Lifestyle

Lakukanlah Hal Ini agar Sampah Dapur Tidak Menumpuk dan Bermanfaat

Hai, Smart Ladies!

Ladies, tahukah bahwa sebagian besar sampah dapur merupakan sampah organik? Sampah organik merupakan sampah yang dapat terurai. Beberapa contoh sampah dapur seperti kulit bawang, tangkai kangkung, tangkai bayam, bonggol sawi, tangkai cabai, kulit buah-buahan, dan sebagainya.

Bayangkan, Ladies, seandainya sampah dapur tersebut tidak dimanfaatkan maka sampah akan makin menumpuk. Akan tetapi, bila Ladies mengelolanya dengan tepat maka tumpukan sampah akan berkurang dan juga dapat memberikan manfaat.

Dengan pengolahan yang tepat, sampah dapur ini dapat menjadi pupuk yang berguna bagi tanaman. Berikut cara mengolah sampah dapur secara sederhana dan minim biaya yang dapat Ladies coba lakukan di rumah.

  1. Siapkan ember atau karung bekas;
  2. Kumpulkan tangkai sayuran dan kulit buah-buahan;
  3. Potong kecil-kecil tangkai sayur dan kulit buah dengan ukuran sekitar 1-2 cm;
  4. Siapkan juga tanah sebagai bahan campurannya dan masukkan ke dalam ember atau karung;
  5. Kemudian, masukkan sampah dapur ke dalam ember atau karung yang telah berisi tanah;
  6. Biarkan sekitar 1-2 hari;
  7. Keesokan harinya tutup sampah dapur dengan tanah;
  8. Lalu, berikan lagi sampah dapur di atas tanah;
  9. Begitu seterusnya sampai dirasa cukup dan penimbunan dapat diakhiri.

Sampah dapur yang Ladies olah secara sederhana di atas memiliki beberapa manfaat di antaranya:

1. Dapat Menjadi Pupuk Organik

Apa, sih, pupuk organik itu? Pupuk organik adalah pupuk yang tersusun dari materi makhluk hidup, seperti pelapukan sisa-sisa tanaman dan hewan. Sisa-sisa tanaman yang telah dipotong kecil lalu dicampurkan dengan tanah akan lebih cepat terurai. Banyak orang yang lebih memilih pupuk organik daripada pupuk non organik. Hal ini dikarenakan pupuk organik lebih aman bagi manusia, tumbuhan, dan hewan.

2. Mampu Menjaga Struktur dan Merawat Tingkat Kesuburan Tanah

Dengan menambahkan pupuk organik maka struktur tanah sedikit demi sedikit akan berubah, tanah tidak akan padat dan masam, melainkan menjadi gembur dan subur karena pH tanah kembali netral.

3. Dapat Mengurangi Pencemaran Lingkungan

Sampah dapur juga dapat dikatakan sebagai salah satu penyebab pencemaran lingkungan. Sampah dapur yang menumpuk lama kelamaan akan membusuk. Bau busuk yang dihasilkan akan sangat mengganggu.

Sampah dapur yang diolah dengan tepat akan mengurangi bau. Sampah tersebut akan terurai lebih cepat sehingga penumpukan sampah dapur akan lebih cepat berkurang.

Nah, itu tadi hal yang dapat Smart Ladies lakukan untuk mengurangi sampah dapur beserta manfaatnya. Sangat mudah, bukan? Yuk, mulai dari sekarang kita kelola sampah dapur.

Tags
Show More

Leily Marlinawaty

Leily Marlinawaty seorang guru IPA SMPN1 Karawang Barat dengan 4 orang anak, bersuami Sunarto sebagai wiraswasta

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close