Lakukan 5 Kebiasaan ini agar Rumah Bersih dan Rapi

Halo, Smart Ladies!
Memiliki rumah yang bersih dan rapi pasti merupakan keinginan semua ibu, ya. Namun, terkadang ada saja hal-hal yang membuat rumah tidak bersih dan rapi, terutama bila Ladies tidak memiliki asisten rumah tangga. Contohnya adalah ibu bekerja yang tidak punya cukup waktu untuk membereskan rumah, anak tidak dibiasakan menjaga kerapian barang mereka, dan lain-lain. Namun, jangan khawatir, Ladies. Ada 5 kebiasaan yang dapat kita lakukan untuk menjaga agar rumah selalu bersih dan rapi.

1. Membereskan Ruangan dan Barang Segera Setelah Dipakai

Biasakan untuk tidak menunda waktu untuk membereskan rumah, membereskan ruangan atau barang segera,  setelah selesai digunakan. Segera bereskan tempat tidur setelah bangun, rapikan meja selesai dipakai, cuci dan bersihkan peralatan dapur usai memasak, dan sebagainya. Dengan cara ini, pekerjaan membereskan rumah tidak akan menumpuk. Lebih mudah membereskan barang yang sedikit daripada menunda untuk membereskannya sekaligus. Jika rumah atau ruangan sudah berantakan, biasanya akan timbul rasa malas untuk membereskannya. Dengan membereskannya sedikit-sedikit, rumah akan selalu rapi.

2. Biasakan Rutinitas Beres-Beres bagi Seluruh Anggota Keluarga

Ajak seluruh anggota keluarga, terutama anak-anak, untuk terbiasa membereskan mainan setelah digunakan, merapikan tempat tidur setelah bangun, meletakkan baju yang telah mereka pakai ke keranjang baju kotor, dan sebagainya. Dengan begitu, anak juga akan terbiasa menjaga kamarnya tetap bersih dan rapi.
Ladies juga bisa mendelegasikan beberapa pekerjaan rumah tangga kepada anak-anak yang lebih besar, seperti membuang sampah, menyapu lantai, atau membersihkan meja. Dengan kerja sama yang baik di antara seluruh anggota keluarga, rumah bisa terjaga kebersihan dan kerapiannya.

3. Menyediakan Tempat untuk Semua Barang

Agar rumah selalu kelihatan rapi, Ladies harus menyiapkan tempat untuk semua barang. Contohnya, buku-buku tersimpan di rak buku, semua pakaian masuk lemari pakaian, peralatan masak dan makan juga disimpan di lemari masing-masing, dan sebagainya. Intinya adalah jangan biarkan barang-barang menumpuk di sudut ruangan karena tidak mempunyai tempat penyimpanan. Hal tersebut akan membuat rumah kelihatan kotor dan berantakan.
Jangan lupa untuk menyediakan tempat sampah di semua ruangan. Jadi, semua anggota keluarga bisa langsung membuang sampah ke tempatnya dan tidak meninggalkannya begitu saja di meja atau lantai.

4. Hindari Memiliki Terlalu Banyak Barang

Jangan biasakan membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan, ya, Ladies. Terutama jika rumah Ladies tidak terlalu luas. Membeli barang dengan harga diskon memang menarik, tetapi Ladies harus berhati-hati ketika hendak membelinya. Tanyakan kepada diri sendiri, apakah barang tersebut memang diperlukan atau tidak. Jangan membeli barang karena murah saja, tapi sebenarnya Ladies tidak membutuhkannya. Barang yang menumpuk hanya akan membuat rumah menjadi berantakan.
Berbelanjalah dengan bijak. Jika perlu, mulailah belajar mendaur ulang benda-benda yang ada di rumah sehingga Ladies tidak perlu sering membeli barang.

5. Membuang atau Mendonasikan Barang-Barang yang Tak Terpakai

Rumah bisa kelihatan bersih dan rapi bila tidak diisi terlalu banyak barang. Periksalah barang-barang yang ada di rumah, apakah masih dipakai atau tidak. Donasikan barang-barang yang masih layak pakai, tetapi tidak Ladies butuhkan sehingga bisa bermanfaat untuk orang lain. Dengan begitu benda tersebut bisa bermanfaat untuk orang lain. Buang saja barang-barang yang sudah rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi.
Hindari memenuhi rumah dengan benda-benda koleksi yang tidak perlu. Ajak anggota keluarga untuk melakukan hal yang sama. Lakukan acara bersih-bersih rumah secara menyeluruh sebulan sekali untuk memeriksa apakah ada barang yang perlu dibuang atau didonasikan.
Nah, itulah 5 kebiasaan yang bisa dilakukan agar rumah bisa selalu bersih dan rapi. Semoga bermanfaat.

About Andriani

Andriani Sekar N

Check Also

Ingin Bahagia? Terapkan 7 Cara Ini untuk Mendapatkannya!

Hai, Ladies! Setiap orang pasti ingin merasakan bahagia. Untuk mendapatkannya, kita akan rela melakukan apa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *