Lagu Anak-Anak sebagai Sarana Belajar dan Berekspresi [Pezibear from Pixabay]

Lagu Anak-Anak sebagai Sarana Belajar dan Berekspresi

Hai, apa kabar, Smart Ladies?

Lagu merupakan sarana yang sangat efektif untuk menunjang perkembangan otak anak, sekaligus sebagai media berekspresi serta menyampaikan ilmu. Menurut penelitian para ahli neurologi, seorang anak yang sering menyanyikan lagu dengan nada-nada yang harmonis, kecerdasan otaknya menjadi 40% lebih baik daripada anak-anak yang tidak memiliki kebiasaan menyanyi. Dalam hal ini kebiasaan menyanyi dengan nada suara yang teratur dan harmonis, bukan hanya asal bersuara, ya.

Smart Ladies, sekarang ini hampir tidak terdengar lagu anak-anak terbaru diputar di radio maupun televisi. Walhasil, anak-anak zaman sekarang mengalami krisis asupan hiburan yang sesuai dengan usia mereka. Yang ada kini hanya lagu-lagu dewasa yang hampir tidak bernilai edukatif bagi anak-anak. Adanya hanya memberikan rangsangan yang tidak baik bagi pertumbuhan otak anak. Tanpa kita sadari kondisi tersebut memberikan dampak negatif bagi anak-anak. Mereka menjadi berpikir dewasa sebelum waktunya.

Oleh karena itu, penulis mencoba memberikan kontribusi bagi orang tua Indonesia dengan membuat lagu anak-anak. Yang mana liriknya terdiri dari kumpulan kata-kata yang mengandung muatan ilmu pengetahuan, pesan moral, asyik dinyanyikan dan mudah kita hafalkan. Selain itu, jiwa pun turut berekspresi dengan mengikuti nada dan iramanya. Untuk anak-anak usia dini hingga sekolah dasar baik sekali bila menggunakan irama-irama yang lincah dan ceria.

Apa saja sebenarnya manfaat lagu anak-anak? Berikut ini penjelasannya :

1. Dapat Menambah Kosakata

Ketika anak menyanyikan sebuah lagu, otomatis dia melafalkan lirik lagu yang dinyanyikannya. Di situlah secara tidak langsung anak mengenal kata-kata yang masih asing baginya. Dengan demikian bertambahlah pengetahuan kosakatanya.

2. Menghibur Hati

Sebagai manusia yang dikaruniai perasaan tak terkecuali anak-anak, tentu membutuhkan penyelia dalam kegiatan sehari-hari. Salah satu pilihan yang mudah dan murah adalah dengan bernyanyi. Bernyanyi dapat melenturkan otot-otot syaraf yang tegang dan menggembirakan hati.

3. Sebagai Pengingat/Nasihat

Dengan konten yang bernilai positif, sebuah lagu bisa menjadi pengingat yang baik dan berkesan mendalam bagi anak-anak.

4. Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak

Nada-nada lagu akan merangsang anak untuk memunculkan gerakan-gerakan tubuh sehingga anak akan menjadi terlatih dan cepat berkembang kemampuan motoriknya.

5. Menumbuhkan Kepekaan Perasaan

Lirik lagu menjadi hal penting yang turut berperan memberi dampak bagi perasaan. Dengan susunan kata yang tepat, sangat membantu melatih anak-anak merasakan makna kata-kata.

6. Meningkatkan Kecerdasan

Ibarat pupuk yang dapat menyuburkan tanah, kegiatan beryanyi dapat meningkatkan kecerdasan otak. Tentu hal tersebut menjadi nilai tambah bagi tumbuh kembang anak.

7. Menumbuhkan Semangat Hidup

Kegiatan bernyanyi dapat mengaktifkan seluruh bagian jasmani. Kata-kata bernada yang diucapkan akan merangsang gerakan tubuh sehingga akhirnya memberikan gairah dan semangat hidup bagi pelakunya.

Nah, berikut ini penulis kenalkan sebuah lagu ciptaan sendiri yang masih belum banyak diketahui oleh masyarakat luas berjudul Nenekku.

Nenekku
Cipt : Ida Rif’an

Nenekku suka membaca
Nenekku pakai kacamata
Nenekku putih rambutnya
Kalau berjalan tak lupa tongkatnya

Tiap hari nenek s’lalu mengaji
Suaranya merdu sekali
Ayah, ibu, kakak, adik semua
Semua sayang padanya

Smart Ladies, demikianlah apa yang bisa penulis sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam hangat,
-Ida Rif’an-

About Upik Cholidah

Upik Cholidah
Ida Rif'an adalah seorang ibu rumah tangga, pemerhati dan pencipta lagu anak-anak. Ia bisa dihubungi di nomor 085755161123

Check Also

Tips Menghafal Al-Qur’an untuk Balita

Halo, Smart Ladies! Orang tua mana yang tidak senang memiliki anak salih salihah? Tentu setiap …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *