monyet dapat membantu majikannya untuk memetik kelapa.

Ladies, pada keluarga-keluarga yang memiliki hewan peliharaan, anak-anak biasanya juga ikut berinteraksi dan mengurusnya. Tak jarang, hewan peliharaan tersebut justru dipelihara atas permintaan anak. Sebagai ibu, kita perlu tahu bahwa hewan peliharaan ternyata memiliki banyak manfaat bagi perkembangan anak secara psikologis.

Yuk, kita simak ulasannya.

1. Mengajarkan Tanggung Jawab

Berikan tugas kepada anak untuk memberi makan, membersihkan kandang, atau memandikan hewan peliharaannya. Anak-anak yang terbiasa merawat hewan peliharaannya sendiri akan tumbuh menjadi anak yang bertanggung jawab dan mampu menyelesaikan tugas yang kita berikan kepadanya.

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Terbiasa bertanggung jawab merawat hewan peliharaan akan meningkatkan rasa percaya diri anak karena ia merasa mampu melaksanakan tugas. Karena dipelihara dengan baik, hewan itu akan membalas dengan menunjukkan rasa sayang kepada pemiliknya. Hal ini akan membuat anak merasa dicintai dan dibutuhkan.

3. Menumbuhkan Empati

Ajarkan kepada anak bahwa hewan peliharaan pun memiliki perasaan. Mereka membutuhkan kasih sayang dan perhatian. Dengan cara ini, anak bisa belajar untuk memperhatikan dan memahami kebutuhan hewan peliharaannya. Hal ini dapat membantu menumbuhkan empati dalam diri anak. Hasil penelitian para ahli menunjukkan bahwa anak-anak yang memiliki hewan peliharaan mempunyai empati lebih besar dibandingkan dengan yang tidak.

4. Mengasah Kecerdasan Emosional

Saat bermain bersama hewan peliharaannya, anak belajar berinteraksi dan bersosialisasi dengan makhluk lain. Hal itu bermanfaat untuk mengasah kecerdasan emosional anak.

5. Memberikan Ketenangan dan Mengurangi Stres

Manfaat ini dirasakan baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Kegiatan mengelus, mengusap, dan menepuk-nepuk hewan peliharaan dapat mendatangkan rasa tenang dan menurunkan stres. Ketika anak sedang tegang atau gelisah karena akan menghadapi ujian, misalnya, biarkan ia bermain dengan hewan peliharaannya sejenak agar merasa tenang.

Nah, Ladies, memelihara hewan ternyata memiliki banyak manfaat bagi anak, ya.
Meskipun demikian, ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum kita mengizinkan anak untuk memelihara hewan.

Pertama, pastikan anak memiliki alergi terhadap bulu binatang atau tidak. Sebagian anak ada yang alergi terhadap bulu binatang. Jika dia memiliki alergi, pilihlah hewan yang aman dan tidak memicu alerginya.

Kedua, kita sebaiknya memilih hewan peliharaan yang sesuai bagi anak. Tidak semua hewan yang ada di pet shop sesuai untuk anak. Memelihara ular, misalnya, tentu bukan pilihan yang bijak. Ada beberapa hewan yang cocok untuk anak, misalnya kucing, anjing, ikan hias, kura-kura, dan hamster.

Belilah hewan peliharaan di pet shop yang tepercaya menjual hewan yang sehat. Tidak ada salahnya untuk mengajak anak agar dia bisa memilih hewan yang disukainya. Jangan lupa segera membawanya ke dokter hewan agar dokter bisa mengecek kesehatannya dan melakukan vaksinasi.

Semoga informasi mengenai manfaat hewan peliharaan bagi anak ini bermanfaat, ya, Ladies.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *