Lakukan 3 Hal ini Saat Menemani si Sulung Belajar sambil Mengurus si Kecil

Halo, Smart Ladies!

Mempunyai anak lebih dari satu, terlebih masih balita, membuat Ladies kerap kali kerepotan membagi waktu. Perhatian menjadi terbagi antara mengurus anak-anak dan pekerjaan rumah. Karena Ladies sangat repot, si sulung menjadi terlupakan, sementara adiknya mendapatkan perhatian lebih.

Ladies, anak sulung diam-diam memperhatikan ibunya. Jika si sulung berkarakter keras, ia biasanya berani mengungkapkan isi hatinya, bersikap frontal, bahkan bertindak di luar dugaan. Dia bisa cemburu dan iri melihat adiknya lebih diperhatikan.

Kita tidak perlu bersikap emosional saat menghadapi sikap si sulung yang seperti itu. Tarik napas dalam-dalam, luangkan sedikit waktu untuknya, dengarkan ceritanya, dan bikin si sulung merasa diperhatikan.

Ada banyak hal yang bisa Ladies lakukan agar anak sulung kita tidak merasa tersisih antara lain menemaninya belajar atau membuat prakarya. Kegiatan seperti itu bisa menjadi  sarana bagi anak untuk me-time bersama ibunya dan menguatkan ikatan batin di antara mereka. Nah, bagaimana tipsnya? Kita simak, yuk!

  1. Menemani si Sulung Membuat Daftar Tugas

Selama masa pandemi ini, sekolah menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar dari rumah. Ada sekolah menggunakan aplikasi di ponsel. Namun, ada juga sekolah yang membuat jadwal bagi orang tua untuk mengambil tugas di sekolah, lalu anak mengerjakannya di rumah. Cobalah ikut mengecek dan mencatat tugas anak, lalu sampaikan kepadanya bahwa Ladies siap membantu.

  1. Membantu si Sulung Menyiapkan Peralatan

Jika anak sulung kita masih bersekolah di TK, guru biasanya memberikan tugas berupa mewarnai dan membuat prakarya. Dia pasti akan bahagia ketika Ladies ikut menyiapkan peralatan yang dibutuhkan, seperti kertas, pensil warna, gunting, dan lem.

  1. Memberikan Pujian

Cobalah untuk memperhatikan aktivitas si sulung saat mengerjakan tugas. Jika diperlukan, Ladies bisa ikut terlibat di dalamnya. Meskipun Ladies melakukannya sambil menggendong si kecil, si sulung tetap merasa diperhatikan. Apa pun hasilnya, tetap berikan pujian kepadanya. Dengan menerima pujian, dia merasa kita menghargai kerja kerasnya dalam menyelesaikan tugas dan tetap mencintainya

Ladies, sebagai seorang ibu, kita tentu tidak boleh lalai dalam mengurus anak-anak dan menyelesaikan pekerjaan di rumah. Namun, yang perlu kita ingat dalam mengurus anak adalah membangun ikatan batin dengannya.

Dengan memberikan penghargaan berupa pujian, meluangkan waktu untuk bersama anak, dan memberikan semangat, kita telah akan menciptakan suasana yang menyenangkan baginya. Dia pun merasa tetap nomor satu di mata Ladies.

Selamat menikmati saat-saat bersama si Sulung, ya, Ladies.

About Rima Munasyaroh

Rima Munasyaroh

Check Also

Garden School, Belajar Menyenangkan dan Menyehatkan di Era Pandemi

Hi, Smart Ladies! Banyak hal di kehidupan berubah semenjak virus korona datang dalam waktu setahun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *